5 Penyebab Wajah Merah dan Kusam yang Sering Terjadi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah sehat dan cantik? Setiap wanita tentu ingin memilikinya. Hanya saja, terkadang beberapa masalah wajah dialami yang menjadikan wajah terlihat kurang menarik.

Kulit merupakan bagian terluar pada tubuh yang memiliki fungsi untuk menghalangi tubuh dari debu,  kuman sampai polusi. Sehingga tidak  heran jika berbagai masalah dapat menyerang kulit, termasuk wajah merah dan terlihat kusam

Wajah merah dan kusam akan mengganggu penampilan. Terkadang, banyak orang  yang tidak menyadari penyebab mengapa kulit wajah menjadi merah dan kusam. Banyak faktor yang menjadi penyebab wajah merah dan  kusam di antaranya karena paparan sinar matahari, polusi, jerawat dan lain sebagainya. Maka dari itu, agar tahu cara mengatasi wajah merah dan cara mengatasi kulit kusam atau cara menghilangkan wajah kusam dengan tepat, penting mengetahui penyebab wajah merah dan kusam. Untuk mengetahuinya, anda bisa langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Wajah Merah dan Kusam

Penyebab wajah merah dan kusam pada setiap orang mungkin tidak sama. Namun, beberapa di antaranya biasanya disebabkan karena hal-hal berikut ini. Simak langsung di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas.

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab wajah merah dan kusam. Jika anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan di bawah terik matahari, bisa jadi sengatan sinar matahari membuat wajah anda terlihat merah dan kusam. Selain itu, tidak menutup kemungkinan beberapa masalah wajah lainnya akan anda alami. Oleh karena itu, sebaiknya batasi kontak langsung dengan sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya setiap anda keluar rumah.

2. Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga dapat menyebabkan wajah merah dan menjadi kusam. Bisa jadi anda tidak cocok dengan kosmetik yang anda pakai atau anda alergi terhadap kandungan kosmetik tersebut. Jika wajah anda memerah dan terlihat kusam karena salah menggunakan kosmetik atau tidak cocok dengan kosmetik tertentu, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian kosmetik. Biarkan wajah anda beristirahat sambil memulihkan kondisi wajah anda. Selain itu, anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasinya seperti manfaat lidah buaya untuk kecantikan atau manfaat lidah buaya untuk kulit dan lain sebagainya.

3. Jerawat

Salah satu masalah wajah yang sering dialami yaitu jerawat. Keberadaan jerawat pada wajah  tentu akan mengganggu rasa percaya diri penderitanya. Selain itu, keberadaannya membuat tidak nyaman. Bahkan setelah hilang pun jerawat biasanya akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Nah, jika dibiarkan dan tidak dilakukan perawatan yang tepat, jerawat bisa menyebabkan kemerahan. Keadaan ini  jangan dibiarkan,  karena anda harus segera mengatasinya supaya keadaan tidak semakin parah.

4. Iritasi

Kulit yang mengalami iritasi akan menyebabkan kulit merah. Banyak hal yang menjadi penyebab kulit merah atau iritasi, di antaranya karena kandungan bahan kimia pada produk yang tidak cocok yang akan memicu munculnya jerawat dan  membuat kulit iritas. Pengelupasan berlebihan juga akan membuat kulit iritasi. Selain memerah, kulit wajah yang  iritasi juga biasanya akan terasa gatal dan perih.

5. Polusi

Selain paparan sinar matahari, faktor penyebab kulit kusam juga bisa disebabkan karena polusi. Oleh karena itu, sebelum melakukan aktivitas  di luar ruangan disarankan untuk melindungi kulit anda.

Nah, itulah beberapa penyebab wajah merah dan kusam. Dengan demikian, agar anda terhindar dari penyebab  kulit merah dan kusam, anda harus melindungi kulit dengan baik dan melakukan cara perawatan wajah sehari-hari yang tepat.