8 Produk Pelembab Untuk Kulit Berminyak Dan Bruntusan di Wajah

Wajah yang tidak mulus karena bruntusan dan sekaligus tampak berminyak tentunya akan membuat jengkel wanita manapun. Selain tampak tidak rapi, minyak di wajah akan terus menerus harus diseka agar tidak mengilap. Belum lagi bruntusan yang membuat wajah tidak tampak mulus. Bruntusan biasanya terjadi pada kulit wajah yang acne prone atau rentan berjerawat. Walaupun tidak muncul jerawat, tetapi kulit acne prone juga mudah mengalami masalah bruntusan.

Wajah acne prone dialami oleh orang yang memiliki kulit berminyak, dan produksi minyak berlebih akan memicu bruntusan atau jerawat tersebut. Penyebab kulit menjadi berminyak berlebihan bukan hanya karena tipe kulit saja. Penyebab produksi minyak berlebihan di wajah biasanya justru disebabkan oleh kulit yang mengalami dehidrasi atau kekurangan kelembaban sehingga kelenjar minyak berproduksi berlebihan. Jadi jika ada pertanyaan apakah kulit berminyak butuh pelembab untuk mencegah kekurangan hidrasi pada kulit, jawabannya bahwa pelembab memang sangat dibutuhkan.

Pelembab yang Tepat Untuk Kulit Berminyak dan Bruntusan

Bisa jadi bruntusan dan jerawat yang sulit dihilangkan disebabkan karena pemakaian produk perawatan wajah seperti pelembab yang tidak cocok dengan keadaan kulit Anda sehingga timbul ciri – ciri tidak cocok memakai pelembab. Berikut ini adalah beberapa pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk perawatan wajah.

1. Erha21 Acne Care Lab Clarifying Gel

Produk ini diperkaya kandungannya dengan sebum regulator yang fungsinya untuk mengurangi dan mengontrol produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Wajah yang berjerawat juga sering tampak kemerahan sehingga pelembab ini akan sangat cocok digunakan karena dapat mengatasi kemerahan di kulit wajah. Selain itu produk pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan ini juga mengandung asam salisilat dan AHA yang berperan dalam manfaat eksfoliasi wajah yang dapat mengangkat ciri – ciri sel kulit mati pada wajah sehingga kotoran tidak menumpuk di pori – pori. Kandungan AHA membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, jadi sebaiknya menggunakan sunblock setelah memakai produk ini atau hanya menggunakan saat malam hari saja.

2. Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15

Produk dari Cetaphil ini ditujukan untuk semua jenis kulit dan juga mengandung tabir surya atau UV A/UV B protection. Mengandung AHA dan asam salisilat yang dapat mengembalikan tekstur wajah dari sisa – sisa jerawat membandel hingga kembali mulus. Kandungan lainnya berupa fluidactiv dapat mengontrol produksi minyak sehingga mengurangi resiko bruntusan dan jerawatan. Diklaim non komedogenik, ringan, tidak berminyak dan bebas wewangian yang dapat mengiritasi kulit wajah pada sebagian orang sehingga aman digunakan sebagai pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan.

3. Nature Republic Aloe Vera Gel

Ini adalah pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan andalan dari Nature Republic. Isinya terdiri dari 92% lidah buaya alami yang mengandung antibakteri yang dapat membersihkan dan mengurangi bakteri. Selain itu juga mengandung sifat astringent untuk mengatasi peradangan mengurangi kemunculan jerawat, kemerahan pada kulit, gata dan mempercepat penyemubhan serta pemulihan sel kulit.

4. Viva Oil Control Green Tea

Kandungan pertama dalam pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan berikut ini adalah aqua sesuai yang tertera di kemasannya. Itu berarti pelembab ini berbahan dasar air. Kandungan lainnya adalah green tea dan oil control yang diformulasi khusus untuk mengontrol minyak yang berlebihan pada wajah. Merk pelembab wajah yang bagus dan murah ini sudah mendapatkan cap halal dari MUI.

5. Sariayu Pelembab Jeruk

Merk produsen kosmetik lokal ini juga dapat direkomendasikan sebagai pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan. Pelembab untuk kulit berminyak ini mengandung ekstrak jeruk nipis serta minyak esensial neroli yang fungsinya untuk minyak aromatic yang menenangkan dan meredakan stress. Produk ini diformulasikan untuk kulit normal berminyak dan memanfaatkan allantoin yang bisa melembabkan dan mengangkat sel kulit mati.

6. Neutogena Oil-Free Acne Correct Cover Pink

Produk pelembab oil free dan non comedogenic ini merupakan pilihan yang pas bagi Anda yang ingin mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dan juga meratakan warna kulit. Warna kemerahan pada kulit wajah akan tersamarkan dan juga menyamarkan bekas luka karena jerawat.

7. Sebamed Clear Face Care Gel

Pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan ini mengandung PH 5,5 yang sama dengan PH pada kulit sehat. Bekerja dengan menyeimbangkan dan memperkuat lapisan pelindung alami pada kulit sehingga akan mampu mengusir bakteri yang menyebabkan jerawat. Bebas kandungan minyak dan pengemulsi sehingga sangat ideal untuk mengatasi masalah jerawat, komedo dan bruntusan serta wajah yang meradang. Kandungan hyaluronic acid serta lidah buaya dapat memberikan banyak kelembaban pada kulit, begitu juga dengan allantoin dan panthenol yang dapat menenangkan dan merawat kulit sehingga menjadi lembut dan elastis.

8. The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion

Pelembab ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bruntusan dan jerawat sekaligus juga meredakan bruntusan atau jerawat yang ada pada kulit wajah. Tidak hanya itu, pertumbuhan sel kulit yang rusak akibat jerawat juga bisa dilakukan dengan penggunaan produk ini. Formulanya yang ringan membuatnya mudah meresap dan menghidrasi kulit secara maksimal tanpa menyumbat pori – pori sehingga tidak akan muncul masalah kulit lainnya. Kulit akan terasa halus tanpa terasa berminyak.

Beberapa orang menganggap bahwa jerawat hanya masalah sementara yang akan hilang pada satu waktu tertentu. Walaupun begitu, Anda tetap tidak dapat mengabaikan perawatan kulit yang sering mengalami bruntusan dan jerawat. Melakukan perawatan yang tepat tetap harus dilakukan karena sangat penting untuk menghindari munculnya masalah kulit lain. Menjaga kulit tetap bersih dengan proses pembersihan yang benar juga sangat diperlukan bagi kulit yang mudah bruntusan dan berjerawat.