11 Merk Pembersih Wajah yang Bisa Menghilangkan Flek Membandel

Aktivitas yang sangat penting dalam ritual perawatan kecantikan wanita adalah membersihkan wajah. Pentingnya dilakukan pembersihan wajah secara rutin terutama setelah beraktivitas adalah untuk mencegah penumpukan kotoran dan sel kulit mati di kulit wajah yang bisa membuat wajah menjadi bermasalah, antara lain timbulnya jerawat, kulit menjadi kering atau berminyak, berkomedo karena pori – pori tersumbat dan juga timbul flek – flek hitam. Akan tetapi tidak semua wanita bisa menjalankan ‘kewajiban’ membersihkan wajah ini dengan tekun.

Terkadang rasa lelah setelah beraktifitas menimbulkan perasaan malas untuk membersihkan wajah sehingga Anda langsung tidur dengan wajah yang belum dibersihkan. Padahal, hal itu akan beresiko menimbulkan masalah apalagi jika Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif . Membersihkan kulit wajah adalah salah satu cara kita menjaga penampilan dan kepercayaan diri karena selalu memiliki wajah yang bebas masalah.

Pembersih Wajah Untuk Menghilangkan Flek

Salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu adalah masalah flek hitam. Anda bisa mencoba obat penghilang flek hitam di wajah di apotik atau cream untuk menghilangkan flek hitam yang banyak beredar di pasaran untuk memuluskan kulit wajah kembali. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pembersih wajah tertentu yang khusus diformulasikan untuk menghilangkan flek hitam:

1. CollaSkin Facial Cleanser

Pembersih wajah ini merupakan produksi dari PT. Natural Nusantara yang formulanya khusus dibuat untuk membersihkan wajah dengan mengandung kolagen alami. Kolagen tulang sapi adalah pilihan yang digunakan untuk produk ini dan juga sudah mempunyai sertifikat halal dari MUI, juga sudah terdaftar pada BPOM. Selain itu ada pula kandungan vitamin C tinggi untuk membuat kulit lebih cerah secara alami. Manfaat produk ini adalah:

  • Membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel – sel kulit mati
  • Mencerahkan dan juga memutihkan wajah
  • Meratakan warna kulit wajah
  • Meremajakan kulit wajah
  • Mencegah jerawat dan menyembuhkannya
  • Mengecilkan pori – pori dan menjaga kelembaban wajah
  • Mengontrol minyak berlebih, menghilangkan flek hitam.

Kandungan lainnya dalam satu kemasan ukuran 100ml yaitu aqua, sodium lauryl sulfate, cocamide DEA, cocamidopropyl betaine, Collagen, niacinamide, citric acid,  dan lain – lain.

2. Theraskin

Rangkaian produk yang dibuat untuk jenis kulit yang berbeda – beda hasil racikan apoteker ahli masalah kulit wajah dan tidak mengandung bahan pemutih wajah berbahaya seperti merkuri, hidrokuinon dan lainnya. Ada paket khusus Theraskin yang bisa digunakan untuk masing – masing masalah kulit yang berbeda.

3. Cetaphil

Cetaphil dapat menjadi cara merawat wajah sensitif dan juga cara merawat kulit sensitif karena bahan yang ada didalamnya aman untuk kulit, dan direkomendasikan oleh para ahli kulit sebagaimana tertulis di botol kemasannya. Produk ini bisa digunakan untuk mencuci muka tanpa menambahkan air sehingga sangat praktis untuk dibawa di perjalanan. Kulit wajah akan terbebas dari rasa kering setelah menggunakan Cetaphil.

4. Jafra

Produk kosmetik dan kecantikan yang sedang naik daun yaitu Jafra juga memiliki varian produk yang digunakan untuk membersihkan wajah dan sekaligus menghilangkan flek hitam di kulit wajah. Produk ini dikhususkan untuk kulit yang kering, aman bagi ibu hamil dan menyusui serta No Animals Testing.

5. Murad Gentle Cleanser

Murad mempunyai produk yang mengandung sodium PCA yang akan meningkatkan kelembaban kulit, mengandung whitening technology untuk melindungi kulit dari radikal bebas, menghambat pertumbuhan melanin dan juga membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Kandungan lainnya yaitu:

  • White 3x technology – Merupakan gabungan tiga bahan pemutih dari Murad untuk mengatasi masalah sel kulit mati, merangsang pertumbuhan kulit baru dan menghambat pembentukan melanin.
  • Skullcap, White Mulberry, Saxifrage dan Grape merupakan kombinasi ekstrak tumbuhan alami yang memberikan efek wajah lebih bersih dan putih.
  • Hydrating formula – Komposisi yang membuat kulit lebih lembut, halus dan elastis atau kenyal.

6. Batrysia Herbal Cleanser

Pembersih herbal ini dapat melepaskan sel – sel kulit mati, membersihkan wajah, mencerahkan dan menyamarkan flek serta noda hitam. Komposisinya berupa Aqua, alkohol, kopi, asam buah 0.12%. Produk ini dibuat oleh PT. Batrysia Herbal yang memadukan bahan alami herbal sehingga menghasilkan produk pembersih wajah yang optimal. Menurut informasi, produk ini telah terdaftar di BPOM sehingga dikategorikan aman.

7. Biokos Derma Bright

Merupakan pembersih wajah yang khusus diformulasikan untuk membersihkan kulit dari sisa make up, kotoran dan sel kulit mati, juga dapat menghambat pembentukan melanin, meningkatkan kecerahan kulit dan membuat kulit bebas flek hitam. Kandungan produk ini yaitu:

  • Lightening Alpha Arbutin  – Zat yang membantu menghambat pembentukan melanin dalam kulit.
  • Bio brightening Compleks – Membantu menyamarkan noda, mencerahkan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.
  • Anti Iritasi – Dapat digunakan secara rutin karena tidak akan menyebabkan iritasi.

8. Facial Treatment Cleanser & Tonic Water Wish Dr. Boyke

Tidak hanya sebagai dokter ahli seksologi, ternyata dr. Boyke juga merekomendasikan produk pembersih wajah dari Wish Skin Care Boyke & co yang bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah. Produk ini sudah terdaftar langsung pada Badan POM dengan nomor NA 18111201330. Kandungannya berupa bahan – bahan alami seperti ekstrak witch hazel, provitamin b5 atau pathenol, saccharide isomerate dan beta glucan yang dapat menstimulasi pori – pori wajah dan menjaga kelembabannya. Sedangkan kandungan tonic waternya berupa witch hazel, aloe barbadensis extract dan PH balance. Kedua produk ini cocok sebagai pembersih wajah yang bisa menghilangkan flek hitam.

9. L’Oreal White Perfect Re- Lighting Whitening Facial Foam

Pembersih wajah ini berasal dari merk yang sudah tidak asing lagi dan telah dikenal keampuhannya di kalangan para wanita. Dengan demikian, mutu dan keamanannya tentu saja telah terjamin. Pembersih wajah dari L’Oreal ini mengandung melano-block untuk mencegah dan menghilangkan flek hitam serta juga mengandung vitamin C untuk membantu mencerahkan kulit wajah.

10. SK II Facial Treatment Essence

Satu lagi pembersih wajah dari merk kecantikan yang sudah dikenal kualitasnya dan tentu saja harganya pun lebih tinggi dibandingkan produk yang lain, mengandung lebih dari 90% Pitera yang beraroma mirip dengan tape hasil fermentasi. Formula ini akan membantu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit wajah dan mendorong peremajaan kulit. Pemakaian yang teratur selama 14 hari akan dapat menyamarkan bintik hitam, cara mencegah kerutan di wajah, meratakan tekstur kulit sehingga menjadi cara menghaluskan wajah, mengencangkan dan mencerahkan kulit. Teksturnya juga ringan dan cepat meresap pada kulit wajah.

11. Citra Spotless Facial Foam

Citra memproduksi pembersih wajah dengan kandungan beras jepang dan teh hijau yang dapat mencerahkan serta memutihkan kulit dan juga bisa menyamarkan noda atau flek hitam sehingga wajah terlihat mulus dan halus. Bentuk foamnya dapat membersihkan kulit hingga ke dalam pori – pori untuk memastikan kulit bersih dan tidak ada sisa kotoran yang tertinggal yang dapat menyumbat pori wajah dan menyebabkan flek hitam.

Hindari Kesalahan Saat Mencuci Muka

Walaupun mencuci muka merupakan tahap yang mendasar dan bisa dibilang merupakan bagian yang paling mudah dalam ritual perawatan wajah, namun tidak ayal ada saja kesalahan yang mungkin saja kita lakukan dan tidak disadari, sehingga menyebabkan wajah tidak bersih sepenuhnya.

  • Lupa mencuci tangan

Bagian tangan adalah bagian tubuh kita yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai benda. Dengan demikian resikonya adalah tangan akan terkontaminasi dengan berbagai bakteri dan kuman. Jika Anda membersihkan wajah dengan tangan yang kotor, tentunya kotoran tersebut dapat berpindah ke kulit wajah dan juga bakteri serta kuman. Maka sangat penting untuk memastikan tangan bersih sebelum melakukan pembersihan wajah.

  • Menggunakan sembarang produk

Banyak orang yang merasa tidak perlu memilih pembersih wajah secara seksama karena menganggap semua produk sama saja. Akibatnya pemilihan produk yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lain seperti jerawat, kulit kusam, kering dan sebagainya, juga harus melakukan cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik. Yang perlu dilakukan adalah mengenali jenis kulit sendiri dengan benar lalu menentukan produk mana yang akan cocok dengan melakukan pencarian informasi dan rekomendasi lebih dulu, misalnya dalam memilih cream pemutih wajah yang aman.

  • Mencuci muka dengan air panas

Dengan anggapan bahwa air panas dapat membuka pori – pori kulit maka sebagian orang mencuci wajah dengan air panas. Namun hal ini dapat berakibat pada kulit wajah yang menjadi kering dan kusam karena terlalu sering menggunakan air panas untuk mencuci wajah. Sebaiknya cuci wajah dengan air dingin yang dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori besar dan sesekali gunakan manfaat cuci muka dengan air hangat sebelum tidur. Ada pula manfaat air hangat untuk wajah berminyak dan manfaat air hangat untuk wajah berjerawat.

  • Terlalu sering atau jarang mencuci muka

Ingin muka bersih dari berbagai kotoran maka ada orang yang mencuci mukanya hingga berkali – kali dalam sehari, padahal cara itu bisa membuat kulit wajah mengalami iritasi karena kehilangan kelembabannya, bahkan harus mencari cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih. Sedangkan jarang mencuci muka juga dapat merugikan karena menimbulkan berbagai masalah kulit yang berasal dari muka yang kotor. Frekuensi mencuci muka yang baik cukup sebanyak dua kali sehari saja, pagi dan malam sebelum tidur.

  • Terlalu sering menggunakan scrub

Manfaat eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau krim peeling wajah yang bagus tentu saja dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori – pori wajah. Kelebihan melakukan eksfoliasi dapat menyebabkan wajah mengelupas, iritasi dan meradang. Lakukan eksfoliasi hanya satu kali seminggu untuk lebih amannya.

  • Kurang membilas wajah

Membersihkan wajah secara terburu – buru akan berakibat sisa pembersih tidak hilang sepenuhnya, dan beresiko menumpuk di kulit wajah serta menyebabkan jerawat karena pori – pori tersumbat. Cara mencuci wajah seperti ini tentu saja tidak efektif. Sebaiknya pastikan wajah sudah bersih dari sisa – sisa pembersih atau sabun sebelum mengakhiri proses membersihkan wajah. Jangan lupa gunakan pelembab oil free dan non comedogenic.

Beberapa produk pembersih wajah yang bisa menghilangkan flek diatas mungkin bukan merk yang biasa Anda dengar, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa produk tersebut benar – benar dapat menjadi produk yang cocok untuk kulit Anda. Namun, penting sekali untuk memastikan keamanannya dengan mengecek apakah produk tersebut telah terdaftar pada BPOM dan MUI, juga mewaspadai ciri kosmetik palsu, bahaya make up palsu dan juga perhatikan apakah mengandung bahan kosmetik yang berbahaya.