10 Manfaat Air Hangat untuk Wajah Berjerawat

Wajah cantik kita bisa mengalami beragam masalah yang tentunya tidak kita harapkan. Contohnya saja, masalah yang semua orang pasti alami adalah kulit yang berjerawat. Jerawat yang muncul pada kulit wajah masing – masing orang tentunya memiliki latar belakang yang berbeda dan tiap – tiap orang memiliki tingkatan perawatan yang berbeda pula untuk membantu menghilangkan jerawat yang ada.

Selain perawatan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan masker, facial, ataupun perawatan dengan menggunakan krim lainnya saya ingin membagikan sedikit informasi yang juga bisa membantu Anda mengurangi peradangan jerawat yang ada. Jadi, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi melalui artikel ini mengenai manfaat air hangat untuk wajah berjerawat.

Baca juga:

1. Membuang kotoran

Air hangat akan membantu kulit wajah dalam membuang kotoran yang tersisa secara maksimal. Hal ini dikarenakan pada saat kita menggunakan air hangat pada bagian wajah, pori – pori akan terbuka dan kotoran akan terangkat dengan maksimal pada saat kita melakukan pembilasan pada wajah. Kotoran yang ada pada kulit wajah kita juga beragam seperti debu, polusi, dan sisa – sisa make up yang masih menempel pada kulit wajah. Dan kotoran yang menetap dan tinggal di kulit wajah kita tentunya akan menyebabkan beragam masalah kulit seperti kulit kusam, berminyak, dan bejerawat. Oleh karena itu penggunaan air hangat akan sangat membantu mencegah dampak – dampak tersebut.

2. Memperkecil pori – pori

Memang air hangat akan membantu Anda untuk membuka pori – pori kulit Anda secara lebih maksimal dan membantu membuang kotoran yang ada. Tetapi, tahukah Anda bahwa penyebab pori – pori Anda yang membesar sebenarnya adalah kotoran yang menyumbat pori – pori dan membuatnya menjadi besar. Karena itu, penggunaan air hangat akan membantu Anda untuk memperkecil pori – pori wajah yang besar. Setelah semua kotoran yang menyumbat pori – pori Anda keluar secara sempurna, maka secara langsung, pori – pori akan menutup dan membuatnya kembali keukurannya yang semula.

Baca juga:

3. Membantu membunuh kuman pada kulit wajah

Manfaat air hangat untuk wajah berjerawat yang selanjutnya adalah membantu membunuh kuman pada kulit wajah. Sekedar informasi saja, kuman dapat dibasmi dengan suhu tinggi tertentu, tetapi hal ini bukan berarti Anda harus menggunakan air panas untuk membasmi kuman yang menyebabkan peradangan pada jerawat Anda. Cukup gunakan air hangat dan biarkan air hangat membantu Anda membasmi kuman – kuman tertentu yang menjadi penyebab keberadaan jerawat Anda.

4. Sarana detoksifikasi 

Kulit pada wajah juga merupakan salah satu sarana tubuh kita sebagai jalur untuk mengeluarkan racun ataupun zat – zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kembali. Contoh zat sisa yang keluar melalui kulit adalah keringat. Pada keringat terkandung beragam zat – zat sisa yang tidak dibutuhkan tubuh yang apabila tidak dikeluarkan tentunya akan memberikan kerugian pada tubuh dan memperlambat proses penyembuhan jerawat. Oleh karena itu, untuk melakukan proses detoksifikasi dengan air hangat Anda bisa langsungmenggunakan air hangat untuk membasuh wajah Anda atau menggunakan uap dari air yang telah dipanaskan.

[AdSense-A

5. Membantu melancarkan sirkulasi darah 

Sirkulasi darah juga bisa mengalami penyumbatan yang membuat darah menjadi tidak dapat berjalan lancar pada tubuh kita. Darah sendiri memiliki fungsi utama untuk mengangkut oksigen keseluruh bagian tubuh. Dimana, oksigen ini akan membantu proses regenerasi sel dan menjadi salah satu faktor untuk membuat sel yang rusak cepat pulih. Tentunya, apabila sirkulasi darah tidak lancar maka peradangan jerawat Anda akan memakan waktu yang lama untuk disembuhkan.

Penggunaan air hangat bisa membantu melancarkan sirkulasi darah karena air hangat akan memberikan sensasi panas pada kulit yang bisa membantu memecah materi yang menggumpal dan menyebabkan penyumbatan pada sirkulasi darah. Beberapa materi tersebut bisa berupa minyak ataupun bahan lainnya yang seharusnya dikeluarkan dari kulit wajah.

6. Membuat kulit wajah menjadi rileks

Tidak hanya otot pada tubuh kita saja yang bisa merasakan lelah dan tegang, tetapi kulit wajah kita juga bisa mengalami hal yang sama. Kulit wajah yang tegang dan stress bisa disebabkan oleh banyaknya beban yang harus diterima oleh kulit wajah. Beban itu seperti penggunaan make up yang terlalu berlebihan dan digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang, paparan sinar uv, paparan polusi, paparan debu, dan lain sebagainya.

Penggunaan air hangat bisa membantu untuk merilekskan kulit wajah yang tegang dan stress. Air hangat bekerja seperti pijatan yang biasa dilakukan pada wajah untuk membantu membuat kulit menjadi rileks. Apabila kulit tidak tegang dan stress kulit bisa melakukan aktifitasnya kembali untuk membantu meredakan peradangan jerawat secara lebih maksimal.

Baca juga: Manfaat Totok Aura Wajah – Macam Macam Perawatan Wajah di Salon

7. Membuang lemak pada kulit wajah

Anda tentunya pernah melihat daging yang dipanaskan lalu mengeluarkan minyak bukan? Sama seperti daging, lemak pada umumnya akan keluar dari suatu sel yang mengalami pemanasan. Untuk membantu mengeluarkan lemak pada kulit wajah yang bisa membuat Anda berjerawat Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membasuh kulit wajah Anda. Tidak hanya itu, apabila Anda rutin melakukannya, Anda juga bisa menjadi semakin tirus secara perlahan karena lemak pada kulit wajah yang terbuang keluar karena penggunaan air hangat.

8. Menghilangkan komedo pada wajah

Komedo yang banyak dan bertebaran pada kulit wajah pada dasarnya diakibatkan oleh adanya penumpukan kotoran dan lemak pada bagian bawah kulit yang tidak segera dibersihkan sehingga kotoran dan lemak tersebut memadat dan membentuk komedo pada kulit wajah. Selain membantu memecahkan materi yang menyumbat pori – pori yaitu komedo, air hangat juga akan membantu membuka pori – pori kulit wajah dan mengeluarkan komedo pada wajah. Karena itu, komedo yang bisa menjadi awal pembentukan jerawat harus dikeluarkan dan Anda bisa menggunakan air hangat untuk itu.

Baca juga:

9. Membersihkan minyak pada wajah

Biasanya, pada wanita yang memiliki masalah jerawat sampai peradangan yang parah juga memiliki permasalahan produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah. Dengan menggunakan air hangat untuk membasuh kulit wajah Anda secara rutin Anda akan membantu kulit wajah untuk tidak memproduksi minyak berlebih pada wajah.

Baca juga:

10. Membersihkan sisa – sisa sel kulit mati

Sel – sel kulit mati pada kulit wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal juga bisa mengalami penumpukan pada kulit wajah. Penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan juga bisa membuat pori – pori tersumbat dan menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit. Seperti kulit kusam hingga permasalahan jerawat yang meradang. Penggunaan air hangat dapat membantu Anda untuk mengelupas sisa – sisa sel kulit mati secara alami dan aman yang tentunya akan membuat kulit menjadi semakin bersih.

Baca juga:

Beberapa informasi diatas adalah manfaat air hangat untuk wajah berjerawat yang mungkin belum Anda ketahui tentang manfaat air hangat. Semoga informasi ini berguna untuk membantu permasalahan Anda mengenai peradangan jerawat yang membandel. Jangan lupa untuk tetap menjadi pembaca setia website kami karena kami akan membagikan banyak informasi lainnya yang bisa membantu menangani masalah Anda seputar kecantikan.