Sponsors Link

24 Penyebab Kulit Kering Dan Keriput di Usia Muda

Sponsors Link

Dewasa ini zaman semakin modern dan manusia juga semakin sibuk dalam menjalani aktivitasnya. Dan bahkan banyak dari manusia lupa dengan apa yang seharusnya mereka lakukan, misalnya seperti makan, istirahat, dan berolahraga. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup mereka, dan oleh sebab itu sebagai manusia yang cerdas kita harus tahu mana yang baik dan mana yang buruk.

ads

Kebiasaan hidup yang buruk sangat berdampak besar bagi manusia, terutama mereka kaum hawa. Belum lagi masalah kecantikan yang menghampiri mereka. Masalah kesehatan dan kecantikan memang kerap muncul setiap hari, kita ambil saja contoh masalah kesehatan kulit.

Baca Juga : Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita BerjilbabPenyebab Rambut Bayi Rontok

Masalah Kulit

Semakin hari ada saja masalah yang kerap terjadi pada wanita, misalnya saja masalah kulit. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang wajib dijaga, dirawat dan diperhatikan dengan benar, Ladies !! Jika kamu enggan untuk menjaga dan merawat kesehatan serta kecantikan kulit, maka kamu akan mengalami masalah dengan kesehatan kulit mu. Misalnya saja kulit kering, kulit kusam, kulit keriput, kulit alergi, dan bahkan masalah kulit lainnya yang dapat menyebabkan kanker. Hal tersebut akan menjadi sangat berbahaya sekali ya ladies. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja sih, penyebab kulit kering dan keiput. Yuk simak penjelasannya yang berikut ini.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Berjilbab – Cara Menghilangkan Komedo Batu

Penyebab Kulit Kering Dan Keriput

1. Makan Gorengan

Makan gorengan ternyata bisa membuat kulit mu kering dan bahkan keriput. Kamu bisa mengalami penuaan dini jika sering mengonsumsi makanan yang berminyak, selain itu makanan tersebut juga sangat merugikan tubuh kita. Oleh sebab itu sebaiknya kamu menghindari makan gorengan secara berlebihan ya ladies.

2. Kurang Konsumsi Air Putih

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa membuat kulit kita dehidrasi. Dan jika hal tersebut terjadi, maka otomatis kulit mu juga akan kering. Ladies, kekeringan pada kulit dapat menyebabkan kulit kita menjadi lebih keriput dari biasanya. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari, dan jika kamu malas minum air putih bisa diselingi dengan minum jus.

3. Kurang Nutrisi

Tahukah kamu jika nutrisi makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena nutrisi merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan diri kita. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak nutrisi, agar kulit mu sehat, putih, bersih, lembab dan tidak kering.

Baca Juga : Merk Masker Untuk Mengecilkan PoriHair Tonic Untuk Rambut Rontok

Sponsors Link

4. Tidak Suka Sayur

Jika kamu adalah salah satu orang yang tidak suka dengan sayur, maka berhati-hatilah ladies. Karena jika kamu tidak menyukainya, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan tubuh mu. Tidak suka mengonsumsi sayur, ternyata dapat menyebabkan kulit kering keriput dan bahkan penuaan dini. Oleh sebab itu usahakan untuk mengonsumsi sayur setiap hari. Kandungan vitamin yang ada dalam sayur mampu melembabkan dan mempercantik kulit mu, misalnya saja vitamin C, A, E dan B.

5. Tidak Suka Buah

Buah merupakan salah satu makana pelengkap yang sangat penting bagi tubuh kita. Buah memiliki banyak sekali kandungan manfaat, misalnya saja untuk kulit kita. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya mampu menutrisi kebutuhan tubuh mu. Misalnya saja pisang, kandungan vitamin yang ada pada pisang mampu melembabkan kulit, melancarkan pencernaan, dan bahkan membuat kulit mu tampak lebih cerah.

6. Menggunakan MSG

Tahukah kamu jika dengan menambahkan MSG ke dalam makanan mu, ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kulit seperti penuaan dini. Oleh sebab itu sebaiknya hindari penggunaan MSG ke dalam makanan mu. Gunakan rempah-rempah alami agar lebih aman ya ladies.

7. Malas Mandi

Salah satu faktor utama penyebab kulit kering dan keriput, adalah kebiasaan malas mandi. Jika kamu termasuk dalam salah satu orang yang malas mandi, maka waspadalah terjadi penuaan dini pada dirimu. Mandilah minimal 2 kali sehari ya ladies, dan jangan lupa untuk menggunakan perelangkapan mandi pada umumnya.

8. Malas Menggunakan Sabun

Sabun merupakan salah satu peralatan mandi yang sangat penting, dan sabun wajib untuk digunakan setiap kita mandi. Jika kamu malas menggunakan sabun saat mandi, maka hal tersebut akan sia-sia saja loh ladies. Sabun difungsikan untuk membersihkan tubuh atau kulit kita dari kotoran yang menempel. Oleh sebab itu gunakan sabun setiap kali mandi, dan bilas tubuh mu dengan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Krim Penghilang Strech MarkCara Merawat Rambut Kering

ads

9. Sering Minum Soda

Soda merupakan salah satu minuman yang banyak digemari orang, namun siapa sangka jika soda ternyata bisa menyebabkan penuaan dini. Jika kamu penggemar soda, maka kamu tidak akan luput dari hal tersebut. Jika kamu ingin mengonsumsi minuman selain air putih, maka lebih baik minumlah sari buah. Sari buah tentu lebih aman dan bermanfaat untuk kulit, oleh sebab itulah mengapa kita harus pandai dalam memilah mana yang baik dan mana yang kurang baik.

10. Mengonsumsi Alkohol

Jika kamu seorang pengonsumsi alkohol, maka sebaiknya hal tersebut harus segera kamu tinggalkan. Mengapa demikian?? Karena alkohol berbahaya bagi kesehatan, itu adalah yang pertama. Yang kedua alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang dapat mempercepat proses penuaan, misalnya saja kulit menering, keriput dan tampak tidak segar. Kamu bisa coba mengganti kebiasaan mu dengan menonsumsi jus segar, air mineral, atau bahkan susu. Dengan adanya perubahan kebiasaan, maka akan berubah juga kondisi kesehatan dan kecantikan mu.

11. Merokok

Ladies !! Sudah banyak sekali riset yang membuktikan, jika kebiasaan merokok dapat menyebabkan kulit mu kusam, kering dan wajah akan jauh tampak lebih tua. Bahkan pernah ada peenilitian dua orang saudara kembar, yang satu merokok dan yang satu tidak. Jika dilihat dengan mata telanjang saja, sudah sangat terlihat sekali jika si perokok aktif lebih terlihat tua dari pada saudara kembarnya yang tidak merokok.

12. Salah Kosmetik

Salah satu faktor penyebab kulit kering dan keriput, adalah salahnya dalam memilih kosmetik. Kamu bisa mengalami gangguan kulit yang fatal jika sampai salah memilih produk kosmetik atau kecantikan dan sejenisnya. Jika kamu ingin menggunakan skin care atau produk kecantikan lainnya, sebaiknya perhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit mu.

13. Tidak Cocok Sabun

Manusia tidak hanya bisa alergi karena makanan saja loh ladies, tapi juga produk perawatan tubuh. Salah satu masalah yang bisa terjadi ketika salah memilih produk perawatan tubuh, adalah terjadinya penuaan dini seperti kulit kering dan keriput. Sabun merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang sangat penting, kandungan yang terdapat pada sabun mampu menutrisi kulit kita atau bahkan malah mempeburuk kondisi kulit kita. Ladies !! Telitilah dalam memilih produk perawatan tubuh, jangan termakan oleh iklan, brand dan harga yang menggiurkan.

14. Faktor Usia

Usia merupakan salah satu faktor utama terjadinya gangguan kulit kering dan keriput. Kolagen yang ada dalam tubuh mu, semakin lama akan semakin menurun. Oleh sebab itu kita harus membantu tubuh kita dengan asupan yang bernutrisi, fungsinya agar tubuh kita tetap bisa sehat dan cantik.

15. Faktor Genetik

Kulit keriput dan kering juga bisa terjadi karena adanya faktor genetik. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu bisa mengatasinya dengan bantuan makanan atau vitamin oral. Kamu juga bisa mengimbangi dirimu dengan melakukan olahraga dan perawatan tubuh lainnya.

16. Hormon

Hormon yang ada dalam tubuh, ternyata mampu mempengaruhi kondisi kulit kita. Pada umumnya kulit kering memang terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat, namun beberapa kasus yang terjadi juga disebabkan adanya ketidak stabilan hormone pada tubuh kita.

17. Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan sangat mempengaruhi kondisi kulit kita loh ladies. Beberapa orang bisa mengalami kulit kering, menghitam, terbakar atau lain sebagainya karena adanya alergi pada obat. Jika kamu mengalami kondisi serupa saat mengonsumsi obat, maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

18. Menggunakan AC

Ladies !! Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan kulit kita kering dan keriput, adalah seringnya berada di ruangan ber AC. Ruangan tersebut tentu kondisinya dingin, dan dengan kondisi tersebut maka kelembaban pada kulit juga akan terus berkurang. Oleh sebab itu ketika kamu sedang berada dalam ruangan ber AC, sebaiknya gunakan pelembab lebih sering dari biasanya.

Sponsors Link

19. Pergantian Cuaca

Pergantian cuaca sering kali membuat tubuh kita merasa lemas, letih dan bahkan malas untuk beraktivitas. Tahukah kamu ladies, jika pergantian cuaca juga bisa menyebabkan kulit mu menjadi lebih kering, kusam dan bahkan keriput. Untuk mengantisipasi hal tersebut dengan banyak mengonsumsi air putih, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit tentunya.

20. Kurang Tidur

Gangguan kulit kering dan keriput juga bisa terjadi karena kurang tidur. Kamu bisa mengalami gangguan kesehatan tubuh, dan tidak hanya itu saja. Karena kamu juga bisa mengalami gangguan kesehatan pada kulit mu, misalnya saja kulit kering, kusam, dan bahkan kasar. So ladies, sebaiknya tidurlah tepat waktu dan cukup ya, agar kulit mu senantiasa terjaga kecantikannya.

21. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab kulit menjadi kering dan keriput adalah kurangnya olahraga. Jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, maka besar sekali kemungkinan terjadinya penuaan dini pada kulit mu. Berolahragalah walau hanya sebentar, dan biasakan untuk rutin melakukannya agar tubuh tetap sehat dan cantik setiap saat.

22. Stres

Stres merupakan salah satu faktor yang bisa membuat kulit mu mengalami gangguan cukup serius. Umumnya orang akan mengalami stress karena faktor ekonomi, pekerjaan, masalah pribadi dan lain sebagainya, Untuk mengatasi semua itu sebaiknya kita berfikir lebih positif dan memikirkan dampak yang akan terjadi pada kesehatan diri kita sendiri.

23. Polusi Udara

Polusi udara akibat asap kendaraan bermotor, tentu akan berbahaya bagi kesehatan kita termasuk juga kulit mu. Jika kamu melakukan aktivitas diluar ruangan seperti dijalan raya dan lain sebagainya, sebaiknya gunakan baju dengan lengan terutup serta masker. Kamu juga harus menggunakan penutup kepala seperti syal, topi, helm, payung dan lain sebagainya.

24. Pola Makan Tidak Teratur

Ladies salah satu faktor terjadinya penuaan dini pada wanita, adalah tidak teraturnya pola makan sehari-hari. Jika kamu termasuk orang yang tidak teratur dalam urusan makan, maka sebaiknya segera perbaiki pola makan mu ya ladies. Sarapan di pagi hari sebelum jam 9, selanjutnya makan siang dan selingi dengan snack buah. Makan malam sebelum jam 7 dan tidur sebelum jam 10 malam.

Baca Juga :

Menjaga dan merawat kesehatan serta kecantikan kulit, adalah ssebuah kewajiban bagikita sebagai wanita. Kita harus tetap bersedia untuk menjaga kesehatan kulit, kamu juga bisa melakukan perawatan kulit seperti di salon, klinik kecantikan atau bahkan dirumah mu sendiri.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 03:27 Oleh :
Kategori : Kulit