Sponsors Link

19 Cara Menghilangkan Komedo Batu Secara Alami

Sponsors Link

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit, merupakan suatu kewajiban bagi seorang wanita. Ada banyak sekali cara aman yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mu, misalnya saja cara menghilangkan komedo. Kamu bisa menghilangkan komedo dengan cara yang benar, bahkan tanpa pergi ke salon atau klinik kecantikan. Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan komedo batu, yuk simak informasi selengkapnya.

ads

Komedo Batu

Komedo batu adalah jenis komedo yang keras, komedo ini terbentuk karena adanya oksidasi dengan udara. Komedo batu umumnya berwarna putih keras atau bahkan hitam keras. Komedo sendiri terjadi akibat adanya produksi kelenjar minyak, dan kita jarang membersihkan wajah dari minyak tersebut.

Baca Juga : Manfaat Hair Mask untuk RambutBahan Penghitam Rambut Alami

Penyebab Utama Komedo Batu

  • Make-up berlebihan
  • Malas mencuci wajah
  • Tidak pernah menggunakan facial wash
  • Menggunakan skin care
  • Menggunakan bedak tabur
  • Batal tidur kurang bersih
  • Terkena asap kendaraan/polusi udara
  • Tidak cocok air
  • Kurang minum air
  • Sering makan gorengan, dll.

Gejala Komedo Batu

Gejala komedo batu sama seperti gejala komedo yang muncul pada umumnya. Misalnya saja pori-pori membesar, tumbul bintik-bintik pada bagian wajah tertentu, kulit wajah menjadi kasar, kulit wajah berminyak dan mudah membentuk flek hitam pada kulit wajah.

Menghilangkan Komedo Batu

1. Membersihkan Wajah Secara Manual

Salah satu cara untuk menghilangkan komedo adalah dengan cara membersihkannya secara manual. Kamu bisa membersihkan komedo dengan alat manual, dan tentu cara ini harus dilakukan dengan hati-hati ya ladies.

  • Pertama bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Pastikan jika tidak ada minyak pada wajah.
  • Selanjutnya gunakanlah alat manual untuk mengambil komedo pada kulit wajah.
  • Jangan terlalu memaksa komedo untuk keluar, karena hal tersebut akan membuat kulit mengalami inflamasi.
  • Jika sudah selesai, bilas wajah mu dengan air dingin dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Baca Juga : Obat Penghilang Flek Di Wajah Di ApotikVitamin Wajah Kulit Bersih Bersinar

2. Facial Ke Salon

Salah satu cara menghilangkan komedo batu, adalah dengan melakukan facial ke salon kecantikan. Kamu bisa datang ke klinik skin care atau lain sebagainya, disana kamu bisa mendapatkan berbagai macam perawatan komedo. Budget yang akan kamu keluarkan akan sangat bervariatif, karena biaya tergantung dengan jenis perawatan apa yang akan kamu pilih.

3. Peeling Wajah

Menghilangkan komedo batu bisa dilakukan dengan peeling wajah. Kamu bisa melakukan peeling wajah secara rutin agar komedo batu yang ada dibagian wajah mu hilang. Peeling kini telah banyak dijual diberbagai supermarket, atau bahkan toko kosmetik. Harga yang dibandrol untuk peeling juga beragam, mulai dari Rp. 15.000,- hingga ratusan ribu rupiah.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan salah satu jenis perawatan yang sering ditawarkan di salon kecantikan. Pada dasarnya perawatan ini sama dengan peeling wajah, namun mereka menggunakan alat yang lebih canggih sehingga hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa melakukan tindakakn Mikrodermabrasi di klinik kecantikan yang ada di kota mu, namun sebelum melakukan tindakan tersebut konsultasikan pada dokter estetika yang professional ya ladies.

Baca Juga : Penyebab Muka Kasar Dan BerbintikCara Menghilangkan Komedo Dengan Baking Soda

5. Laser Wajah

Cara menghilangkan komedo batu yang selanjutnya adalah dengan menggunakan laser wajah. Laser wajah umumnya dikenal dapat menghilangkan flek, kerutan dan mencegah penuaan dini ini, ternyata juga mampu mengatasi masalah komedo batu. Kamu bisa melakukan perawatan laser wajah ini di klinik kecantikan, tentu biaya yang akan kamu keluarkan juga lebih mahal dari pada perwatan facial biasa.

6. Pore Pack

Pore pack adalah salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi komedo batu. Walaupun tidak 100 % bisa mengangkat komedo batu, namun pore pack bisa kamu jadikan langkah awal untuk mengangkat komedo batu. Pore pack didesain seperti isolasi yang dapat direkatkan pada hidung, dan cara ini lebih aman dibandingkan dengan melakukan pengambilan komedo secara manual. Pore pack juga banyak dijual di supermarket terdekat, harganya juga relatif terjangkau.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun

7. Sabun Wajah

Komedo batu umumnya terjadi kareana adanya penimbunan lemak pada wajah, dan timbunan tersebut teroksiadasi udara sekitar. Untuk meminimalisir tumpukan lemak pada wajah, kamu bisa membersihkan wajah mu dengan menggunakan sabun wajah atau facial wash. Facial wash bisa membantu mu dalam membersihkan kotoran wajah, minyak dan bahkan proses penyembuhan jerawat.

8. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan untuk membuat kue. Kali ini juga bisa menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan penghilang komedo batu. Kamu bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti madu, air hangat, gula dan lain sebagainya. Fungsi dari baking soda adalah sebagai scrub wajah, scrub ini nantinya akan mengangkat sel kulit mati, timbunan lemak dan lain sebagainya.

  • Pertama siapkan baking soda 2-3 sendok teh.
  • Tambahkan dengan madu, secukupnya.
  • Oleskan pada wajah yang sudah bersih, dan gosok dengan perlahan.
  • Jika sudah selesai segera bilas wajah dengan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Cara Memutihkan Tangan Dengan CepatMerk Masker Untuk Mengecilkan Pori

9. Air Hangat

Menghilangkan komedo dengan menggunakan air hangat. Air hangat mampu membantu proses menghilangkan komedo pada wajah mu. Gunakanlah air hangat untuk membersihkan wajah, fungsinya adalah membuka pori-pori dan memudahkan proses pengambilan komedo. Oleh sebab itu sebelum kamu membersihkan komedo, sebaiknya lakukan pengompresan kulit wajah dengan menggunakan air hangat.

10. Uap Air Garam

Uap air garam ternyata dapat kamu manfaatkan dalam proses menghilangkan komedo. Kamu bisa menggunakan garam dapur dan merebusnya, kemudian uapkan air garam tersebut . Saat air garam sudah menguap, kamu bisa langsung menggunakannya.

  • Pertama bersihkan wajah dahulu.
  • Kemudian arahkan wajah pada wadah panci yang berisi air garam yang menguap.
  • Diamkan wajah mu hingga terasa hangat, kemudian pencet sedikit hidung mu dengan tangan yang bersih.

11. Pepaya

Menghilangkan komedo batu bisa dilakukan dengan menggunakan pepaya. Pepaya mampu membantu proses pengangkatan komedo batu, selain itu kamu bisa menambahkan baking soda, gula pasir, garam dan lain sebagainya. Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan komedo batu sangat mudah.

  • Pertama siapkan pepaya matang.
  • Potong pepaya secukupnya dan haluskan.
  • Tambahkan sedikit gula pasir.
  • Oleskan pada bagian wajah terutama hidung, kemudian gosok dengan perlahan hingga komedo terangkat.
  • Selanjutnya bilas wajah dengan menggunakan air bersih dan facial wash.

12. Gula

Salah satu bahan scrub alami yang bisa digunakan untuk mengangkat komedo adalah gula pasir. Gula mampu menjadi eksfoliator alami untuk mengangkat komedo batu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menambahkan sedikit air dan menggosoknya dengan perlahan. Kemudian bilas menggunakan air atau cuci wajah dengan facial wash.

13. Madu

Mengangkat komedo batu dari wajah, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun kali ini kamu bisa menggunakan madu murni untuk mengangkat komedo membandel pada wajah. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, karena kamu hanya perlu menambahkan garam atau gula saja. Campurkan keduanya dan gosok hingga komedo terangkat, kemudian kamu bisa membilas wajah mu dengan menggunakan air bersih.

Baca Juga : Krim Penghilang Strech MarkCara Membuat Masker Buah Naga

14. Lemon

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan jerawat pada wajah. Namun tahukah kamu jika air lemon mampu membantu dalam proses menghilangkan komedo batu membandel. Cara menggunakannya sangat mudah sekali,

  • Pertama siapkan jeruk lemon segar dan peras ke dalam wadah bersih.
  • Kedua tambahkan dengan sedikit baking soda atau gula pasir.
  • Ketiga aduklah hingga tercampur merata, dan oleskan pada wajah.
  • Selanjutnya gosok dengan perlahan, dan jika selesai bilas wajah hingga bersih sempurna.

15. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu bahan penghilang komedo batu di hidung. Jeruk nipis tidak hanya bisa mengangkat flek hitam saja, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengangkat komedo membandel di hidung.

  • Pertama siapkan jeruk nipis segar dan peras ke dalam wadah bersih.
  • Kedua tambahkan dengan sedikit baking soda atau gula pasir.
  • Ketiga aduklah hingga tercampur merata, dan oleskan pada wajah.
  • Selanjutnya gosok dengan perlahan, dan jika selesai bilas wajah hingga bersih sempurna.
  • Kamu juga bisa mencuci wajah dengan menggunakan facial wash agar bersih sempurna.

16. Tepung Beras

Tahukah kamu jika tepung beras ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah ??. Kamu bisa memanfaatkan tepung beras untuk masker wajah, fungsinya untuk melembutkan dan melembabkan kulit wajah. Selain itu masker dari tepung beras bisa mengangkat komedo pada hidung mu, cara menggunakannya juga sangat mudah.

  • Pertama siapkan tepung beras sebanyak 2-3 sendok makan.
  • Kemdian tambahkan dengan air ( air biasa, tidak hangat atau dingin ).
  • Aduklah tepung beras dan air hingga mengental, oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering.
  • Selanjutnya bilas wajah dengan menggunakan air bersih dan facial wash.

17. Banyak Minum Air Putih

Konsumsi banyak air putih bisa membantu proses mennghambat munculnya komedo pada wajah. Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari, dengan begitu wajah akan jauh lebih lembab dan produksi minyak akan terkontrol.

18. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Konsumsilah makanan yang bernutrisi, dengan begitu kamu akan lebih mudah menjaga kesehatan kulit mu. Konsumsilah sayur segar, buah segar, air putih, jus dan lain sebagainya, fungsinya agar kulit lebih terjaga kelembutan dan kelembabannya. Ladies merawat tubuh itu bukan hanya dengan produk kecantikan saja, namun juga dari dalam melalui makanan yang kita konsumsi.

19. Cuka Apel

Salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan komedo adalah cuka apel. Cuka apel umumnya digunakan untuk membuat kue, namun kali kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan alami penghilang komedo batu. Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan tepung beras atau baking soda. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama siapkan baking soda atau tepung beras secukupnya.
  • Kemudian tambahkan dengan sedikit cuka apel, dan aduk hingga merata.
  • Selanjutnya oleskan pada wajah mu dan gosok perlahan.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa membilas wajah mu dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Penyebab Hidung BesarPenyebab Rambut Bercabang dan Rusak

Nah ladies !! sekarang sudah tahukan bagaimana cara menghilangkan komedo batu dengan cepat dan benar. Kamu bisa memilih salah satu cara diatas untuk menghilangkan komedo batu. Selain itu perhatikan juga kebersihan tangan mu, agar tidak ada bakteri yang menempel pada kulit wajah mu

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 08th, September 2017 / 10:08 Oleh :
Kategori : Wajah