20 Penyebab Kulit Tangan Kering, Kasar, Mengelupas dan Pecah Pecah

Kulit tangan yang terlihat kering merupakan keadaan yang sering dialami kulit dimana terjadi kekurangan cairan pada lapisan paling luar kulit. Beberapa bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, lengan dan juga kaki menjadi area paling rentan mengalami masalah kulit kering. Di dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan xeroderma dan bisa terjadi pada siapa saja dari berbagai umur dan juga kelamin bergantung dari kondisi kesehatan kulit, durasi terpapar di ruang terbuka, usia dan juga tempat tinggal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kulit tangan kering dan akan kami ulas secara lengkap pada kesempatan kali ini.

Artikel terkait:

  1. Terlalu Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan supaya berbagai virus serta bakteri bisa dihindari. Akan tetapi, mencuci tangan terlalu sering akan menyebabkan kandungan pelembab alami yang ada di kulit tangan semakin berkurang khususnya jika anda memang memiliki jenis kulit kering. Pemakaian sabun cuci tangan yang mengandung alkohol juga akan menghilangkan kandungan minyak alami tubuh sehingga kulit tangan menjadi kering dan pecah pecah.

  1. Pola Makan Salah

Makanan yang dikonsumsi sehari hari juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit di area tangan. Makanan yang terlalu asin akan membuat kulit semakin kering sehingga perlu dikurangi kadarnya. Sebagai gantinya, perbanyak asupan makanan yang kaya akan air seperti buah dan sayuran.

  1. Cuaca

Saat berada di cuaca yang dingin atau perubahan iklim dari panas ke dingin maka kelembapan udara juga akan berkurang dan bisa menyebabkan tangan menjadi kering. Berkurangnya kandungan uap air pada udara juga akan menarik kelembapan pada kulit di area tangan dan beberapa area kulit tubuh seperti wajah dan kaki.

  1. Kondisi Tempat Kerja

Kondisi dari tempat kerja anda juga menjadi faktor pemicu keringnya kulit di area tangan. Orang yang membutuhkan durasi cuci tangan kering dalam pekerjaan seperti perawat, dokter, chef, pekerja pabrik, atlet renang, pencuci mobil dan sebagainya akan lebih sering terkena air dan bahan kimia dari sabun sehingga kulit tangan menjadi kering, teriritasi serta kasar.

  1. Keadaan Medis

Beberapa keadaan medis juga menjadi penyebab dari keringnya kulit tangan seperti contohnya orang yang menderita autoimun, diabetes, lupus, eksim dan psoriasis. Beberapa penyakit ini bisa menimbulkan radang di kulit dan menyebabkan kulit menjadi terkelupas, pecah pecah serta kering.

Artikel terkait:

  1. Mandi Air Panas Terlalu Lama

Terpapar air paas atau hangat akan menghilangkan kandunan minyak alami pada permukaan kulit. Hindari untuk terlalu sering mandi air panas atau hangat terlalu lama dan juga mandi uap terlalu lama supaya kulit tangan kering bisa dihindari.

  1. Sabun

Sabun menjadi salah satu penyebab kulit kehilangan minyak alami dalam waktu yang cepat. Untuk membersihkan tangan, biasanya kita memakai sabun khusus untuk mencuci tangan. Kandungan kimia di dalam sabun inilah yang akan merusak kelembapan kulit tangan sehingga akhirnya menjadi kering dan pecah pecah serta kasar.

  1. Terbakar Sinar Matahari

Paparan dari sinar matahari yang terlalu lama akan membuat kulit tangan terbakar dan agak perih saat tersentuh. Kulit tangan kemungkinan juga akan berwarna kemerahan, kering serta mengelupas yang merupakan gejala umum dari terbakar matahari atau sun burns.

  1. Alergi

Kulit tangan yang kering dan mengelupas juga bisa terjadi apabila anda memiliki alergi terhadap benda, makanan atau udara. Seperti contohnya terpapar nikel di perhiasan yang akan membuat kulit menjadi kering, gatal dan kemerahan serta melepuh, alergi lateks yang menyebabkan syok anafilaksis serta kering dan membutuhkan penanganan dokter dan lain sebagainya.

  1. Kekurangan Niacin atau Toksisitas Vitamin A

Kekurangan atau kelebihan vitamin juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas. Seperti contohnya pellagra yang terjadi karena kekurangan vitamin B3 [niacin] dalam makanan sehingga menyebabkan kulit tangan kering dan dermatitis dan juga terlalu banyak vitamin A yang akan membuat kulit teriritasi dan pecah pecah.

Artikel terkait:

  1. Eksim Tangan

Peradangan paling umum yang terjadi pada kulit atau atopic dermatitis bisa menyebabkan eksim tangan semakin parah. Eksim tangan ini akan menimbulkan kulit yang terlihat kemerahan, pecah pecah, kering dan juga gatal.

  1. Psoriasis

Kulit tangan yang kering dan terkelupas kemungkinan juga menjadi pertanda dari psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit yang kronis dimana akan muncul plak berwarna keperakan atau lesi di permukaan kulit.

  1. Keratolisis Eksoliatif

Keratolisis eksoliatif biasanya terjadi pada musim panas yang menyebabkan kulit menjadi lecet dan akhirnya akan kering serta mengelupas dan kemerahan. Bahan yang dipakai pada sabun pembersih akan memb perburuk penyakit ini.

  1. Penyakit Kawasaki

Penyakit kawasaki adalah kondisi langka dan umumnya menyerang anak anak dibawah umur 5 tahun. Penyakit ini akan terjadi selama beberapa minggu dengan gejala demam tinggi, permukaan kulit yang kering dan mengelupas, kemerahan serta bengkak pada kulit di area tangan dan telapak tangan serta kaki.

  1. Genetika

Dari riset yang sudah dilakukan membuktikan jika kulit kering merupakan penyakit genetika atau bisa diturunkan. Mutasi pada gen yang mengendalikan produksi filaggrin protein berperan untuk membentuk dan menghidrasi penghalang pada kulit dan bisa menyebabkan beberapa kondisi kulit lainnya. Orang yang memiliki mutasi ini akan menderita kulit kering serta kemungkinan besar terkena eksim.

  1. Pewangi

Pewangi juga menjadi penyebab timbulnya masalah kulit kering di area tangan. Deodoran dan produk perawatan kulit seperti lotion yang mengandung parfum akan membuat kelembapan kulit di area tangan semakin berkurang.

Artikel terkait:

  1. Tidak Memakai Lotion

Seringkali lupa untuk menggunakan body lotion saat udara panas atau dingin akan membuat kulit di area tangan dan kaki menjadi kering, gatal dan mengelupas. Menggunakan body lotion sangat dianjurkan sesudah mandi sehingga bisa mengunci kelembapan alami pada kulit.

  1. Dehidrasi

Saat udara sedang dingin atau sejuk, mungkin tubuh tidak akan terasa haus dan tidak berkeringat. Akan tetapi, kulit tetap akan kehilangan kandungan air setiap harinya bahkan saat cuaca sedang dingin khususnya jika terlalu banyak menghabiskan waktu di ruangan. Tubuh terdiri dari 70 persen air supaya bisa tetap sehat, kekurangan minum akan membuat tubuh serta kulit menjadi dehidrasi sehingga tubuh akan terasa lemas dan kulit tampak kusam serta kering.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan kelenjar tiroid bisa terjadi karena terlalu rendahnya kadar hormon tiroid di dalam tubuh sehingga aktivitas dari kelenjar keringat dan juga kelenjar minyak pada kulit akan menurun dan akhirnya membuat kulit di area tangan menjadi kasar dan kering.

  1. Mencuci

Perempuan khususnya ibu rumah tangga umumnya tidak lepas dengan aktivitas mencuci baik itu mencuci pakaian atau piring. Saat sedang mencuci, pastinya tidak lepas dari penggunaan detergen yang merupakan bahan kimia sehingga bisa menimbulkan reaksi berbeda untuk beberapa jenis kulit dan salah satu efek buruk dari penggunaan detergen ini adalah kulit menjadi kering dan mengelupas.

Penyebab kulit tangan kering tanpa disadari berasal dari berbagai aktivitas sehari hari atau kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Hindari beberapa kebiasaan buruk, cuaca ekstrim dan juga perbaiki pola hidup yang baik supaya bisa terhindar dari kulit kering, mengelupas dan kasar.