Sponsors Link

4 Bedak Wardah Untuk Kulit Kering dan Kusam

Sponsors Link

Berbeda dengan kulit berminyak yang selalu kelihatan mengkilap, kulit kering akan cenderung terlihat kusam dan kasar. Hal ini terutama terlihat di pagi hari saat kulit terasa lebih kencang dan mengelupas di beberapa bagian wajah. Kulit wajah yang kering biasanya mempunyai ciri – ciri kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi terutama pada udara dingin dan terkena kosmetik yang kandungan alkoholnya tinggi. Walaupun demikian, kulit wajah yang kering biasanya tidak mudah berjerawat dan riasan yang dibubuhkan dapat bertahan lebih lama pada wajah.

ads

Memiliki kulit wajah yang kering merupakan suatu tantangan tersendiri dalam membubuhkan make up agar tidak retak dan dapat menempel dengan baik. Permukaan kulit yang kasar dan mengelupas seringkali membuat make up terutama bedak tidak dapat menempel dengan baik sehingga sulit menciptakan hasil yang halus dan merata. Untuk merias kulit wajah yang kering diperlukan teknik yang tepat agar bedak dapat menempel sempurna.

Ciri – ciri Kulit Wajah Kering

Anda perlu mengenali ciri kulit wajah yang kering untuk membedakannya dengan kondisi kekeringan biasa yang sesekali dialami, karena apabila kulit wajah kering secara genetis maka hal itu akan berlangsung seumur hidup. Kulit wajah yang kering memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

  • Kulit wajah tampak kasar, kusam dan sedikit bersisik.
  • Pori – pori kulit hampir tidak terlihat karena sangat kecil.
  • Di wajah terdapat banyak garis halus atau kerutan yang sangat halus dan tipis.
  • Kulit sering terkelupas dan mengalami iritasi sehingga terasa gatal, terutama setelah dibersihkan.
  • Di kulit wajah terdapat banyak bercak berwarna merah dan meradang.

Penyebab Kulit Wajah Kering

Penyebab kulit kering di wajah yang paling umum adalah faktor genetika. Artinya jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, hal itu terjadi sebagai bagian dari susunan genetika yang dimiliki sejak lahir atau dengan kata lain merupakan faktor keturunan. Selain itu, kulit wajah yang kering juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Sering mencuci muka dengan air panas.
  • Merupakan gejala penyakit tertentu misalnya psoriasis.
  • Tingkat kelembaban udara yang rendah biasanya terjadi saat adanya perubahan cuaca.
  • Mencuci muka dengan sabun mandi.
  • Terlalu kuat menggosok kulit ketika mengeringkan wajah dan menjadi penyebab wajah terlihat tua serta penyebab kulit cepat keriput .
  • Iritasi karena bahan pakaian yang mengenai kulit wajah.
  • Pertambahan usia juga dapat mengurangi kadar minyak alami pada kulit wajah sehingga wajah terlihat kering.

Tips Merias Kulit Wajah Kering

Meskipun memiliki kulit wajah yang kering, Anda tidak perlu berkecil hati dulu. Ada cara yang dapat dilakukan agar Anda bisa menerapkan bedak dengan hasil yang maksimal, yaitu:

  • Bersihkan wajah – Sebelum membubuhkan kosmetik apapun ke wajah Anda, pastikan lebih dulu jika wajah Anda telah dalam keadaan bersih. Gunakan pembersih yang tepat untuk kulit kering dan tidak akan membuat wajah mengalami iritasi.
  • Gunakan concealer – Kekurangan lain pada wajah dapat disamarkan dengan menggunakan concealer, misalnya untuk area di bawah mata, hidung, dan noda di wajah lainnya. Anda bisa menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikannya agar merata.
  • Gunakan Pelembab – Pelembab biasa akan membuat penampilan wajah tampak natural, namun untuk kulit yang kering dan bernoda mungkin Anda harus menggunakan foundation untuk kulit kering agar noda tersebut tersamarkan. Pilihlah alas bedak bertekstur krim  yang mengandung minyak alami yang akan melembabkan kulit Anda. Anda juga bisa menggunakan bb cream sebagai pengganti foundation.
  • Bedak – Sebaiknya menggunakan bedak padat daripada bedak tabur untuk menyamarkan kondisi kulit yang kering. Bedak padat lebih dapat menempel di kulit sehingga dapat menyamarkan kondisi kulit wajah yang kering. Wajah akan terlihat lebih berkilau dan terlihat lebih lembab.

Tentang Kosmetik Wardah

Kosmetik Wardah berada di bawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation yang dimiliki oleh Nurhayati Subakat. Selain Wardah, produk lainnya yang bernaung di bawah PT. PTI adalah Make Over, Vivre, hair Addict, Putri, dan Nu Silk. Rangkaian produk Wardah ada beragam, mulai dari rias wajah, perawatan wajah, sampai wewangian dan perawatan tubuh.  Wardah ditujukan bagi wanita muslimah yang menginginkan kosmetik berbahan halal dan sekaligus bisa mempercantik penampilannya.

Sponsors Link

Memilih Bedak Untuk Kulit Kering

Tidak semua bedak cocok untuk kulit wajah yang kering. Anda sebaiknya mengetahui apa saja kriteria yang diperlukan dalam memilih bedak bagi kulit wajah kering, yaitu:

  • Bedak berbahan dasar minyak – Memilih bedak berbahan dasar minyak penting untuk mengurangi kekeringan pada kulit wajah Anda. Minyak dalam bedak tersebut dapat menjaga kelembaban wajah dan menghindarkan dari penampilan make up yang retak atau pecah – pecah. Ada juga beberapa merk bb cream untuk kulit kering pada wajah.
  • Pilih Jenis Two Way Cake – Bedak jenis two way cake berbentuk padat atau juga dikenal dengan sebutan compact powder. Formulanya mampu membuat kulit wajah tampak lebih halus dan tahan lama. Cara memakai bedak two way cake untuk kulit wajah yang kering yaitu dengan menggunakan spons basah agar bedak dapat lebih menempel. Cara memakai bedak agar tahan lama perlu dilakukan agar make up Anda tampak maksimal.
  • Mempunyai Izin BPOM – Untuk keamanan Anda, sebaiknya memilih bedak yang sudah terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Produk – produk kosmetik yang terdaftar pada BPOM telah terjamin bahan – bahan baku yang digunakan aman dari bahan kosmetik yang berbahaya dan juga bahan pemutih wajah berbahaya, misalnya merkuri dan hydroquinon.
  • Pilih Merk Terpercaya – Untuk tampil cantik menggunakan make up terkadang memerlukan anggaran biaya tersendiri, sebab tidak dipungkiri bahwa produk kosmetik yang bagus biasanya memang berharga diatas rata – rata. Walaupun demikian, masih banyak produk lokal seperti Wardah yang memberikan harga terjangkau. Karena itulah Anda perlu waspada agar tidak sembarangan memilih hanya karena harganya jauh lebih murah dari harga pasaran atau harga produk lain karena bisa saja produk tersebut palsu.

Jenis Bedak Wardah untuk Kulit Kering

Untuk mendapatkan hasil make up yang bagus bagi wajah kering, penggunaan bedak harus tepat dan sesuai agar dapat mangatasi penyebab kulit kering dan kusam di wajah. Sementara bedak tabur untuk kulit berminyak lebih cocok, kulit wajah kering lebih cocok mengunakan bedak padat. Wardah mempunyai beberapa varian bedak padat yang formulanya disesuaikan sehingga cocok untuk kulit wajah kering, yaitu diantaranya:

  1. Lightening Two Way Cake Light Feel

Jenis bedak two way cake merupakan perpaduan antara bedak berbahan coated powder dan foundation. Merk bedak untuk memutihkan wajah yang bagus salah satunya adalah Wardah, yang juga mempunyai merk foundation untuk kulit kering. Bedak ini dibuat dari bahan – bahan yang baik untuk kulit. Antara lain adalah Licorice yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah, didapatkan dari tanaman akar Glycyrrhiza glabra, yaitu tanaman akar manis yang merupakan suku polong – polongan dan asalnya dari Eropa Selatan serta dari beberapa wilayah Asia. Selain itu juga ada kandungan vitamin E dan UV Protection. Kelebihan bedak ini yaitu:

  • Teksturnya halus dan lembut di kulit sehingga tahan lama, cocok untuk kulit wajah yang kering.
  • Tidak bersifat comedogenic atau tidak menyumbat pori – pori wajah.
  • Kulit akan tampak lebih cerah dan halus.
  • Ada empat pilihan warna yaitu Light Beige, Golden Beige, Sheer Pink dan Natural.
  1. Everyday Luminous Compact Powder

Bedak padat jenis lain dari Wardah ini mengandung Micro Coated Particle yang membuat butirannya halus dan mudah diaplikasikan ke kulit wajah, serta juga mudah menempel pada kulit wajah yang kering. Hasilnya akan menjadi halus dan alami. Mengandung squalene untuk membantu melembabkan kulit wajah serta kandungan vitamin E yang dapat digunakan sebagai antioksidan. Tidak hanya untuk kulit kering, produk ini cocok juga digunakan untuk semua jenis kulit dengan warna Natural, Light Beige, Beige dan Ivory. Wardah juga mempunyai varian bedak untuk kulit berminyak yaitu bedak tabur.

ads
  1. Luminous Two Way Cake

Merupakan perpaduan antara alas bedak serta bedak padat yang berada dalam satu kemasan. Wardah merupakan salah satu merk bedak yang bikin glowing penampilan wajah wanita. Teksturnya halus dan lembut sehingga mudah diaplikasikan, non comedogenic dan tidak menyumbat pori – pori kulit sehingga menyebabkan jerawat. Warnanya mudah menyatu dengan kulit, menyamarkan noda hitam di wajah dan dapat mengontrol kelebihan minyak bagi yang memiliki kulit berminyak. Untuk kulit wajah kering, kandungan vitamin E dapat menjadi pelembab dan antioksidan yang menjaga kondisi kulit. Pilihan warnanya ada empat yaitu 01 Light Beige, 02 Beige, 03 Ivory dan 04 Natural. Bedak Wardah dengan varian shade bisa menjadi cara memilih bedak sesuai warna kulit sawo matang.

  1. Exclusive Two Way Cake

Produk bedak ini juga merupakan perpaduan antara alas bedak dan bedak padat, tahan lama di kulit sehingga sangat cocok bila digunakan untuk keperluan make up foto karena dapaat melekat di wajah seperti kulit kedua Anda. Ketidak sempurnaan di wajah akan sangat mudah ditutupi dengan menggunakan bedak padat ini melalui tekstur full coated particle dan soft focus agent yang membuat wajah tidak retak, tahan lama dan mampu menutupi garis halus di wajah. Mempunyai kandungan pelembab sehingga tidak menyebabkan wajah yang kering menjadi semakin kering, dan juga tidak menyebabkan komedo. Kandungan lainnya adalah jojoba oil, soybean oil, avocado oiltocopherol, macadamia oil complex dan vitamin E. Tersedia dalam lima pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kulit Anda yaitu Light Beige, Sheer Pink, Sandy Beige, Natural  dan Coffee Beige, sehingga Wardah dapat menjadi merk bedak untuk kulit sawo matang yang dapat direkomendasikan.

Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering

Agar kulit Anda tidak mengalami kekeringan yang lebih parah, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk merawat kulit yaitu:

  • Hindari pemakaian sabun pencuci wajah yang mengandung banyak busa, detergen, yang mengandung formula keras seperti sulfur dan antiseptik, alkohol, pewangi dan perfum buatan, mengandung pewarna dan pengawet.
  • Gunakan air hangat sesekali jika mencuci wajah untuk merangsang produksi minyak di wajah.
  • Hindari terpapar sinar matahari langsung yang dapat merusak kondisi wajah.
  • Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak asam lemak seperti ikan.
  • Gunakan masker untuk kulit kering dan flek hitam yang berbahan alami untuk cara mengatasi kulit kering pada wajah seperti putih telur, lidah buaya, minyak zaitun, dan lainnya sebagai cara mengatasi kulit wajah kering.

Bahan Alami untuk Kulit Wajah Kering

Anda juga dapat menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi kondisi kulit wajah yang kering, seperti berikut ini:

  • Terapi Minyak Alami – Gosokkan sejumlah minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond pada kulit wajah Anda yang kering sebelum tidur malam. Selain itu, ada pula manfaat almond untuk rambut, manfaat minyak zaitun untuk bibir dan manfaat minyak kelapa untuk rambt dan kulit kepala.
  • Petroleum Jelly – Bahan ini telah lama digunakan sebagai salah satu cara mengatasi kulit kering, bahkan pada wajah untuk menghilangkan kulit kering yang mengelupas agar tampak halus dan mulus. Merk pertoleum jelly yang dikenal adalah Vaseline, karena itu ada pula manfaat vaseline  untuk alis agar tampak lebih tebal.
  • Minyak Zaitun dan Kuning Telur – Minyak zaitun yang mengandung vitamin E sebagai antioksidan alami dapat digabungkan dengan satu atau dua kuning telur yang mempunyai kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup untuk merawat kulit wajah yang kering. Gunakan campuran ini di wajah, biarkan selama lima belas menit lalu bilas. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air lemon melalui manfaat jeruk lemon untuk wajah dan air mawar. Namun pastikan untuk menggunakan air lemon sesedikit mungkin karena dapat membuat  wajah semakin kering.
  •  Alpukat dan Madu – Campuran alpukat dan manfaat madu untuk masker wajah dapat menjadi ramuan yang bagus untuk merawat kulit kering di wajah Anda. Cara membuat masker alpukat untuk wajah dan menggunakan manfaat madu untuk  kulit wajah sangat sederhana. Campurkan alpukat yang telah dihancurkan dan madu secukupnya lalu aduk sampai menjadi pasta yang kental dan merata. Balurkan ke wajah untuk lima belas menit dan bilas. Alpukat juga dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami apabila Anda juga menginginkan wajah yang lebih cerah.
  • Pisang dan Yogurt – Pisang juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah yang kering. Hancurkan sebuah pisang dan gunakan sebagai masker wajah, biarkan selama dua puluh menit dan bilas sampai bersih. Anda juga dapat mencampurkannya dengan yogurt yang dapat sekaligus mengelupas sel kulit mati di wajah.
  • Pepaya dan Alpukat – Campurkan pepaya dan alpukat secukupnya lalu gunakan untuk menjadi masker wajah. Anda juga dapat menambahkan pisang ke dalamnya. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas wajah sampai bersih.

Menggunakan make up bagi pemilik jenis kulit kering memang akan membutuhkan kemampuan yang lebih dan juga menggunakan trik yang tidak umum untuk memastikan make up terutama bedak dapat bertahan lama di wajah tanpa terlihat pecah – pecah. Namun jika Anda memilih produk yang tepat maka salah satu kesulitan tersebut akan dapat teratasi. Bedak Wardah untuk kulit kering dapat Anda gunakan untuk merias wajah sehingga menghasilkan make up yang sempurna dan tanpa cela, namun sebelumnya Anda juga tidak bisa melewatkan langkah – langkah perawatan kulit agar tidak menjadi semakin kering. Dengan konsistensi dan ketelatenan, kondisi kulit wajah yang kering pun dapat dijaga agar bisa menggunakan bedak wardah dengan sempurna di wajah Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 28th, May 2017 / 09:42 Oleh :
Kategori : Review Produk