15 Penyebab Kulit Tangan Keriput dan Kering di Usia Muda

Mempunyai kulit yang sehat dan putih tentu menjadi impian semua orang yerutama wanita. Tentu akan sangat mengganggu jika kulit terutama kulit tangan keriput. Kulit keriput sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses yang alami dan bisa terjadi kepada kalian seiring berjalannya waktu. Tapi keriput dapat menyebabkan masalah jika terjadi terlalu dini. Keriput dini bisa menyebabkan terjadinya penuaan dengan cepat sehingga membuat kalian tampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Hal ini juga bisa membuat penampilan sehari- hari kalian menjadi  terlihat kurang maksimal.

Tidak jarang kaum wanita merogoh kocek yang banyak hanya demi mendapatkan kulit yang putih bersinar. Tapi ada baiknya kalian mengetahui penyebab kulit tangan keriput di usia muda agar perawatan yang dilakukan bisa sesuai. Berikut penyebab kulit tangan kalian menjadi keriput.

1.Memakai produk kecantikan yang tidak tepat

Beberapa belakangan ini, produk kosmetik murah banyak yang menjamur dipasar Indonesia. Produk kosmetik berharga murah ini biasanya mengandung banyak sekali kandungan berbahaya yang bisa berakibat buruk bagi kulit. Efek pemakaiannya memang seringkali terbukti ampuh, tapi saat kalian berhenti menggunakannya kulit kalian bisa berubah seketika kembali ke keadaan semula. Bahkan yang paling buruk, akan muncul efek samping setlah berhenti memakainya. Hal ini seringkali terjadi pada krim pemutih untuk wajah dan kulit. Jika kalian masih tetap memakainya untuk jangka waktu yang cukup panjanga.  keriput, bintik hitam, hingga penyakit kanker tidak akan bisa dihindari lagi. Setelah kulit wajah telah mati dan rusak ini akan menimbulkan keriput-keriput wajah. Untuk itulah, kalian harus jeli dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi kesehatan.

(Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Vitamin E Untuk Kulit)

2.Terkena paparan sinar matahari

Penyebab selanjutnya adalah sinar matahari, Sinar matahari pada pagi hari sebenarnya sangat baik bagi kulit karena matahari dapat membuat kulit sehat. tapi jika anda terkena matahari sekitar jam 10 keatas maka dampaknya adalah kulit anda akan terbakar dan juga lama kelamaan akan keriput. Usahakan memakai topi jika memang anda harus keluar pada siang hari dengan matahari yang begitu terik.

3.Kurang minum air putih

Ternyata salah satu yang membuat kulit tangan menjadi keriput di usia muda adalah kurang minum air putih, Ini diakibatkan kurang minum air putih ternyata bisa membuat kulit menjadi stres serta membuat kulit menjadi mudah berubah, kusam serta keriput. Untuk itu kalian harus mengkonsumsi air putih dengan cukup yaitu minum 8 gelas air putih buat menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjaga kecantikan kulit. Air putih juga bisa menunjang kesehatan pencernaan dan sangat berguna buat menyegarkan badan kembali. (Baca Juga : Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit ,  Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

4.Kurang olahraga

Seperti yang kalian tahu, olaharaga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatn serta keantikan tubuh. Ternyata olahraga juga berpengaruh dengan kondisi kulit seperti tangan. Selain membuat badan terlihat bugar, dengan olahraga, kulit di tangan juga akan menjadi lebih kencang. Jika kalian memiliki kulit pergelangan tangan yang keriput, bisa jadi kalian kurang berolahraga. Untuk menghindari kulit tangan keriput diusia muda, disarankan untuk rutin berolahraga.

5.Kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral

Kekurangan vitamin serta mineral tidak hanya akan berpengaruh pada kesehatan, tapi juga akan berpengaruh kepada kondisi kulit wajah serta tubuh. Biasanya para wanita seringkali salah dalam memilih dan menjalankan program diet, sehingga tidak jarang saat mereka melakukan program diet mereka justru mengalami kekurangan vitamin serta mineral. Ini karena seringkali mereka menghilangkan menu penting yang kaya vitamin serta mineral, jika sudah begini maka jangan heran jika kulit pada tangan akan menjadi keriput. (Baca Juga : Manfaat Buah Kelapa Untuk Kecantikan , Vitamin untuk Kulit Kering)

6.Kurangnya waktu istirahat

Jika kalian mempunyai banyak pekerjaan sehingga membuat berkurangnya waku istirahat, jangan heran jika kulit pada wajah maupun tangan akan mengkerut. Ini dikarenakan waktu istirahat yang kurang akan membuat kulit kalian tidak akan memproduksi kolagen secara optimal. Biasanya kolagen yang rusak akan diperbaiki di malam hari, sehingga jik akalian tidak beristirahat dengan cukup maka jangan heran jika kulit kalian akan mengkerut pada usia dini.

7.Kebiasaan merokok

Ternyata merokok menjadi salah satu penyebab kulit tangan keriput, selain berbahaya bagi tubuh ternyata rokok juga akan mempengaruhi kesehatan kulit. Tidak hanya akan membuat kulit wajah menjadi keriput, kulit tangan pun akan keriput akibat kebiasaan buruk ini. Sehingga buat kalian para perokok aktif, sangat disarankan untuk mengurangi kebiasaan merokok. Walaupun pada awalnya akan terasa berat dan menyiksa, tapi dengan menghentikan kebiasaan ini akan membuat badan kalian lebih bugar dan mempunyai kulit sehata serta bersinar.(Baca Juga :  Cara Membuat Masker Alpukat ,  Langkah Perawatan Kulit Kering)

8.Cara memijat yang salah

Banyak wanita yang sering mengandalkan produk kecantikan buat menghilangkan keriput pada wajah serta tubuh. Padahal penggunaan krim atau produk kecantikan bisa saja menjadi solusi yang tepat. Tapi tidak akan tepat jika kalian salah dalam memijat.  Karena memijat wajah maupun tubuh dengan cara yang salah justru akan membuat ulit tetap keriput. Untuk itu dianjurkan memijat dengan menggerakkan tangan kalian ke atas. Karena cara memijat dengan menggerakan tangan ke bawah, bisa membuat keriput menjadi lebih cepat muncul.

9.Penurunan berat badan yang drastis

Memiliki badan yang ideal tentu menjadi impian buat banyak orang terutama wanita. Buat mendapatkan badan yang ideal kalian bisa mencoba menjalankan program berdiet. Tapi ternyata tidak semua jenis diet dianjurkan buat kalian, karena bisa menimbulkan efek bagi tubuh kalian. Apalagi jika kalian melakukan diat dengan cara ekstrim, yang justru akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Karena diet ekstrim bisa menyebabkan berat badan kalian berkurang sangat cepat. Diet inilah yanga akan membuat lemak  menghilang dengan cepat sehingga kulit kalian akan mengendur dan keriput. Akan lebih baik jika kalian yang diet melakukannya secara perlahan serta mengimbanginya dengan berolahraga. Ini untuk mencegah kulit tangan maupun tubuh kalian menjadi keriput.

(Baca Juga: Cara Membuat Masker Tomat , Cara Membuat Masker Putih Telur)

10.Tidur dengan posisi yang salah

Tidur ternyata juga bisa menyebabkan kulit tangan menjadi keriput di usia dini. Tidur yang bisa membuat kulit menjadi keriput yaitu tidur dengan berbaring ke satu sisi. Untuk itu sangat disarankan tidur dengan cara terlentang, ini akan membuat kulit tidak mengalami gesekan. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi jika kalian tidur dengan posisi tangan tertahan ke ssatu sisi, maka kulit akan mengkerut. Jika terus dilakukan, maka lama kelamaan kulit tangan kalian akan mengkerut, begitu juga dengan kulit wajah kalian.

11.Stress

Selain tidak baik bagi kesehatan, stress juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit tangan mengkerut di usia dini. Ini dikarenakan pada saat stress tubuh kalian ternyata mengeluarkan hormon penuaan bernama kortisol yang banyak ke dalam aliran darah kalian. Bila kalian menderita stress yang kronis, sangat disarankan untuk melakukan yoga. Atau kalian bisa melakukan hobi maupun kegemaran kalian seperti menulis di jurnal, menyanyi, berolahraraga, berjalan kaki, maupun meditasi. Lakukan kegiatan apa pun yang bisa membantu mengurangi stres kalian. Tidak ada salah jika kalian mengambil waktu sehari untuk berlibur menikmati pemandangan yang akan membuat kalian kembali segar. (Baca Juga : Manfaat Bengkoang Untuk Kulit ,  Cara Membuat Lulur Susu Yang Mudah)

12.Sering Menggosok Tangan

Ternyata kebiasaan buruk kalian sering menggosok tangan juga bisa menyebabkan kulit tangan menjadi keriput di usia dini. Ini dikarenak sering terjadi gesekan yang akan merusak elastisitas kulit, selain itu gerakan menggosok tangan yang tidak disadari juga akan membuat tangan mengkerut, apalagi jika sering kalian lakukan.

13.Genetik

Tidak bisa dihindirai jika genetik menjadi sesuatu yang berperan penting mengenai kerutan pada usia dini. Ini dikarenakan genetik yang diturunkan bisa menjadi faktor utama, apalagi jika kalian sudah menghindari hal-hal serta melakukan perawatan agar kulit kalian tidak mengkerut. Tapi itu akan sia-sia jika ternyata orangtua kalian mempunyai riwayat kulit yang mengkerut pada usia dini. Maka kemungkinan hal ini akan terjadi pada kalian sangatlah besar. (Baca Juga : Cara Mencegah Penuaan Dini)

14.Sering begadang
Jika kalian mempunyai banyak pekerjaan sehingga membuat kalian sering begadang, jangan heran jika kulit pada wajah maupun tangan akan mengkerut. Ini dikarenakan waktu istirahat yang kurang akan membuat kulit kalian tidak akan memproduksi kolagen secara optimal. Biasanya kolagen yang rusak akan diperbaiki di malam hari, sehingga jik akalian tidak beristirahat dengan cukup maka jangan heran jika kulit kalian akan mengkerut pada usia dini.

15.Banyak makan junk food

Mungkin kalian tidak akan menyangka jika memakan makanan junk food menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit tangan keriput. Ini karena kandungan nutrisi didalamnya yang sangat sedikit bahkan cenderung rusak. Sehingga jika kalian terlalu banyak makan junk food, tubuh kalian tidak akan mendapatkan banyak nutrisi yang membantu memperbaiki kolagen. Untuk itu jika kalian ingin menghindari kulit tangan berkerut di usia dini, sangat disarankan untuk memulai pola makan yang sehat.

Baca Juga :