13 Cara Menghilangkan Komedo Blackhead di Hidung Secara Alami

Komedo adalah lapisan sebum pada kulit yang menyumbat pori-pori wajah dan akan terasa benjol jika diraba. Komedo sendiri dibagi menjadi dua yaitu komedo hitam dan komedo putih. Pada bahasan kali ini akan dibahas tentang komedo hitam atau disebut juga dengan blackhead. Komodo blackhead berdasarkan letaknya dikulit terletak pada lapisan kulit paling atas sekali. Jadi sebab itu warna komedo ini menjadi hitam karena terpapar debu setiap hari. Komedo blackhead ini sangat mudah sekali untuk dikeluarkan dari kulit karena itu tadi letaknya yang dekat permukaan kulit. Jika Anda ingin menghilangkan komedo blackhead ini maka cara yang aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan alat pembersihk komedo yang aman dan bersih. Berikut ini ulasan mengenai cara menghilangkan komedo blackhead antara lain sebagai berikut :

1.Kayu manis

Pertama cara menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan bubuk kayu manis. Cara untuk membuat masker dari bubuk kayu manis ini antara lain :

  • Beli bubuk kayu manis di toko-toko kue biasanya ada.
  • Lalu tuangkan air kedalam wadah secukupnya dan tambahkan bubuk kayu manis ini kedalamnya.
  • Aduk kedua bahan ini secara merata dan pastikan teskturnya tidak terlalu encer dan kering.
  • Baru oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering sekitar 30 menit.

Jika masker bubuk kayu manis ini sudah kering baru bilas wajah Anda.

Baca juga :

2. Garam

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan garam, garam yang memiliki rasa asin ini juga sudah terbukti bermanfaat untuk menghilangkan komedo blackhead. Cara untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan garam adalah dengan membuat larutan garam terlebih dahulu. Pertama tuangkan garam secukupnya pada piring kecil dan tambahkan air. Aduk hingga garam larut dan menyatu dengan air dalam piring tersebut. Setelah itu baru aplikasikan pada komedo blackhead di kulit wajah Anda.

Baca juga :

3. Uap air panas

Cara yang ketiga untuk menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan uap air panas. Air panas mengandung uap untuk membesarkan pori-pori wajah sehingga komedo mudah untuk keluar. Uap air panas dapat diletakkan kedalam wadah dan hadapkan wajah Anda secara hati-hati. Setelah itu baru keluarkan komedo Anda secara perlahan pada kulit wajah Anda.

(Baca juga : Manfaat air hangat untuk wajah)

4. Lemon

Cara yang keempat untuk menghilangkan komedo berikutnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon memiliki warna yang kuning dan terasa asam-asam. Cara untuk menggunakan buah lemon ini adalah dengan membelah buah lemon menjadi dua bagian. Selanjutnya peras air lemon ke dalam wadah kecil dan buang bijinya. Kemudian baru oleskan air perasan lemon ke bagian wajah yang berkomedo, dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah 30 menit baru bilas wajah Anda dengan bersih.

Baca juga :

5. Jeruk nipis

Cara yang kelima yang dapat membantu menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Cara menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengatasi komedo ini dengan membelah dua jeruk nipis dan melakukan pemerasan airnya. Jika sudah maka selanjutnya air perasan dari jeruk nipis itu dioleskan pada wajah Anda secara merata. Tunggu hingga air perasan dari jeruk nipis mengering baru kemudian di bilas wajah dengan bersih.

Baca juga :

6. Putih telur

Selanjutnya bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo blackhead adalah putih telur. Selain dapat menghilangkan komedo putih telur juga berperan untuk mengencangkan kulit wajah. Cara untuk membuat masker telur untuk menghilangkan komedo blackhead adalah kocok putih telur terlebih dahulu hingga berbusa. Jika sudah berbusa baru oleskan putih telur tadi pada tisu. Selanjutnya tempelkan tisu pada bagian komedo blackhead dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering baru tarik tisu tersebut dari wajah Anda.

Baca juga :

7. Lidah buaya

Cara ketujuh untuk menghilangkan komedo blackhead selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya ini sudah lama dijadikan sebagai salah satu bahan dasar kecantikan. Manfaat dari gel lidah buaya berperan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit wajah termasuk komedo. Selain itu gel dari lidah buaya ini juga memiliki anti iritasi dan melembapkan kulit wajah. Cara untuk menggunakan tanaman lidah buaya untuk menghilangkan komedo, pertama kupas kulit tanaman lidah buaya ini. Jika sudah dikupas lanjutkan dengan membilasnya dan oleskan gel serta isi daging lidah buaya pada wajah yang berkomedo secara merata. Lakukan penggunaan masker lidah buaya ini sebanyak dua kali dalam seminggu,

Baca juga :

8. Baking soda

Siapa sangka ternyata baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo blackhead pada kulit wajah. Caranya juga mudah sekali cukup tuangkan sekitar satu sendok makan baking soda kedalam piring, lalu baru beri sedikit air dan aduk hingga rata. Jika sudah diaduk oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu baru bilas wajah dengan bersih.

Baca juga :

9. Nose strips

Cara yang kesembilan untuk membantu menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan nose strips. Nose strips ni merupakan salah satu produk kecantikan berupa plester yang direkatkan pada hidung untuk membantu menarik komedo secara alami. Anda bisa mendapatkan nose strips ini di swalayan-swalayan. Adapun untuk harganya sendiri nose strips ini adalah Rp. 10.000 untuk 4 isian. Cara menggunakan nose strips ini antara lain :

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih wajah, lalu terakhir bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Jika sudah selanjutnya adalah menempelkan nose strips pada bagian hidung dan tungu hingga 30 menit.
  • Sambil menunggu Anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan lainnya.
  • Selanjutnya baru tarik nose strips yang sudah mengering dari hidung Anda.

Dalam petunjuk penggunaan nose strips ini dapat dipakai dua kali dalam seminggu.

10. Membersihkan wajah

Cara yang kesepuluh untuk menghilangkan komedo blackhead adalah dengan melakukan kebiasaan yang tepat. Salah satu contohnya adalah dengan rajin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Pilihlah pembesih wajah yang cocok dengan kulit Anda. Dengan melakukan pembersihan wajah secara rutin maka segala macam masalah pada wajah dapat teratasi dengan baik. Ditambah lagi jika Anda termasuk orang yang sering melakukan aktifitas diluar ruangan, maka cara ini sangat baik sekali untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

Baca juga :

11. Alat penghilang komedo

Cara yang kesebelas untuk menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan alat penghilang komedo. Banyak sekali jenis alat penghilang komedo yang dapat dibeli di toko-toko atau juga secara online. Salah satunya adalah dengan menggunakan spotcleaner. Cara kerja alat ini adalah dengan menghisap komedo dengan tarikan. Alat ini memerlukan baterai untuk dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain cara penggunaanya yang mudah alat ini juga tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Baca juga :

12. Bengkuang

Berikutnya akan dibahas tentang penggunaan bengkuang untuk menghilangkan komedo blackhead. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masker dari bengkuang ini memiliki sifat mendinginkan dan memutihkan kulit wajah dengan pemakaian yang teratur. Di sisi lain penggunaan masker bengkuang ini juga baik sekali untuk membantu mengatasi komedo. Jika Anda ingin membuat masker dari bengkuang maka cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Kupas kulit bengkuang lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah di cuci baru parut bengkuang dan beri sedikit air sebagai tambahan perasan.
  • Lakukan pemerasan pada bengkuang yang sudah di parut dengan tujuan untuk mengeluarkan sari bengkuang tersebut.
  • Jika sudah dirasa cukup baru pisahkan antara ampas bengkuang dengan airnya.
  • Air bengkuang itu diamkan selama satu jam untuk melihat adanya sari bengkuang yang mengendap didasar wadah.
  • Jika sudah satu jam buang airnya dan ambil sari bengkuang tersebut.

Sari bengkuang ini diambil dari dapat dioleskan langsung keseluruh wajah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal ada baiknya penggunaan masker bengkuang ini dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga :

13. Kentang

Terakhir cara untuk menghilangkan komedo blackhead adalah dengan menggunakan masker kentang. Cara membuat masker kentang ini juga mudah sekali, Anda dapat membuatnya dirumah sendiri saat waktu senggang. Pertama kupas terlebih dahulu kulit kentang dan haluskan kentang tersebut bisa menggunakan blender. Setelah halus baru aplikasikan masker kentang tersebut pada wajah secara merata. Jika sudah diamkan selama lebih kurang 30 menit dan biarkan mengering. Setelah mengering baru bilas wajah Anda hingga bersih.

Baca juga :

Nah, itulah beberapa cara alami dan alat – alat yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo blackhead dari kulit Anda. Dapatkan kulit yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.