9 Buah untuk Kecantikan Bibir Bermasalah

Memiliki masalah bibir seperti bibir kering, pecah-pecah, hingga menghitam memang sangat mengganggu. Diperlukan berbagai perawatan untuk mendapatkan bibir yang sehat dan cantik. Perawatan dari produk perawatan bibir pecah-pecah ternyata belum cukup.

Dibutuhkan perawatan dari dalam yang dapat menutrisi bibir sehingga akan tampak lebih sehat, lembap, lembut, kenyal, dan merah alami. Ada beberapa jenis buah-buahan dengan kandungan nutrisi yang tepat untuk mendapatkan bibir sehat.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut dengan rutin dan memanfaatkan buah-buahan tersebut untuk perawatan pada bibir akan membantu untuk kecantikan bibir. Berikut ini adalah beberapa buah yang baik untuk kecantikan bibir.

1. Lemon

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C tersebut tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh, tetapi juga untuk mengatasi kulit kering dan sel-sel kulit mati, sekaligus membersihkan juga melembabkan kulit bibir.

Namun perlu diperhatikan, Vitamin C tinggi dalam lemon seringkali dapat mengakibatkan bibir perih ketika mengkonsumsinya.

Untuk menghindari hal tersebut, dapat mencampurkan lemon dengan madu kemudian mengoleskannya ke bibir untuk menghidrasi bibir kembali.

Selain itu lemon juga dianggap cukup baik untuk menghilangkan warna gelap pada bibir agar bibir kembali terlihat cerah. Khasiat lemon ini dipercaya semakin meningkat apabila dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti madu, minyak almond, dan gliserin.

2. Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Berbagai manfaat dari jeruk dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, termasuk dari bibir kering.

Vitamin C dalam jeruk memiliki peran terhadap pembentukan kulit yang sehat. Vitamin C dalam jeruk juga aktif dalam pembentukan kolagen kulit.

Dengan mengkonsumsi buah jeruk juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang membantu mengatasi bibir kering akibat penyakit.

3. Stroberi

Buah stroberi juga dipercaya dapat membantu memerahkan bibir secara alami karena memiliki kandungan vitamin C tinggi. Vitamin C tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat membasmi bakteri dan sel kulit mati sekaligus meregenerasi sel-sel kulit pada bibir.

Selain itu, buah ini juga dapat menjadi obat alami untuk bibir yang kering dan pecah-pecah. Cara penggunaan stroberi untuk memerahkan bibir cukup mudah, yakni bisa langsung mengoleskan buah stroberi tanpa harus mengolahnya.

4. Mentimun

Buah mentimun memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat melembapkan bibir. Bibir yang lembap adalah langkah awal untuk dapat memudahkan tahapan berikutnya, yakni membuat bibir merah secara alami.

Untuk mendapatkan bibir yang lembap, cukup pijat perlahan bibir dengan mentimun yang telah dicincang kasar dua kali sehari untuk mengatasi bibir kering dan mendapatkan bibir yang lembap.

5. Tomat

Buah tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Sehingga tomat menjadi salah satu obat bibir kering yang alami dan dapat digunakan.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam tomat juga membuatnya berkhasiat untuk melembapkan kulit bibir dan menjaga kelembapannya, sama seperti jeruk dan juga stroberi.

Untuk menggunakan tomat sebagai pelembab bibir alami, dapat mengambil sepotong irisan tipis tomat lalu mengoleskannya pada bibir dengan gerakan memijat.

Selain itu dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut agar memperoleh hasil yang lebih masksimal.

6. Semangka

Salah satu alasan utama dibalik pigmentasi gelap pada bibir adalah dehidrasi. Buah yang rendah kalori tetapi tinggi antioksidan, elektrolit, dan air ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kekeringan pada kulit yang selanjutnya dapat mengurangi pembentukan bercak kasar.

Buah semangka kaya akan kandungan air sehingga dapat melembapkan kulit bibir. Makanlah semangka sebagai camilan malam, atau tambahkan ke sarapan, semakin banyak mengonsumsinya, semakin baik dan cepat hasil yang akan didapatkan.

7. Kelapa

Kelapa juga sangat bermanfaat untuk kecantikan bibir. Bagian kelapa yang dimanfaatkan adalah minyaknya.

Kelapa memiliki vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 yang dapat meningkatkan kesehatan, selain itu memiliki asam lemak seperti asam laurat, dan asam miristat untuk mencerahkan bibir secara alami.

Pada minyak kelapa terdapat kandungan asam lemak yang mampu menyembuhkan dan memerahkan bibir hitam dari lahir, serta melembapkan kulit kering pada bibir yang terjadi akibat kekurangan cairan atau kadar minyak.

8. Delima

Buah delima dapat menjadi pilihan lain untuk mengatasi bibir kering dan membuat bibir merah alami. Delima memiliki kandungan Anthocyanin dan antioksida polifenol yang membantu mencerahkan bibir dan mampu menangkal serangan radikal bebas pada kulit.

Selain itu buah delima dapat digunakan sebagai obat alami bibir kering dengan cara dihaluskan hingga teksturnya berubah menjadi kental. Kemudian, oleskan pada bibir yang kering. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Ada juga cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan mencampurkan dan menghaluskan buah delima dengan beberapa irisan jeruk. Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam wadah cetakan es dan dinginkan di kulkas.

Setelah berubah menjadi es batu, ambil satu bongkahan es batu tersebut dan gosokanlah pada permukaan bibir. Lakukan hal ini secara rutin di pagi hari agar memperoleh hasil yang maksimal.

9. Alpukat

Manfaat buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Alpukat kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin C dan E yang tinggi kandungan antioksidan, sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak elastin dan kolagen yang menjaga kesehatan kulit.

Untuk dapat mencerahkan bibir dengan alpukat yaitu dengan cara mengoleskan adonan alpukat yang telah dihaluskan ke permukaan bibir yang kering. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Atau dapat juga dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin setiap harinya.

Berbagai masalah pada bibir seperti bibir kering, bibir pecah-pecah, dan bibir menghitam ternyata dapat diatasi dengan beberapa jenis buah tertentu. Buah-buahan tersebut akan melembutkan, melembapkan, dan membuat bibir merah alami.