10 Buah Yang Bagus untuk Kecantikan Kulit

Buah-buahan memiliki banyak manfaat, selain untuk kesehatan ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Kulit yang sehat menjadi dambaan setiap orang, sehingga berbagai langkah perawatan kulit pun dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Selain menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan berbagai prosedur perawatan dan berbagai produk kecantikan, menjaga kecantikan kulit dari dalam juga tak kalah penting. Yakni dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Jika buah-buahan yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang tinggi, maka otomatis kulit pun akan ikut ternutrisi dan akan terpancar dari kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit. 

1. Jeruk

Asupan dari vitamin C harian adalah wajib jika ingin mendapatkan kulit yang bercahaya, dan buah jeruk dapat menjadi pilihan. Minyak alami yang ada dalam jeruk menjaga kulit tetap terhidrasi, membuatnya terlihat lebih kenyal.

Vitamin C dikenal untuk membantu produksi kolagen, yang bermanfaat untuk kulit kencang dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Tinggi vitamin C dan antioksidan, jeruk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, meminimalkan kerusakan DNA, yang tentunya sebagai cara mencegah penuaan dini.

2. Pepaya

Buah pepaya adalah agen pelembab alami yang membantu menjaga kulit terhidrasi dan menjadikan kulit lebih lembut. Buah pepaya ini selain dapat dikonsumsi untuk kulit kering juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit.

Kaya akan Vitamin A, C dan B, buah pepaya terbukti efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Pepaya juga dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Sehingga akan membantu membersihkan kulit. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Lemon

Buah lemon telah populer digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Mulai dari krim anti-jerawat hingga lotion anti-penuaan, salah satu keluarga dari buah jeruk ini dapat mencegah sejumlah masalah kulit.

Kaya akan Vitamin C, lemon dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi dan jaringan parut. Lemon juga merupakan bahan pemutih alami. Sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan kulit yang menggelap. 

Buah lemon juga bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, menghilangkan mata panda dan lingkaran hitam pada mata. Cukup konsumsi secara teratur dan dapatkan berbagai manfaat dari buah lemon ini terhadap kecantikan kulit.

4. Semangka

Buah Semangka kaya akan serat dan air. Buah ini mengandung 92 persen air, yang berarti kulit dapat terhidrasi, lembut dan kenyal. Semangka juga mengandung Vitamin C, A, B1, B6 dan Lycopene yang penting dalam meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Vitamin C membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan . Vitamin A dan B berkontribusi untuk mempertahankan tekstur kulit yang merata . Lycopene bertindak sebagai penangkal radikal bebas, mencegah kerusakan jaringan pada kulit..

Radikal bebas bertanggung jawab atas peningkatan peradangan kulit yang memicu sejumlah masalah kulit. Sehingga semangka sangat bermanfaat untuk menangkal kulit dari radikal bebas. Selain itu semangka tidak mengandung lemak dan bebas kolesterol.

5. Mentimun

Mentimun adalah buah-buahan yang sangat menghidrasi. Bagian utama dari mentimun adalah air. Dengan demikian, mentimun memiliki efek cooling pada tubuh dan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk kulit.

Kulit mentimun mengandung Vitamin C dan Vitamin K, yang sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Studi menunjukkan bahwa mentimun dapat membantu memutihkan kulit dan juga dapat mengurangi munculnya garis-garis halus. Mentimun juga membantu mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam .

6. Apel

Selain mampu mencegah berbagai penyakit pada tubuh, buah apel juga sangat bagus untuk kesehatan kulit. Apel mengandung vitamin C serta kadar air yang sangat tinggi untuk membantu menjaga kulit agar tetap cerah, lembap, dan kenyal.

Khasiat kulit apel juga kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu apel juga mengandung antioksidan yang akan melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

7. Alpukat

Buah alpukat memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi stres oksidatif. Inilah yang akan mencegah kerusakan kulit. Alpukat juga mengandung serat makanan dan Vitamin A, C, K, B3 dan B6.

Alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Alpukat juga meningkatkan kekencangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka

8. Pisang

Buah pisang dikemas dengan antioksidan dan sifat antimikroba, dan juga sangat melembapkan kulit. Pisang juga mengandung Vitamin A, CK, E, folat dan mineral yang membuatnya efektif dalam meningkatkan kesehatan kulit.

Disamping itu pisang juga merupakan makanan kaya serat yang diperlukan untuk sistem pencernaan yang baik, yang membantu kulit dengan yang baik juga. Selain itu pisang juga merupakan agen pelembab yang membantu mengatasi kulit kering.

9. Delima

Buah delima adalah pilihan yang baik mereka yang sering berjemur di bawah sinar matahari. Kulit buah delima dikemas dengan antioksidan dan buahnya sendiri kaya akan vitamin C, K, folat dan mineral.

Buah delima ini membantu mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV dan pigmentasi. Peneliti juga menemukan bahwa buah delima efektif dalam memperbaharui kulit manusia.

10. Tomat 

Buah tomat mengandung antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan dini. Asam alami pada tomat mengatur produksi sebum, menjadikannya pilihan yang baik bagi yang memiliki jenis kulit berminyak.

Berbagai jenis buah-buahan tersebut jika dikonsumsi secara teratur dan dibarengi dengan perawatan kulit yang tepat akan membantu kulit terlihat lebih sehat dan cantik.

Selain dapat meningkatkan gaya hidup sehat, buah-buahan tersebut juga akan membantu mendapatkan kulit yang sehat.