8 Cara Menghilangkan Mata Panda Keturunan Secara Cepat dan Ampuh

Kantung mata yang terletak di kelopak mata bagian bawah sangat umum terjadi pada wanita dan pria. Kantung mata yang kerap disebut sebagai mata panda, karena membuat mata seseorang tampak menyerupai mata panda yang berlingkaran hitam, sangat mengganggu penampilan. Mata panda akan membuat Anda tampak lesu dan tidak segar, tampak tua bahkan tampak seperti orang sakit. Walaupun kantung mata atau mata panda bisa terjadi pada siapa saja, hal itu paling umum terjadi pada orang yang berusia lanjut atau bisa juga disebabkan karena faktor keturunan.

Penyebab mata panda juga lebih rentan timbul pada orang yang berkulit gelap karena mereka lebih mudah mengalami hiperpigmentasi di sekitar area mata. Kelelahan merupakan salah satu faktor timbulnya mata panda dan merupakan penjelasan paling logis, dan dalam banyak kasus tidak memerlukan perhatian khusus secara medis. Kantung mata juga bisa timbul karena alergi, dehidrasi, ekspos dari sinar matahari yang berlebihan, selain dari faktor genetik yang sudah disebutkan sebelumnya.

Mengatasi Mata Panda Karena Genetis

Ketika berbicara mengenai kantong mata yang timbul karena keturunan, ada kabar buruk dan kabar baik yang Anda dapatkan. Kabar buruknya adalah tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya, namun kabar baiknya hal tersebut merupakan bentuk kantung mata yang paling mudah diatasi. Bahkan Anda mungkin tidak sampai perlu mempertimbangkan biaya operasi kantung mata. Beberapa cara menghilangkan mata panda keturunan antara lain:

1. Kompres dingin

Meletakkan kompres dingin bisa membantu meredakan pembengkakan dan penyusutan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan bawah mata dan membantu menghilangkan lingkaran hitam. Bungkuslah beberapa butir es batu dalam waslap bersih dan tempelkan pada mata Anda. Anda juga dapat mencelupkan waslap ke air dingin dan menempelkannya ke area bawah mata selama 20 menit untuk mendapatkan efek yang sama. Ulangi proses ini jika kain sudah tidak dingin atau esnya mulai meleleh. Ada pula cara menghilangkan kantung mata dengan sendok atau manfaat timun untuk mata dan wajah sebagai alternatif kompres dingin.

2. Make Up

Samarkan lingkaran gelap di bawah mata dengan make up. Ini adalah cara yang paling tidak mahal dan merupakan cara sementara untuk cara menghilangkan mata panda keturunan. Lingkaran di bawah mata dapat menghilang dengan menggunakan concealer di bawah setiap mata hingga membaur pada kulit. Tambahkan sentuhan akhir dengan bedak tabur sebagai lapisan diatas concealer. Anda juga dapat mencoba manfaat tender care untuk mata panda.

3. Produk pemutih kulit

Cara menghilangkan mata panda keturunan juga bisa Anda lakukan dengan produk pemutih kulit. Produk yang mengandung hidrokuinon dan kojic acid tanpa resep bisa didapatkan di pasaran dengan kandungan 2 persen hidrokuinon dan glicolic acid. Kojic acid bisa membantu untuk membuat mata panda tidak terlalu tampak dengan memblok produksi melanin, yaitu zat yang memberi warna pada kulit. Anda juga dapat mencoba krim penghilang kantung mata yang dijual bebas di pasaran.

4. Chemical Peeling

Hilangkan lapisan kulit yang rusak dengan menggunakan chemical peeling yang dilakukan secara profesional. Pengelupasan dengan menggunakan larutan kimia seperti trichloroacetic acid dan alphahydroxy acid dapat meluruhkan sel kulit mati. Prosedur chemical peeling ini dapat mengurangi pigmentasi dan memperbaiki keseluruhan penampilan kulit.

5. Laser

Melakukan prosedur laser untuk menghilangkan lapisan kulit yang rusak yang menjadi penyebab kantung mata hitam juga bisa dilakukan. Laser bekerja dengan memproduksi sinar terang  yang intens. Ketika sinar laser diarahkan langsung ke kantung bawah mata yang gelap, energi ringannya diserap oleh air atau pigmen termasuk melanin dan membantu untuk membuat pigmentasi kurang terlihat.

6. Cukup tidur

Mendapatkan jam tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi penampilan mata panda dan cara menghilangkan eyebag. Kekurangan tidur dapat menyebabkan kulit Anda tampak pucat, membuat lingkaran hitam semakin jelas. Usahakan untuk mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur untuk mencegah lingkaran hitam timbul di bawah mata Anda.

7. Mengubah posisi tidur

Sementara kekurangan tidur dapat memainkan peranan penting dalam menimbulkan kantung mata Anda, terkadang penyebabnya adalah bagaimana Anda tidur. Posisi tidur juga kerap mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda dan menimbulkan mata panda di bawah mata dan menyebabkan Anda tampak tidak kompeten . Anda bisa mengatur posisi tidur dengan benar, antara lain dengan meninggikan posisi kepala dengan beberapa bantal untuk mencegah cairan yang memenuhi area bawah mata Anda sehingga tampak bengkak .

8. Kantung teh

Menempelkan kantung teh pada mata Anda dapat memperbaiki penampilan mata Anda. Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah, menyusutkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Rendam dua kantung teh hitam atau teh hijau di dalam air panas selama beberapa menit. Lalu dinginkan di lemari es selama 15-20 menit. Tempelkan di mata ketika sudah dingin dengan menutup mata selama 10-20 menit, lalu angkat dan bilas mata dengan air dingin.

Untuk solusi yang lebih praktis dan permanen dalam cara menghilangkan mata panda keturunan, beberapa perawatan medis telah tersedia untuk mengurangi penampilan lingkaran hitam di bawah mata tersebut.  Namun sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur kosmetik apapun, diskusikan pilihan yang Anda miliki dengan dokter kulit yang ahli. Perawatan medis yang bersifat  invasif bisa membutuhkan biaya banyak, sakit dan seringkali memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Jika perubahan warna atau pembengkakan di bawah mata memburuk seiring waktu, jadwalkan kunjungan dengan dokter atau ahli kulit untuk mengakomodasi Anda mendapatkan diagnosa yang teratur.