6 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Rambut Agar Sehat dan Kuat

Perawatan rambut yang baik dan berkhasiat tidak melulu harus dengan melakukan perawatan salon maupun menggunakan produk haircare yang mahal. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat dan bebas masalah juga dapat menggunakan bahan alami, salah satunya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat aloe vera untuk rambut dengan dibuat masker rambut tanpa atau dengan tambahan bahan lain. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat masker lidah buaya untuk rambut yang bisa dicoba.

Pertama, buat masker lidah buaya tanpa campuran sebagai bahan utama masker, dengan cara:

  • Persiapkan 1-2 buah atau sesuai kebutuhan daun lidah buaya, bersihkan kulitnya.
  • Kupas daun lidah buaya di salah satu sisi saja, lalu keruk gel lidah buaya dengan sendok.
  • Masukkan ke dalam wadah bersih, gel lidah buaya siap dipakai sebagai masker atau dapat ditambahkan dengan bahan lainnya.

Kedua, campurkan masker lidah buaya tanpa campuran dengan bahan alami yang bermanfaat untuk rambut, antara lain:

1. Gel lidah buaya dicampur minyak zaitun

Kombinasi kedua bahan ini sangat berguna sebagai cara melembutkan rambut kering kusam dan kasar karena kandungan minyak alami, mineral dan vitamin alami di dalamnya. Selain itu kandungan minyak zaitun juga akan melipatgandakan khasiat lidah buaya untuk membuat rambut tampak lebih hitam, lebat dan sehat secara alami.

2. Gel lidah buaya dicampur bunga sepatu

Bunga sepatu yang telah ditumbuk sampai halus atau dikeringkan dan dijadikan bubuk juga bisa membuat rambut tampak lebih lebat dan halus jika dipadukan dengan lidah buaya. Khasiat dari bunga sepatu sebagai cara membuat masker lidah buaya untuk rambut ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut merah dan bercabang.

3. Gel lidah buaya dicampur VCO

Dalam perawatan rambut, VCO memiliki khasiat sebagai perawatan rambut rusak dengan caramenguatkan batang rambut juga menyembuhkan rambut bercabang. Masker dari kombinasi gel lidah buaya dan VCO ini pada dasarnya dapat mengembalikan kesehatan rambut, tanpa membuat rambut lepek yang mana juga aman untuk orang yang berjilbab.

4. Gel lidah buaya dicampur minyak jarak

Kombinasi gel lidah buaya dengan minyak jarak ini dapat digunakan ketika kondisi rambut rusak parah, baik karena lingkungan maupun efek styling rambut yang bisa menjadi penyebab kerusakan rambut. Penggunaan yang paling tepat untuk masker kombinasi kedua bahan ini adalah dengan membiarkannya semalaman, lalu dibilas dengan shampoo di pagi hari.

5. Gel lidah buaya dicampur daun kemangi

Masker dari gel lidah buaya juga bisa dipadukan dengan daun kemangi, baik yang sudah berbentuk bubuk maupun tumbukan dari daun segar. Kandungan yang ada di dalam kedua bahan ini memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi masalah rambut kusam dan kurang ternutrisi, cukup dengan menggunakannya untuk perawatan rambut mingguan.

6. Gel lidah buaya dicampur daun fenugreek

Salah satu cara menghaluskan rambut secara alami dan mengatasi kekusaman di rambut juga dapat menggunakan masker lidah buaya dan daun fenugreek. Tambahkan secukupnya bubuk fenugreek ke dalam gel lidah buaya lalu gunakan sebagai masker rambut, dapat dibilas setelah beberapa menit pemakaian atau setelah didiamkan semalaman.

Demikian beberapa contoh cara membuat masker lidah buaya untuk rambut dengan menambahkan beberapa bahan alami yang memiliki khasiat untuk menyehatkan rambut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.