Sponsors Link

20 Cara Melembutkan Rambut Kering, Kusam dan Kasar Secara Alami

Sponsors Link

Rambut adalah salah satu bagian terpenting dalam kecantikan kita, karena rambut merupakan mahkota seorang wanita. Merawat rambut tentu menjadi hal yang sangat penting ya ladies, selain agar rambut sehat tentu agar rambut cantik. Ladies !! Ada banyak sekali cara untuk membuat rambut mu tampak lebih indah dan sehat. Kamu bisa datang ke salon atau bahkan merawatnya sendiri di rumah. Kali ini kita akan membahas tentang masalah rambut kering dan cara melembutkannya, yuk simak artikel selengkapnya berikut ini.

ads

Baca Juga : Manfaat Bulu Halus Di WajahMerk Masker Untuk Mengecilkan Pori

Masalah Rambut

Masalah rambut bisa saja muncul kapanpun tanpa kita sadari. Ladies !! Ada banyak sekali masalah yang bisa terjadi pada rambut mu, misalnya saja seperti beberapa masalah rambut yang berikut ini :

  • Ketombe
  • Rambut Kering
  • Rambut Bercabang
  • Rambut Kusut
  • Rambut Lepek
  • Dll.

Penyebab Rambut Kering

  • Faktor Genetik
  • Gaya Hidup Kurang Baik
  • Kurang Cairan / Kurang Konsumsi Air Putih
  • Salah Shampo
  • Sering Menggunakan Catok
  • Sering Menggunakan Hairdryer
  • Makan Gorengan
  • Terkena Polusi
  • Terkena Sinar Matahari
  • Jarang Shampoan
  • Malas Menyisir Rambut
  • Tidak Pernah Menggunakan Serum Atau Vitamin Rambut
  • Menggosok Rambut
  • Cat Rambut
  • Gaya Rambut

Baca Juga : Cara Menghilangkan Muka Merah Akibat Sinar MatahariPenyebab Kulit Kering Dan Keriput

Melembutkan Rambut Kering

 1. Shampo Pelembut

Salah satu cara melembutkan rambut yang kering adalah dengan menggunakan shampo pelembut. Kamu bisa menemukan berbagai jenis shampo pelembut dari banyak merek. Shampo pelembut ini banyak dijual di supermarket terdekat, mulai dari harga Rp. 10.000,- hingga ratusan ribu rupiah. Ladies !! jika kamu ingin membeli shampo pelembut rambut, maka sebaiknya perhatikan bahan kandungan dan tanggal kadaluwarsanya agar tidak berbahaya bagi kesehatan rambut.

2. Kondisioner

Jika kamu ingin melembutkan rambut yang kering, kusut dan kasar, bisa dilakukan dengan menggunakan kondisioner pelembut rambut. Kondisioner merupakan pelengkap shampo yang bisa digunakan saat usai keramas. Kamu bisa menggunakan kondisioner setiap selesai keramas dan membilasnya dengan air bersih.

Ladies !! Ada banyak sekali jenis kondisioner yang bisa kamu gunakan, ada kondisioner tanpa bilas dan kondisioner yang harus dibilas. Kamu bisa mendapatkan kondisioner tersebut di toko atau supermarket terdekat yang ada di kota mu. Dan sebelum kamu membeli produk kondisioner, sebaiknya perhatikan dahulu tanggal kadaluwarsanya.

Baca Juga : Hair Tonic Untuk Rambut RontokCara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

3. Hair Mask

Menghaluskan rambut bisa juga dilakukan dengan menggunakan hair mask. Kamu bisa melakukan hair mask di salon, dan jika kamu melakukannya di salon otomatis biaya akan lebih mahal. Produk perawatan hair mask juga bisa kamu dapatkan, sehingga kamu bisa melakukan hair mask sendiri di rumah. Ladies !! Ada banyak sekali produk perawatan rambut seperti hair mask yang dijual dipasaran. Sebelum membeli produk perawatan dan kecantikan, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluwarsanya agar tidak memperburuk kondisi rambut mu.

Sponsors Link

4. Creambath

Selain melakukan hair mask, kamu juga bisa melakukan creambath. Creambath bisa dilakukan di salon atau bahkan di rumah sendiri. Jika kamu melakukan creambath di salon, maka otomatis biayanya akan lebih mahal dibandingkan dengan creambath sendiri di rumah. Kamu bisa memilih bahan dasar yang beraneka ragam, misalnya saja gingeseng, aloevera, susu, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Shampo Untuk Menebalkan Rambut – Shampo Untuk Rambut Keriting

5. Steam

Steam merupakan salah satu cara melembutkan rambut dengan uap, kamu bisa melakukan steam saat usai melakukan creambath atau hair mask. Jika kamu melakukan steam saat creambath atau hair mask, maka nutrisi yang terkandung didalamnya akan lebih mudah terserap dan diterima rambut secara maksimal.

Melakukan steam biasanya memang di salon, tapi kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan air hangat dan handuk. Kamu bisa membungkus rambut mu dengan handuk yang sudah dicelupkan dengan air hangat, dan mendiamkannya hingga beberapa menit ya ladies.

6. Clinical

Pada umumnya orang lebih mengenal hair mask atau creambath saja, namun ada satu lagi perawatan rambut yang bagus untuk rambut. Clinical adalah salah satu jenis perawatan rambut yang bisa kamu lakukan, umumnya perawatan ini dilakukan di salon ya ladies. Dalam melakukan perawatan ini rambut mu akan diberikan serum khusus, fungsinya untuk melembutkan dan membuat rambut mu tampak mengkilap.

Baca Juga : Cara Merawat Kulit BerminyakPenyebab Muka Kasar Dan Berbintik

7. Vitamin Atau Serum Rambut

Salah satu cara melembutkan rambut lembut adalah dengan menggunakan vitamin atau serum rambut. Vitamin rambut banyak dijual dipasaran, kamu juga bisa menemukan berbagai merek vitamin rambut yang bagus dan harganya juga terjangkau. Vitamin atau serum rambut kini banyak digunakan sebagai salah satu bahan perawatan rambut yang indah. Sebelum kamu membeli serum atau vitamin rambut, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluwarsa produk agar tidak membahayakan rambut kita ya ladies.

ads

8. Hair Tonic

Melembutkan rambut yang kering dan kusam, bisa dilakukan dengan cara menggunakan hair tonic. Kamu bisa menggunakan hair tonic dengan berbagai macam bahan, ada hair tonic yang berbahan madu, gingseng dan lain sebagainya. Pilihlah hair tonic yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu ya ladies, dan jangan lupa untuk memperhatikan kandungan serta tanggal expired pada kemasan sebelum membelinya.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Mengembang

9. Keramas Teratur

Keramaslah dengan teratur agar rambut mu tetap terjaga kelembutan dan kesehatannya. Dengan keramas teratur , otomatis rambut mu akan lebih sehat dan jika rambut mu sehat maka rambut juga akan lembut.

10. Tidak Menggosok Rambut

Tahukah kamu ladies, jika 70% wanita telah melakukan kesalahan saat mengeringkan rambut seusai keramas. Mereka mengeringkan rambutnya dengan care menggosok rambut menggunakan handuk. Menggosok handuk dapat menyebabkan rambut mu kusut, kasar, pecah-pecah dan bahkan rusak. Cara mengeringkan rambut yang benar, adalah dengan menepuk-nepuk rambut menggunakan handuk tanpa menggosoknya.

11. Hindari Catok

Catok adalah salah satu alat yang susah dijauhkan dari wanita. Tapi tahukah kamu, jika sering menggunakan catok dapat menyebabkan rambut mu kering dan kasar. Catok mengandung bahan panas yang bisa membuat rambut kusut, selain itu rambut juga bisa rusak. Oleh sebab itu jika kamu ingin menggunakan catok, gunakanlah vitamin rambut. Dan sebaiknya kamu tidak terlalu sering menggunakan catok ya ladies, agar kesehatan rambut tetap terjaga.

12. Hindari Hairdryer

Salah satu cara melembutkan rambut yang tepat, adalah menghindari penggunaan hairdryer. Tahukah kamu jika hairdryer bisa menyebabkan rambut kering, pecah-pecah, atau bahkan rusak. Jika kamu ingin mengeringkan rambut setelah keramas, sebaiknya keringkan rambut dengan menggunakan handuk. Kamu juga bisa menggerai rambut mu agar lebih cepat kering, tanpa harus menggunakan hairdryer ya ladies.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Mengembang Seperti SingaPenyebab Rambut Bercabang dan Rusak

13. Teratur Menyisir Rambut

Malas menyisir rambut dapat menyebabkan rambut kusut dan bahkan kering. Jika kamu ingin rambut mu tetap terjaga kesehatan dan keindahannya, tentu kamu harus rajin dalam menyisir rambut mu ya ladies. Sisirlah rambut di pagi hari, sore hari dan saat malam hari sebelum tidur.

14. Potong Rambut

Salah satu cara melembutkan rambut yang kering, kusut dan rusak, adalah dengan rajin memotong rambut dibagian ujungnya. Kamu bisa memotong rambut mu dibagian ujung setiap 1 bulan sekali, atau bisa juga kamu lakukan setiap 3 bulan sekali ya ladies. Dengan teratur memotong rambut otomatis rambut akan terangsang untuk tumbuh, dan dengan begitu rambut mu yang indah akan lebih cepat tumbuh dan yang kering terpotong sedikit demi sedikit.

15. Masker Alpukat

Jika kamu ingin melembutkan rambut mu yang kering, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan masker alpukat untuk rambut. Alpukat sangat bagus untuk menjaga kelembaban rambut, selain itu vitamin yang terkandung dalam alpukat dapat menutrisi rambut dengan baik. Cara membuat masker rambut dari alpukat juga sangat mudah,

  • Pertama siapkan alpukat matang sebanyak 1 -2 buah.
  • Cuci bersih alpukat dengan air mengalir, selanjutnya ambilah daging buah alpukat.
  • Ketiga kamu bisa menghaluskan buah alpukat dengan sedikit air, hingga alpukat bertekstur pasta.
  • Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu dan susu, aduk hingga merata.
  • Selanjutnya oleskan masker pada rambut yang sudah bersih hingga merata, dan pijat perlahan lalu diamkan selama 15 menit.
  • Terakhir bilas rambut mu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

Baca Juga : Merek Bulu Mata Palsu Yang BagusMerk Bleaching Rambut Yang Bagus –  Shampo Untuk Menebalkan Rambut

16. Makser Pisang

Melembutkan rambut juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan masker pisang. Pisang tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, namun juga kulit wajah, rambut dan kuku. Kamu bisa membuat sendiri masker pisang untuk rambut dirumah.

  • Pertama siapkan pisang ambon sebanyak 2-3 biji.
  • Cuci pisang dengan air bersih dan kupas pisang.
  • Haluskan pisang dengan blender, dan pastikan jika pisang lembut bertekstur pasta/kental.
  • Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan sedikit madu dan susu, aduk hingga merata.
  • Oleskan masker pada rambut yang sudah bersih hingga merata, dan pijat perlahan lalu diamkan selama 15 menit.
  • Dan terakhir bilas rambut mu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

17. Masker Susu

Ladies !! Susu merupakan salah satu cairan terbaik bagi manusia, selain bagi tubuh susu juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kita. Misalnya saja untuk rambut, jika kamu mengalami masalah rambut kering, kusam dan bercabang bisa menggunakan susu untuk membuatnya lebih lembut. Caranya sangat mudah sekali, kamu bisa menggunakan susu segar sebagai masker rambut.

  • Pertama siapkan susu segar sebanyak 1 Liter.
  • Masak susu hingga matang agar tidak ada bakteri di dalamnya.
  • Dinginkan susu, dan jika sudah dingin masukkan susu dalam ember.
  • Kemudian kamu bisa mencelupkan rambutmu, dan rendam rambut hingga 15-30 menit.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa langsung membilas rambut mu dengan air bersih yang mengalir.
Sponsors Link

18. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak terbaik yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan kulit mu, selain itu minyak zaitun juga baik untuk kesehatan rambut. Minyak ini mampu melembutkan dan menutrisi seluruh bagian rambut. Cara menggunakanya juga sangat mudah sekali loh,

  • Pertama pastikan jika rambut mu sudah bersih.
  • Kedua tuangkan minyak zaitun pada telapak tangan, dan usapkan pada rambut hingga merata.
  • Ketiga pastikan jika dari ujung hingga keujung rambut terjangkau oleh minyak zaitun.
  • Diamkan minyak zaitun minimal 30 menit lamanya.
  • Selanjutnya bilas minyak zaitun dengan air mengalir atau bisa juga dengan air hangat dan shampo.

19. Santan

Santan merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kelembaban rambut. Selain itu santan juga bisa membuat rambut mu yang kering dan kusut, menjadi lembab dan lembut. Kamu bisa menggunakan santan dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada rambut.
  • Kedua siapkan santan dari kepala asli secukupnya.
  • Rendamlah rambut mu dengan santan, dan diamkan minimal 30 menit ya ladies.
  • Selajutnya kamu bisa membilas rambut dengan air bersih yang mengalir.

20. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang kerap disebut aloe vera ternyata mampu melembutkan rambut mu yang kering dan kusam. Kamu bisa menggunakan lidah buaya saat sedang santai, cara menggunakannya juga sangat mudah.

  • Pertama pastikan jika rambut mu sudah bersih.
  • Kemudian siapkan lidah buaya secukupnya.
  • Ambilah lendir lidah buaya dan tambahkan sedikit air.
  • Kemudian oleskan merata pada rambut.
  • Diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir.

Baca Juga : Merek Cat Rambut Yang Aman Untuk Ibu HamilCara Melembutkan Rambut Keriting

Menjaga kesehatan rambut memang bukanlah hal yang mudah, namun kamu bisa melakukannya kapan saja. Masalah rambut kering bisa diatasi dengan salah satu cara diatas, kamu bisa melembutkan rambut mu dengan cara yang aman dan benar. Ladies !! Rawatlah rambut mu dengan rutin, dan jangan membiarkan rambut dalam keadaan kusut ya ladies.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 16:47 Oleh :
Kategori : Rambut