6 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Tanpa Campuran untuk Kulit Wajah

Lidah buaya telah dikenal memiliki banyak sekali kandungan yang bisa merawat dan mempercantik kulit wajah seperti vitamin (A, B1, B6, C, E) asam amino, mineral dan beta karoten. Kandungan ini dapat berkhasiat sebagai zat anti bakteri juga anti mikroba yang ampuh untuk menyembuhkan permasalahan kulit juga meningkatkan kualitas kulit wajah. Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai cara membuat masker lidah buaya untuk kulit dan rambut, artikel kali ini akan dibahas spesifik mengenai beberapa cara membuat masker lidah buaya tanpa banyak campuran. Namun sebelum itu akan dijelaskan mengenai cara meracik masker lidah buaya tanpa campuran yang paling tepat, yaitu:

  • Siapkan 1-2 batang daun lidah buaya, bersihkan kulitnya dari kotoran.
  • Masukkan daun dalam posisi tegak dalam wadah bersih.
  • Biarkan sekitan 30-60 menit agar cairan kuning atau lateks penyebab gatal keluar semua.
  • Kupas satu sisi daun, lalu kerok gel lidah buaya dengan sendok.
  • Masukkan ke dalam wadah kaca bertutup untuk disimpan dalam kulkas dan digunakan sebagai masker.

Setelah mengetahui cara dasar untuk membuat masker lidah buaya tanpa campuran bahan lain, langkah selanjutnya adalah cara menggunakan masker lidah buaya secara alami yaitu mencampur gel yang dihasilkan dengan bahan alami yang mudah ditemukan sehari-hari, yaitu:

1. Gel lidah buaya dengan susu

Kombinasi gel lidah buaya dengan susu sangat berkhasiat jika ingin mendapatkan wajah yang bersih dan cerah. Cukup dengan mencampur gel lidah buaya dan susu sapi bubuk secukupnya tanpa penambahan air, lalu dioleskan sebagai masker setelah tercampur rata.

2. Gel lidah buaya dengan air perasan lemon

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran adalah lemon atau jeruk nipis. Gel lidah buaya dapat dicampurkan dengan air perasan dari ½ buah lemon atau 1 buah jeruk nipis sampai tercampur rata, lalu bisa diaplikasikan sebagai masker wajah.

3. Gel lidah buaya dengan madu

Gel lidah buaya juga dapat dikombinasikan dengan madu untuk dipakai sebagai masker. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan gel lidah buaya dan madu secukupnya dengan takaran yang sama. Kombinasi dari kedua bahan ini dapat bermanfaat sebagai cara mencerahkan kulit wajah secara alami.

4. Gel lidah buaya dengan kunyit

Campuran antara gel llidah buaya dan kunyit ini ampuh untuk meningkatkan kecerahan kulit, baik dengan kunyit bubuk maupun kunyit segar yang dihaluskan. Seain itu juga dapat mengatasi bruntusan dan jerawat, karena senyawa anti bakteri yang tinggi dalam kedua bahan ini bisa menangkal bakteri penyebab jerawat.

5. Gel lidah buaya dengan air mawar

Air mawar yang menyegarkan kulit dapat dipadukan dengan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah. Campurkan sekitar 1 sendok makan ke dalam gel lidah buaya yang akan digunakan, lalu digunakan sebagai masker bisa membantu membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran atau polusi yang menempel di kulit wajah.

6. Gel lidah buaya dengan pepaya

Masker lidah buaya juga dapat dicampurkan dengan pepaya yang telah dihaluskan. Perpaduan kedua bahan ini sangat direkomendasikan sebagai cara mengatasi kulit kusam dan gelap secara alami karena keduanya kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bisa mencerahkan kulit wajah secara alami.

Demikian beberapa cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran yang bisa dicoba untuk mempercantik kulit wajah. Semoga bermanfaat.