5 Alasan Kenapa Rambut Tidak Bisa Panjang dan Sulit Tumbuh

Rambut normalnya tumbuh sepanjang minimal setengah inci per bulannya. Diantara serbuan iklan produk perawatan rambut, acara televisi, dan iklan media cetak, rambut panjang kerap dielu – elukan di media massa. Rambut panjang tampil sebagai tanda keglamoran dan rambut yang sehat yang diinginkan oleh para wanita namun tidak semua dapat mendapatkannya. Kebanyakan para wanita mengidamkan rambut yang sehat, tebal dan panjang, lalu merasa kurang puas ketika rambut mengalami kesulitan untuk tumbuh bahkan sepertinya pertumbuhan tersebut berhenti.

Mungkin Anda merasa pertumbuhan rambut mengalami kelambatan ketika becermin dan tidak tampak ada perubahan pada panjang rambut, atau ketika mengecat rambut dan akar rambut kembali tampak hanya dalam waktu beberapa minggu kemudian namun rambut Anda tidak tampak memanjang. Mungkin Anda tidak memotong rambut selama berbulan – bulan, tetapi rambut tetap terlihat sama panjang seperti dulu. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat Anda frustasi bahwa entah mengapa rambut Anda sepertinya berhenti tumbuh tidak peduli seperti apa usaha yang dilakukan untuk menumbuhkannya.

Sulitnya Rambut Tumbuh Panjang

Bagi Anda yang ingin memanjangkan rambut namun sepertinya harus menunggu sangat lama karena rambut tampak tidak tumbuh sedikitpun, tentunya sedikit banyak kondisi ini akan membuat frustasi. Untuk memanjangkan rambut dengan lancar, Anda perlu mengetahui penyebab kenapa rambut tidak bisa panjang dan mengatasinya sebelum hendak memanjangkan rambut.

1. Genetika

Setiap orang memiliki siklus pertumbuhan rambutnya sendiri, dan rambut juga memiliki potensi untuk mencapai panjang maksimalnya yaitu panjang rambut maksimal yang bisa dicapai tanpa rusak atau dipotong. Rambut tidak akan berhenti tumbuh ketika sudah mencapai panjang tertentu namun ketika periode tertentu telah dilewati. Fase pertumbuhan rambut sebagian besar ditentukan oleh genetik dan biasanya bertahan antara 2-6 tahun. Fase ini bisa berlangsung lebih cepat bagi ras Kaukasia dan Asia, lebih lambat pada ras keturunan Afrika, dan menyelesaikan siklusnya pada saat yang berbeda – beda, dengan demikian ini adalah penyebab mengapa banyak orang memiliki panjang rambut yang berbeda – beda sepanjang waktu.

2. Kerontokan rambut

Semua orang mengalami rambut rontok dan hal tersebut adalah bagian alami dari proses pertumbuhan rambut. Rambut lama menjadi rontok untuk memungkinkan tumbuhnya rambut baru. Kebanyakan orang merontokkan sekira 100 helai  rambut sehari, yang termasuk cepat digantikan oleh rambut baru. Akan tetapi jika pertumbuhan rambut timbul dalam kecepatan yang lebih lambat daripada rontoknya, maka rambut akan perlahan menjadi menipis. Jika hal ini berlanjut, misalnya rambut yang rontok telah bertambah tanpa pengganti yang memadai, salah satu penyebab kenapa rambut tidak bisa panjang. Rambut yang rontok bukan saja karena lepas dari akarnya, namun juga bisa disebabkan karena rapuh dan mudah patah. Menggunakan bahan kimia pada rambut merupakan salah satu penyebab utama mengapa rambut menjadi rusak. Anda dapat menggunakan cara alami mengatasi rambut rontok yang akan memecahkan penyebab rambut rontok tiba – tiba dan parah.

3. Rambut bercabang

Rambut bercabang adalah kondisi dimana ujung rambut terbelah menjadi dua cabang atau lebih karena rambut tidak mendapatkan nutrisi cukup untuk tumbuh panjang dan sehat. Hasilnya belahan di rambut akan menjadi semakin tinggi dan membuat rambut Anda terkesan berhenti di panjang tertentu. Jika rambut sudah bercabang, Anda dapat memotongnya dan mencegah hal tersebut kembali terjadi di masa datang. Membiarkan rambut bercabang hanya akan membuatnya semakin parah, membuat rambut menjadi semakin rapuh dan mudah patah, bahkan menjadi alasan kenapa rambut tidak bisa panjang. Hindari melakukan bleaching pada rambut atau melakukan penataan secara berlebihan, mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar, dan hindari semua perlakuan berlebihan pada rambut yang bisa menjadi penyebab rambut bercabang. Lakukan cara mengatasi rambut bercabang dengan benar, misalnya menggunakan cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya.

4. Usia

Pertambahan usia membawa resiko untuk melemahkan rambut seseorang, termasuk jika selama bertahun – tahun rambut itu kerap ditata dan diberi warna atau terekspos bahan kimia secara berlebihan. Ketika kita bertambah usia, rambut akan tumbuh dalam waktu yang lebih singkat sebelum memasuki fase istirahat dan pada akhirnya akan rontok untuk memberi ruang bagi rambut baru.  Produksi minyak alami di rambut cenderung akan menurun di usia 45 tahun sehingga rambut akan lebih mudah kering , tampak lebih kasar dan mudah rusak. Kurangi pemakaian bahan kimia pada rambut untuk cara mencegah penuaan dini dan tips mencegah penuaan dini.

5. Diet

Menu makanan sehari – hari dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan masalah rambut yang serius. Sangat penting untuk memiliki tingkat ferritin, zinc, dan vitamin B12 yang layak untuk mempertahankan panjang rambut yang diinginkan dan kualitas rambut. Zat besi dan protein yang mencukupi diperlukan untuk kekuatan rambut dan mencegah kekeringan dan rambut patah. Kekurangan ferritin bisa menyebabkan rambut keluar dari fase pertumbuhannya dan rontok terlalu cepat. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga bisa memiliki efek terhadap pertumbuhan rambut, misalnya menjadi penyebab rambut mati. Jika kondisinya seperti ini, Anda perlu melakukan cara menghilangkan rambut mati secara alami dengan benar.

Alasan kenapa rambut tidak bisa panjang juga bisa disebabkan karena pengobatan yang sedang dijalani. Jika Anda sedang berada di bawah pengobatan tertentu, bicarakan dengan dokter mengenai pengaruhnya yang berupa pertumbuhan rambut yang melambat atau tampak berhenti sama sekali. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter apabila tidak satupun penyebab diatas berhubungan dengan kondisi Anda. Berkonsultasi dengan dokter selalu berguna untuk menemukan kelainan apapun yang mungkin saja berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang stagnan. Memperhatikan bagaimana cara Anda merawat rambut sehari – hari juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut, karena itu usahakanlah untuk merawat rambut Anda dengan benar dan tepat.