7 Cara Menghilangkan Rambut Mati Secara Alami

Di setiap helai rambut memiliki 3 buah lapisan yakni serat dalam yang dinamakan medula, lapisan tengah yang disebut dengan korteks yang mengelilingi medula dan juga lapisan luar yang dinamakan kutikula untuk melindungi rambut dari kerusakan. Apabila lapisan terluar rambut yakni kutikula mengalami kerusakan, maka rambut menjadi kering, kusam, teksturnya rapuh dan kasar, bercabang atau pecah pecah, kulit kepala menjadi gatal, kusut dan mudah patah yang semuanya ini dikenal dengan istilah rambut mati.

Kerusakan pada rambut bisa terjadi karena berbagai penyebab, namun penyebab paling umum adalah karena terlalu banyak mencuci rambut, mengkonsumsi alkohol, shampo yang terlalu keras, berenang di air yang mengandung khlorin, gesekan sarung bantal kain katun, cuaca panas dan kering serta penggunaan alat penataan rambut panas seperti catok atau hair dryer serta beberapa kondisi medis tertentu. Memotong rambut adalah cara terbaik untuk menyingkirkan rambut mati, akan tetapi masih ada beberapa cara menghilangkan rambut mati secara alami yang bisa anda lakukan seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Minyak Zaitun

Selain banyak manfaat minyak zaitun untuk bibir, minyak zaitun juga sangat baik digunakan untuk mengatasi rambut mati. Dalam minyak zaitun mengandung asam lemak, beberapa jenis antioksidan serta vitamin E yang berguna untuk memperbaiki lapisan rambut rusak dengan cara menyegel kutikula dan melindungi rambut dari kerusakan lebih parah.

  • Oleskan minyak zaitun yang sudah dihangatkan dalam microwave pada kulit kepala dan rambut sampai merata.
  • Pijat rambut kulit kepala selama beberapa menit dan bungkus dengan handuk hangat.
  • Diamkan selama 30 menit atau lebih bagus lagi selama 1 malam dan gunakan cara ini 1 minggu sekali.
  • Cara kedua adalah dengan mencampur 1/4 cangkir minyak zaitun dengan 1/2 cangkir madu lalu hangatkan dan oles pada rambut.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat dan lakukan 1 sampai 2 kali seminggu.
  1. Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk rambut memang sudah dikenal sejak lama. Dalam buah alpukat mengandung banyak vitamin, lemak, protein, minyak alami dan juga asam lemak esensial yang sangat baik digunakan untuk rambut rusak dan mati. Alpukat akan memberikan kelembutan ekstra pada rambut dan menjaga rambut agar terhidrasi dengan baik sekaligus mencegah kerusakan berikutnya.

  • Siapkan 1 buah alpukat matang lalu haluskan bersama dengan 2 sendok teh minyak zaitun sampai benar benar halus.
  • Oleskan campuran ini secara merata pada rambut dan diamkan selama 60 menit lalu bilas sampai bersih.
  • Cara kedua, haluskan 1 buah alpukat matang dengan 1 kuning telur dan sedikit santan sampai membentuk pasta tipis.
  • Oleskan pada rambut dan pijat selama 5 menit memakai gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hangat dan sampho ringan. Lakukan 1 kali dalam seminggu.
  1. Kuning Telur

Manfaat telur untuk rambut tidak hanya bisa didapat dari putih telur, namun kuning telurnya juga sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut. Telur memiliki banyak nutrisi yang bisa mengatasi banyak masalah rambut mati. Dalam kuning telur mengandung protein tinggi, mineral dan juga asam lemak esensial yang akan menutrisi setiap helai rambut. Selain itu, enzim yang terdapat dalam kuning telur juga akan bekerja sebagai pembersih kulit kepala dan rambut secara alami.

  • Kocok lepas 1 butir telur dan oleskan di rambut dan pijat selama beberapa saat.
  • Bungkus dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Cara kedua, kocok 2 kuning telur dengan 1/2 cangkir yogurt dan 2 sendok makan minyak almond sampai lembut.
  • Oleskan pada rambut dan pijat dengan lembut dan bungkus dengan handuk selama 30 menit dan bilas sampai bersih.
  1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera juga menjadi bahan alami yang sangat baik untuk memperbaiki struktur rambut yang rusak parah. Sifat humektan yang terdapat dalam lidah buaya akan memberikan efek menenangkan batang rambut. Sementara enzim, asam amino, vitamin C dan vitamin E dalam lidah buaya sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah rambut yang rusak parah. Selain itu, cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya juga menjadi salah satu kelebihan dari tanaman berkhasiat yang juga bisa anda gunakan.

  • Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala serta rambut mati dan biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.
  • Cara kedua, campur 4 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok minyak kelapa dan 3 sendok makan yogurt tawar.
  • Oleskan campuran ini pada rambut dan diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih dengan shampo ringan dan lakukan 1 minggu sekali.
  1. Minyak Kelapa

Manfaat buah kelapa untuk kecantikan bisa didapat dengan memanfaatkan santan kelapa, air kelapa bahkan sampai ampas dari kelapa parut. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang memiliki nutrisi tinggi dan baik digunakan untuk masalah rambut mati. Kandungan dalam minyak kelapa sangat mudah meresap sampai ke bagian dalam batang rambut dan mencegah kerusakan pada kutikula serta menyehatkan rambut secara menyeluruh.

  • Pijat kulit kepala setiap hari atau setidaknya 3 kali seminggu selama 5 menit dengan minyak kelapa murni yang sudah dihangatkan.
  • Diamkan selama 1 malam dan cuci bersih esok pagi.
  • Cara kedua, campur 3 sendok makan minyak kelapa hangat dengan 1/4 cangkir madu dan oleskan pada rambut basah.
  • Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas bersih dengan air hangat dan lakukan 1 sampai 2 kali seminggu.
  1. Pisang

Buah pisang menjadi buah baik untuk mengatasi kerusakan parah pada rambut karena mengandung kalium tinggi, vitamin fortifikasi, minyak alami dan kadar air tinggi yang akan melembutkan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, anda bisa menggunakan cara membuat masker pisang tanpa campuran untuk masalah rambut mati ini.

  • Haluskan 1 buah pisang matang dan oles secara merata ke rambut mati dan diamkan selama 1 jam baru bilas bersih dengan air hangat.
  • Cara kedua, campur 2 pisang matang dengan 1 sendok minyak kelapa, madu dan minyak zaitun sampai halus dan lembut.
  • Oleskan pasta tersebut pada rambut dan biarkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.
  1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu tidak hanya bisa digunakan sebagai cara menumbuhkan alis yang rontok, namun juga efektif untuk mengatasi rambut mati. Kembang sepatu tidak hanya menjadi bunga cantik yang bisa menghiasi rumah anda, namun juga berguna untuk meningkatkan proses pertumbuhan rambut yang rusak. Hibiscus atau kembang sepatu akan menyegel kutikula rambut dengan kelembaban alami yang dihasilkan dari kembang sepatu sekaligus menambah kilau pada rambut dan mengatasi segala macam masalah rambut mati.

  • Panaskan 1 cangkir minyak kelapa dan 10 kembang sepatu sampai hangus atau gosong.
  • Saring dan biarkan sampai dingin lalu gunakan sebagai minyak rambut.
  • Lakukan pemijatan ringan pada kulit kepala selama beberapa menit dan diamkan selama 30 menit lalu cuci sampai bersih.
  • Cara kedua, haluskan kelopak dari 4 kembang sepatu dan tambahkan sedikit air.
  • Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bilas bersih dengan air hangat dan lakukan 2 kali seminggu.

Beberapa cara menghilangkan rambut mati secara alami yang sudah kami berikan terbukti ampuh untuk mengembalikan kesehatan rambut dan menjaga rambut dari kerusakan di kemudian hari. Pastikan untuk melakukan beberapa cara diatas dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.