7 Alasan Kenapa Rambut Gatal Sekali Setelah Keramas

Pastinya Anda pernah melihat orang yang kerap menggaruk rambutnya, bahkan mungkin kebiasaan tersebut juga Anda lakukan. Terkadang, menggaruk kepala bukanlah merupakan pertanda rambut gatal, melainkan karena seseorang sedang berpikir mengenai sesuatu yang serius. Sementara orang lain mungkin saja menggaruk hanya karena rambutnya gatal. Kebanyakan orang pernah mengalami rambut yang gatal, yang menimbulkan keinginan menggaruk.

Sedikit rasa gatal di kepala di sana sini sesekali bukanlah merupakan suatu hal yang perlu dicemaskan, walaupun sedikit mengganggu. Akan tetapi jika rambut terasa sangat gatal, Anda bukan saja akan merasa tidak nyaman namun hal tersebut merupakan pertanda bahwa rambut memiliki masalah. Kondisi rambut yang gatal bisa sangat mengganggu, khususnya jika rasa gatal tersebut sangat buruk sehingga Anda sulit beraktivitas tanpa ingin menggaruk setiap saat. Timbulnya rasa gatal berlebihan di rambut tidak pernah menjadi suatu pertanda yang baik, melainkan merupakan tanda bahwa kulit kepala Anda bermasalah.

Penyebab Gatalnya Rambut

Mengetahui alasan kenapa rambut gatal sekali bisa jadi lebih menjengkelkan daripada menggaruk, karena Anda harus menggali lumayan jauh ke akar masalahnya untuk dapat mengatasi rasa gatal berlebihan tersebut. Namun ketika sudah mengetahui penyebabnya yang mendasar, Anda akan mudah untuk menentukan perawatan yang efektif dan terbukti untuk mengatasinya. Anda dapat mengetahui penyebabnya dengan mengenali tipe kulit kepala, gejala – gejala sekunder yang timbul dan mengenali bahaya potensial pada rutinitas perawatan rambut Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa rambut gatal sekali, antara lain:

1. Ketombe atau Seborrheic Dermatitis

Ketombe adalah penyebab paling umum dari kulit kepala yang teriritasi, gatal dan mengelupas. Ketombe juga paling sering disebut ketika mengalami masalah kulit kepala dan yang paling tersedia pengobatannya. Jika ketombe adalah penyebab kenapa rambut gatal sekali, Anda memiliki banyak pilihan untuk merawatnya dengan berbagai produk yang tersedia di pasaran. Ketombe yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur malassezia disebut seborrheic dermatitis, dimana gejalanya berupa kulit yang berminyak dan terjadi pada kulit kepala yang berminyak juga.

2. Reaksi alergi

Jika Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif dan mempunyai sejarah bahwa kulit kepala pernah bereaksi terhadap produk perawatan kulit , mengalami intoleransi atau alergi terhadap makanan, atau menderita asma, maka besar kemungkinan kenapa rambut gatal sekali disebabkan oleh alergi. Beberapa tipe kulit kepala secara alami lebih sensitif daripada yang lainnya. Banyak bahan iritan dapat ditemukan di dalam sampo, hair spray dan produk penata rambut. Misalnya pewangi buatan yang merupakan sumber alergi yang mudah menyerap ke dalam kulit.

3. Kutu rambut

Kutu rambut merupakan serangga kecil yang melekatkan dirinya pada rambut, bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Kutu bisa dilihat dalam bentuk telur atau kutu dewasa di helaian rambut. Telur kutu bisa saja salah dikira ketombe, namun telur kutu tidak mudah diambil atau rontok dengan sendirinya karena melekat di helaian rambut dengan kuat. Resiko terkena kutu rambut ada bagi semua orang, terlebih jika berdekatan dengan anak usia sekolah. Perhatikan ciri – ciri rambut berkutu dengan seksama untuk menghindari penularan atau  kutu berkembang biak semakin banyak. Kutu rambut sangat menular melalui pemakaian barang bersama, terutama yang digunakan pada kepala dan juga dapat bergerak sangat cepat dari antar kepala manusia yang berdekatan atau melakukan kontak langsung, misalnya tidur di satu kasur atau saling menyentuhkan kepala.

4. Scabies

Scabies adalah investasi dari kutu scabies yang hidup di bawah kulit manusia, dimana mereka bertelur dan menyimpan telurnya di bawah lapisan kulit paling atas. Kutu ini bisa menular dari orang yang sudah terinfeksi lebih dulu. Pada orang dewasa, scabies umumnya terjadi karena kontak seksual, walaupun tidak menutup kemungkinan penularan tanpa kontak seksual juga.  Kadang penularan terjadi pada kerumunan orang, dalam satu lingkungan rumah, tempat penitipan anak, dan lain sebagainya.

5. Penyakit kulit

Rambut yang gatal atau penyebab kulit kepala gatal juga bisa disebabkan karena peradangan kulit seperti eksim, dan psoriasis. Kondisi ini bisa muncul ketika sistem imun tubuh sedang bermasalah dan menyebabkan petak merah yang gatal dan mengelupas. Psoriasis tampak mirip dengan ketombe namun biasanya lebih tebal dan merah, dan bisa diatasi dengan cara yang sama seperti ketombe. Dokter biasanya akan merekomendasikan obat steroid topikal, vitamin D, dan lain sebagainya.

6. Kulit kepala kering

Penyebab rambut gatal bisa juga disebabkan oleh cuaca, yang bisa menjadi penyebab rambut gatal selain kutu. Iklim musim dingin juga bisa menyebabkan udara menjadi kering dan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Jika Anda mengalami kulit kepala gatal pada musim dingin, Anda bisa mencoba pelembab rambut atau hair mask yang digunakan seminggu sekali. Cara mengatasi kulit kepala gatal karena kering bisa dilakukan dengan shampo untuk kulit kepala gatal yang banyak tersedia di pasaran.

7. Kotoran dan keringat

Ketika rambut tidak dicuci dengan benar, minyak alami, kotoran dan residu produk yang tertinggal di kulit kepala dan akar rambut akan menyebabkan gatal dan keinginan untuk menggaruk. Kulit di kepala mirip dengan kulit wajah dan perlu dibersihkan dengan teratur, setidaknya setiap dua kali sehari. Jika rambut Anda terlalu kering untuk frekuensi tersebut, Anda bisa berfokus untuk mencuci akarnya saja agar kotoran dan debu bisa dibersihkan. Anda juga dapat mencoba hair tonic untuk kulit kepala gatal.

Pada sebagian besar waktu, kenapa rambut gatal sekali bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan ada saat – saat dimana rasa gatal tersebut mengindikasikan sesuatu yang lebih serius. Anda perlu menemui dokter jika pemakaian sampo biasa tidak membuat perubahan apapun, gatalnya membuat Anda terjaga ketika malam hari dan mempengaruhi pekerjaan atau kegiatan sehari – hari, ada kutu atau telur kutu di rambut, dan area gatal menjadi sangat perih jika disentuh. Jika Anda mengalami gatal di kepala yang terus menerus, lebih bijak jika segera menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya.