8 Cara Merawat Kulit Kepala Sensitif dengan Mudah

Cara merawat kulit yang sensitif dibutuhkan perawatan yang khusus. Bahan dan produk yang digunakan harus dipilih dengan teliti, harus menghindari kebiasaan atau kandungan penyebab kulit sensitif, dan melakukan perawatan jika kulit sensitif terjadi masalah, ketiga hal itu menjadi hal yang harus sangat diperhatikan.

Bagian tubuh yang sering mengalami keluhan sensitif adalah kulit kepala. Kulit kepala sensitif merupakan perluasan dari konsep kulit sensitif pada area anatomi lainnya seperti di wajah dan juga membutuhkan banyak perhatian dan perawatan.

Kulit kepala yang sensitif dapat dengan mudah diperparah dan dapat menyebabkan berbagai masalah lain seperti ketombe, kemerahan, gatal, dan sebagainya.

Penyebab kulit kepala sensitif cukup banyak, diantaranya seperti reaksi alergi, kulit rusak atau kering, dan bahkan faktor lingkungan.

Panas atau dingin yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lemah dan rusak. Sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi kulit kering.

Pola makan yang buruk, polusi, stres, bahan kimia keras dalam pewarna rambut juga merupakan beberapa penyebab kulit kepala yang lembut.

Kemudian keramas juga sering merupakan faktor predisposisi penting untuk sensitivitas kulit kepala, yang dapat disebabkan oleh gangguan fungsi penghalang akibat kehilangan air trans epidermal yang berlebihan.

Untuk dapat melakukan perawatan pada kulit kepala yang sensitif, berikut ini ada beberapa cara yang dapat diterapkan : 

1. Pilih Produk Untuk Rambut Dengan Teliti

Cara yang pertama untuk melakukan perawatan yang terbaik untuk kulit kepala yang sensitif adalah dengan memilih produk rambut yang digunakan dengan teliti.

Mengingat rambut menjadi anggota tubuh yang penting bagi beberapa orang, tentu akan dilakukan banyak perawatan dengan produk-produk tertentu guna mempercantik rambut.

Seseorang dengan kulit kepala yang sangat sensitif harus menggunakan sampo ringan. Jika tidak, bahan-bahan keras dapat membuat kulit kepala kering dan rambut rapuh dengan menghilangkan minyak alaminya.

Hindari produk penataan rambut yang mengandung alkohol. Pelunakan air penting jika tinggal di daerah yang menerima air sadah.

Sebagai gantinya, gunakan sampo anti-inflamasi dan pelembab yang mengandung ekstrak buah dan akar untuk mengobati gatal dan iritasi.

Karena sampo merupakan produk yang paling sering digunakan, maka harus benar-benar teliti ketika membeli sampo dan pastikan kandungan dalam sampo tersebut aman untuk kulit sensitif. 

2. Hindari Menggunakan Pengering Rambut

Cara yang kedua untuk melakukan perawatan yang tepat untuk kulit kepala sensitif adalah dengan menghindari menggunakan pengering rambut yang cukup sering.

Bagi pemilik kulit kepala sensitif akan lebih baik untuk membiarkan rambut yang basah menggerainya sehingga dapat kering dengan sendirinya.

Mengeringkan rambut tebal terutama di musim dingin bisa jadi menantang. Lebih baik jika mengeringkan rambut dengan udara jika memiliki kulit kepala yang sensitif. 

Karena pengering rambut mengeluarkan panas kering yang terkonsentrasi, hal itu dapat mengeringkan kulit kepala, yang menyebabkan rasa sakit dan bahkan kerusakan pada kulit kepala.

Luangkan waktu untuk mengeringkan rambut secara alami setidaknya seminggu sekali. Jika tidak dapat sepenuhnya menghilangkan pengering rambut, cobalah pengeringan sebagian. Jadi gunakan sebentar pengering rambut, kemudian jika rambut masih setengah basah biarkan hingga kering sendiri.

3. Melembabkan Untuk Menghindari Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kering akan menjadi penyebab utama masalah yang semakin serius pada kulit kepala yang sensitif. Oleh karena itu cara perawatan terhadap kulit kepala sensitif yang selanjutnya adalah dengan cara melembabkan kulit kepala agar kulit kepala tidak kering. 

Lebih sering daripada tidak, sensitivitas kulit kepala diperparah oleh kurangnya kelembaban. Kulit kepala yang kering dan terkelupas dapat diatasi dengan minum banyak cairan atau air putih dan melembabkan kulit kepala. 

Selain menjalani deep conditioning secara teratur, cara juga harus dilakukan yakni dengan menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang melembabkan kulit kepala secara mendalam. Pilih kandungan pada produk perawatan rambut yang mengandung bahan pelembab.

4. Gunakan Bahan Alami Untuk Kulit Kepala

Untuk orang-orang dengan rutinitas penataan atau pewarnaan rambut yang teratur, perlu untuk beristirahat secara teratur pada kulit kepala.

Seiring waktu, perawatan penataan rambut dapat menyebabkan iritasi akibat penumpukan produk. Dalam hal ini dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk kulit kepala yang sensitif.

Ada sejumlah herbal dan minyak esensial sebagai bahan alami yang dapat menenangkan kulit kepala yang sensitif dan kurang gizi.

Cuka sari apel efektif untuk mereka yang memiliki rambut keriting. Bubur lidah buaya dikenal untuk menenangkan kulit kepala yang gatal dan mengobati luka bakar.

Bahan alami berikutnya yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan pada kulit kepala yang sensitif adalah dengan manfaat oatmeal.

Salah satu bahan ini terkenal ampuh untuk membantu meredakan iritasi dan gatal-gatal serta iritasi pada kulit. Lemak sehat yang terkandung dalam bahan ini memiliki ph seimbang yang cocok untuk membersihkan kulit kepala. 

Bahan selanjutnya ada tea tree oil. Bahan satu ini terbuat dari getah pohon teh sudah dikenal sebagai bahan alami yang berkhasiat sebagai antiseptik dan anti-inflamasi untuk kulit yang berjerawat. Kandungan dalam tea tree oil sangat baik untuk membunuh bakteri dan jamur yang menjadi pemicu munculnya ketombe.

5. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Untuk perawatan terhadap kulit kepala yang sensitif selanjutnya adalah dengan menggunakan produk shampo anti ketombe. Ketombe adalah keluhan umum yang mempengaruhi tempat-tempat di kulit kepala di mana minyak alami terkumpul.

Ketombe sebagian besar disebabkan oleh Malassezia, yakni jamur berbahaya yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Dan jika jamur ini tidak diobati, hal itu bisa memperburuk kulit kepala yang sudah sensitif. Sehingga akan sangat dianjurkan untuk menggunakan shampo anti ketombe pada pemilik kulit kepala yang sensitif.

6. Hindari Menggunakan Produk yang Keras

Cara berikutnya untuk melakukan perawatan terhadap kulit kepala yang sensitif yakni dengan cara menghindari menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan yang keras. Untuk melakukan hal ini perlu dilakukan pertimbangan terhadap kandungan produk rambut sebelum digunakan.

Tidak semua sampo dirancang untuk perawatan kulit kepala yang sensitif. Reaksi terhadap sampo dan kondisioner rambut yang keras juga berkontribusi pada sensitivitas.

Kebanyakan dari sampho dengan kandungan bahan keras ini mengintensifkan masalah rambut dengan membuat kulit kepala ekstra kering, sehingga dapat memperparah kulit kepala yang sensitif..

7. Hindari Mandi Dengan Air Panas 

Cara selanjutnya yang dapat diterapkan untuk melakukan perawatan terhadap kulit kepala yang sensitif yakni dengan cara menghindari mandi dengan air panas.

Meskipun mandi dengan air panas menenangkan dan membuat rileks, namun hal ini dapat  sangat berbahaya bagi kulit kepala yang sensitif. 

Air panas menghilangkan kelembapan dari kulit, menambah kekeringannya. Hal ini disebut TEWL v (kehilangan air trans epidermal).

Untuk kulit kepala yang sensitif, mandi dengan air panas hanya akan memperburuk kondisi dengan rasa seperti tertusuk-tusuk, terbakar atau kesemutan pada kulit kepala. Kurangi suhu air atau sebaiknya gunakan air yang bersuhu ruangan.

8. Jangan Menggaruk Menggunakan Benda Tajam

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan yang tepat terhadap kulit kepala yang sensitif adalah dengan tidak menggunakan benda tajam ketika menggaruk kulit kepala.

Terkadang rasa gatal ini wajar dialami oleh pemilik kulit kepala yang sensitif, tetapi akan sangat berbahaya jika menggaruknya dengan sembarangan.

Menggunakan benda tajam untuk menggaruk kulit kepala yang gatal dapat memiliki efek berbahaya pada rambut terutama jika memiliki kulit kepala yang sensitif. Akan lebih baik jika gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan dan hindari menyisirnya saat basah. 

Hindari penggunaan pengering rambut yang berlebihan karena dapat mencuri kelembaban alami dari kulit kepala. Akan selalu menjadi yang terbaik untuk membiarkan rambut kering secara alami sesekali.

Sensitivitas kulit kepala dapat bervariasi sesuai dengan karakteristik kulit kepala tetapi jelas lebih sering dan intens pada pasien dengan kulit kepala yang dipenuhi ketombe.

Salah satu cara terbaik untuk perawatan pada kulit kepala yang sensitif adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe.

Dalam melakukan perawatan terhadap kulit kepala yang sensitif diperlukan perawatan khusus beserta produk-produk khusus pula. Jangan lupa untuk juga menghindari kebiasaan dan kandungan produk yang dapat membahayakan kulit kepala yang sensitif.