6 Produk Skincare Kulit Wajah Berminyak

Minyak merupakan salah satu hal yang penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi, kulit yang memproduksi minyak secara berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan menimbulkan jerawat. 

Kulit berminyak yang disebabkan oleh faktor genetik tidak dapat dicegah. Kulit berminyak yang disebabkan karena adanya perubahan hormonal juga susah untuk dilakukan pencegahan. Namin kondisi kulit berminyak dapat diatasi atau dijaga agar kulit tidak menghasilkan minyak yang lebih banyak dengan menggunakan beberapa produk perawatan kulit. 

Berikut beberapa produk perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit berminyak:

1. Biore MakeUp Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear

Biore MakeUp Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear merupakan pembersih wajah yang diformulasikan dengan Japan Smooth Bright Technology yang berfungsi untuk membersihkan sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih yang terdapat di pori-pori. 

Biore MakeUp Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear terbukti aman dan tidak menyebabkan alergi, memiliki formula non-komedogenik, memiliki pH yang sesuai dengan kulit wajah, tidak memiliki kandungan alkohol, pewarna, dan pewangi.

Pembersih wajah ini bekerja dengan mengangkat seluruh kekusaman pada kulit dan menjadikan kulit segar tanpa minyak berlebih dan mencerahkan wajah. 

Biore MakeUp Remover Perfect Cleansing Water Oil Clear dijual dengan harga Rp. 69.700 untuk kemasan 300 ml.

2. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Produk Cetaphil Oily Skin Cleanser merupakan pembersih wajah lembut dengan sedikit kandungan busa yang sangat cocok untuk membantu mengurangi minyak berlebihan pada kulit berminyak tanpa membuat kulit menjadi kering, sehingga efektif dan aman untuk digunakan setiap hari.

Sabun wajah ini memiliki tekstur gel yang cukup kental, namun tetap mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Tekstur gel pada Cetaphil Oily Skin Cleanser sangat cocok untuk kulit berminyak karena kandungan airnya dapat membantu melembabkan kulit tanpa memberikan efek greasy.

Cetaphil Oily Skin Cleanser tidak mengandung alkohol, silikon, dan bahan yang dapat menimbulkan alergi seperti lanolin. Selain itu, sabun wajah ini memiliki pH yang seimbangn dan memiliki kandungan non-komedigenik, sehingga sangat sesuai untuk digunakan bagi individu dengan tipe kulit berminyak. 

Cetaphil Oily Skin Cleanser dalam kemasan 125 ml dijual dengan harga Rp. 123.450

3. Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner 2x

Innisfree Jeju Volcanic Pore Toner 2x merupakan toner yang diformulasikan dengan Jeju Volcanic Cluster & Spheres yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori secara intensif. 

Toner korea selatan untuk kulit berminyak merupakan rangkaian skincare yang digunakan setelah mencuci wajah dan bertujuan untuk membersihkan segala kotoran yang masih tersisa di kulit. Kandungan klaster vulkanik jeju serat komponen sulfur bekerja untuk mengontrol minyak berlebihan dan menjaga kulit agar tidak lengket. 

Produk ini dijual seharga Rp. 253.000 untuk kemasan 200 ml.

4. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% merupakan serum yang menargetkan untuk mengatasi breakout, mengecilkan pori-pori, dan mengatur produksi sebum. 

Serum ini memiliki kandungan niacinamide yang cukup tinggi dan juga zinc, keduanya berperan besar dalam menghilangkan noda dan kemerahan. 

Niacinamide merupakan salah satu bahan baku skincare yang memiliki banyak kegunaan. Niacinamide dapat membantu menghidrasi kulit, melembutkan kulit, menghilangkan noda hitam dan kemerahan sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah. 

Zink juga merupakan zat yang memiliki banyak kegunaan bagi kulit. Zink membantu mengurangi produksi hormon yang bertugas untuk memproduksi minyak berlebihan. Zink juga membantu melembutkan kulit dan mengatasi masalah pada kulit wajah seperti jerawat, eczema, rosacea, dan psoriasis. 

Serum ini dijual dengan harga Rp. 119.000 untuk ukuran 30 ml.

5. Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Memiliki tipe kulit berminyak bukan berarti harus melewati menggunakan moisturizer, karena kulit berminyak juga dapat dehidrasi dan mengakibatkannya menghasilkan minyak yang lebih banyak dan menimbulkan masalah seperti pori-pori tersumbat atau terbentuknya jerawat. Maka, penting untukku tetap menggunakan moisturizer meskipun memiliki tipe kulit berminyak. 

Ketika memiliki kulit yang berminyak, hal yang harus dihindari yaitu penggunaan moisturizer yang terasa berat dan greasy atau berminyak. Menurut para ahli, jenis moisturizer yang baik untuk tipe kulit berminyak yaitu moisturizer dengan formula yang tidak mengandung minyak dan mengandung bahan non-komedogenik.

Neutrogena Hydro Boost Water Gel merupakan moisturizer yang ringan dengan formula gel. Moisturizer ini memiliki kandungan glycerin dan hyaluronic acid yang dapat menghidrasi kulit tanpa perlu emolien yang terlalu berat untuk kulit berminyak.

Produk ini dibandrol dengan harga Rp. 229.000 untuk ukuran 48 g.

6. L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating

L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating Merupakan masker wajah dengan formula utama yaitu British Kaolin Clay atau White Clay yang memiliki tekstur yang cenderung lunak, tidak lumat dan mudah digunakan. White Clay dikenal dengan fungsinya sebagai bahan penyerap yang baik. 

Kemampuan menyerap minyak berlebih pada masker ini menyebabkan kulit terlihat lebih cerah dan halus setelah pemakaian masker L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating. Selain itu, masker ini juga diperkaya kandungan ekstrak lemongrass dan exfoliating beads yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih cerah. 

L’Oreal Paris Pure Clay Mask Illuminating dibanderol seharga Rp. 170.000 untuk kemasan 50 g.