4 Cara Membuat Scrub Kopi Tanpa Minyak Zaitun Untuk Tubuh

Jika Anda adalah seorang pecinta kopi, pastinya di rumah terdapat ampas kopi yang biasanya dibuang bersama kertas penyaringnya. Namun hal itu sebaiknya tidak dilakukan, karena ampas kopi Anda bisa sangat berguna untuk digunakan sebagai scrub kopi. Kopi mengandung banyak antioksidan sehingga secara umum sehat untuk dikonsumsi dalam batas wajar. Tetapi antioksidan tersebut juga sangat berguna untuk kulit Anda. Kafein di dalam kopi juga dapat membantu dalam memperlancar aliran darah, itu sebabnya kafein sering digunakan dalam krim anti selulit dan salep.

Manfaat scrub kopi untuk badan juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan membuatnya lebih bersinar, mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Manfaat – manfaat dari kopi ini sangat berharga terutama jika kulit Anda sering mengalami bergitu banyak stress seperti sinar matahari yang tajam dan cuaca panas. Scrub kopi seringkali menggunakan minyak zaitun untuk membantu melembutkan kulit dan mengikat bahan – bahan lain agar mudah menyatu. Namun jika Anda tidak memiliki minyak zaitun, Anda bisa menggantinya dengan minyak lain seperti minyak kelapa untuk cara membuat scrub kopi tanpa minyak zaitun.

1.Scrub Kopi dan Kayu Manis

Kayu manis sangat baik jika dikombinasikan dengan kopi karena juga dapat mendorong perbaikan sirkulasi darah dan memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur. Jika Anda memiliki luka yang perlu disembuhkan, jangan ragu untuk mengaplikasikan kayu manis. Gunakan kombinasi kedua bahan ini dalam cara membuat lulur kopi juga untuk mendapatkan kulit yang lebih kenyal.

  • Gunakan setengah cup butiran kopi giling yang sudah diseduh, sekitar satu sendok makan kayu manis bubuk, satu pertiga cup gula dan satu pertiga cup minyak kelapa yang sudah dicairkan.
  • Campur semua bahan dalam satu mangkuk lalu aplikasikan dalam shower dengan menggosoknya ke seluruh badan.
  • Gosok sedikit kuat pada area seperti tumit atau lipatan kulit lainnya yang mengalami perubahan warna kulit.
  • Bilas sampai bersih.

2. Scrub Kopi dan Citrus

Mencampur bubuk kopi dengan citrus essential oil sangat baik karena sifat asam dari citrus akan membantu membersihkan kulit dan membantu menghilangkan bakteri dari kulit. Selain itu juga membantu mengatasi keriput dan menghilangkan kelebihan minyak yang mungkin ada pada kulit. Pada saat yang sama, jika Anda memiliki noda hitam yang ingin dihilangkan, maka citrus adalah bahan yang tepat. Manfaat kopi untuk kulit bisa Anda dapatkan dengan cara berikut:

  • Campur setengah cup kopi bubuk seduh dengan setengah cup minyak kelapa yang sudah dicairkan, 1 – 2 tetes minyak esensial lemon, 1 – 2 tetes minyak esensial jeruk (orange) dan satu perempat cup gula apapun.
  • Aduk merata dan gunakan untuk menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati pada tubuh Anda.
  • Gunakan satu telapak tangan penuh scrub ini pada seluruh tubuh mulai dari kaki dan lakukan dalam gerakan melingkar sampai mencapai leher.
  • Biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.

3. Scrub Kopi dan Gula

  • Siapkan satu cup kopi bubuk giling kasar, setengah cup gula palem, satu cangkir minyak kelapa, minyak canola atau minyak grapeseed.
  • Campur semua bahan ke dalam mangkuk dan tambahkan minyak sebagai langkah terakhir.
  • Untuk minyak kelapa sebaiknya dicairkan dulu dalam microwave selama 20 – 30 detik, atau di atas kompor.
  • Aduk rata semua bahan sampai menjadi adonan kasar ketika melakukan cara membuat scrub kopi tanpa minyak zaitun.
  • Gunakan sikat mandi atau tangan Anda untuk menggosokkan scrub ke kulit dengan gerakan melingkar dan pijatan lembut.
  • Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.
  • Anda bisa melakukan cara membuat scrub kopi tanpa minyak zaitun ini sebanyak dua kali seminggu. Anda dapat melakukan cara memutihkan lutut dengan scrub gula dan kopi ini.

4. Scrub Kopi dan Green Tea

Scrub kopi ini memiliki sifat terapeutik karena manfaat lulur green tea mengandung antioksidan yang sangat berguna bagi kulit. Sementara garam epsom tidak hanya mengatasi peradangan tetapi juga meringankan otot yang sakit dan lelah. Menggunakan scrub ini juga bisa mengatasi masalah bau kaki.

  • Siapkan setengah cup kopi bubuk giling, tiga sendok teh garam epsom, dua sendok teh baking soda, satu kantong teh hijau dan empat sendok makan minyak jojoba.
  • Seduh teh dan campur semua bahan kecuali teh dan minyak dalam satu mangkuk. Tambahkan teh dan minyak jojoba untuk menyesuaikan kekentalan larutan.
  • Campur sampai rata dan aplikasikan ke seluruh tubuh.
  • Pijat selama 10 – 15 menit dan biarkan hingga 10 menit lagi, lalu bilas dengan air.

Cara membuat scrub kopi tanpa minyak zaitun juga bisa Anda lakukan dengan mengganti bahan dasar minyak tersebut. Anda bisa mengganti minyak dengan madu atau lidah buaya. Manfaat madu untuk kulit Anda sangat berguna karena dapat membersihkan dengan lembut tanpa mengeringkan atau menyedot minyak alami dari kulit Anda. Madu juga baik untuk semua jenis kulit dan membuat kulit menjadi lembut, lembap serta halus. Menggunakan madu murni memiliki semua sifat antibakteri alami yang membuatnya sangat baik untuk kulit rentan berjerawat. Madu juga mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat membantu memperlambat tanda – tanda penuaan, menutrisi dan melindungi kulit.

Cara membuat scrub kopi tanpa minyak zaitun juga bisa Anda lakukan dengan manfaat lidah buaya untuk kulit  sebagai bahan pengganti. Lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C juga memiliki sifat anti radang yang bisa membantu merawat jerawat dan kulit kering. kandungan enzim dalam aloe vera dapat menjadi bahan eksfoliasi lembut bagi kulit dan bisa mencegah kerut dan garis halus di wajah menjadi semakin dalam.  Walaupun Anda bisa menggunakan ampas kopi, namun sebaiknya gunakan kopi bubuk giling segar dan asli untuk hasil yang lebih maksimal.