10 Manfaat Lulur Green Tea Untuk Tubuh dan Wajah

Lulur green tea yang terbuat dari daun camellia sinensi memiliki banyak variasi berdasarkan cara penanaman, proses dan juga waktu panen. Tidak seperti teh hitam, dalam pembuatan teh hijau tidak mengalami proses oksidasi sehingga rasa dan kandungan nutrisi dalam green tea lebih berbeda seperti tingginya kandungan epigallocatechin gallate, katekin dan jenis antioksidan lainnya. Tidak hanya bermanfaat untuk diminum, namun ada begitu banyak manfaat green tea baik diterapkan langsung pada kulit atau digunakan sebagai bahan pembuatan lulur seperti manfaat lulur green tea yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Kompleksi Kulit

Antioksidan dalam green tea atau manfaat teh hijau untuk wajah sangat baik untuk merangsang sirkulasi sekaligus melancarkan aliran oksigen menuju kulit sehingga corak dan warna kulit tidak merata bisa diatasi sekaligus membuat kulit terlihat lebih segar.

  1. Anti Penuaan

Epigallocatechin gallate merupakan jenis antioksidan kuat yang bisa menetralisir radikal bebas penyebab stres oksidatif dan menjadi penyebab timbulnya bintik penuaan, kerutan dan juga berbagai tanda penuaan dini yang semuanya bisa teratasi dengan menggunakan lulur green tea yang menjadi pilihan terbaik sebagai tips mencegah penuaan dini. Sedangkan katekin EGCG bisa mengaktifkan kembali sel kulit yang sudah mati untuk menyembuhkan sel, keriput, bintik bintik terkait usia dan juga kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Toner dan Pelembab Kulit

Menggunakan lulur green tea secara teratur pada wajah dan juga kulit yang kering dan meradang sangat ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus mengurangi peradangan dan membuat kulit terlihat lebih lembut yang bahkan baik digunakan sebagai pelembab untuk kulit sensitif.

  1. Mengatasi Jerawat

Antioksidan dan sifat anti bakteri dalam lulur green tea sangat ampuh untuk mengurangi rasa gatal, cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat, iritasi jerawat dan juga mengeluarkan berbagai racun pada kulit penyebab kulit kusam, kering dan tidak bercahaya.

  1. Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Lulur green tea juga berfungsi sebagai sunscreen alami yang bisa mencegah radikal bebas, cara menghilangkan kulit mati di wajah yang disebabkan karena terbakar sinar matahari atau ruam.

  1. Memiliki Sifat Antibakteri dan Antiradang

Lulur green tea mengandung antioksidan dan sifat lain yang bisa melawan peradangan dan bakteri. Dari Journal of American Medical Association Dermatology yang bisa memberikan efek anti inflamasi dan anti karsinogenik untuk mengatasi segala gangguan kulit sehingga lulur green tea sangat baik digunakan secara teratur pada kulit.

  1. Merawat Kulit Berminyak

Tanin yang terkandung dalam lulur green tea bertindak sebagai astringen untuk mengecilkan pori pori sekaligus mengurangi produksi sebum yakni minyak alami kulit oleh kelenjar di setiap pori. Lulur green tea menjadi salah satu solusi terbaik untuk cara merawat kulit berminyak terlalu berlebih dan sebum hingga mencapai 70%.

  1. Mengatasi Komedo

Lulur green tea yang digunakan secara topikal ini tidak hanya bisa mengatasi jerawat ringan hingga sedang namun jika diaplikasikan sebanyak dua kali sehari selama 6 minggu juga bisa mengurangi lesi hingga 58% dan menurunkan tingkat keparahan jerawat hingga 39%. Sedangkan sifat antimikroba, antioksidan dan astringen dalam lulur green tea juga sangat efektif untuk cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang termasuk perawatan kulit hemat biaya.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Lulur green tea juga bisa digunakan untuk mengangkat sel sel kulit mati karena tekstur lulur ini yang sedikit abrasif sekaligus menghilangkan minyak berlebih dan polutan, membersihkan dan memperbarui tekstur kulit di lapisan bawah.

  1. Mengatasi Psoriasis

Kulit kering dan bersisik juga bisa diatasi dengan manfaat teh basi untuk wajah dan juga lulur green tea karena kandungan bahan aktif dalam lulur yang sangat penting untuk mengatasi gangguan kulit tersebut. Dalam sebuah studi juga menunjukkan jika produk perawatan kulit yang terbuat dari green tea seperti lulur juga bahkan bisa digunakan untuk mengatasi tanda penyakit radang pada hewan dan tentunya juga sangat penting bagi manusia.

Manfaat lulur green tea sangat baik digunakan sebagai perawatan kulit agar memastikan kulit tetap dalam keadaan sehat dan terawat. Antioksidan dan katekin yang terdapat dalam lulur green tea ini menjadi salah satu perawatan kulit terbaik yang cukup murah namun bisa memberikan dampak positif yang sangat besar untuk kulit.