6 Cara Memutihkan Kembali Kulit yang Terbakar Sinar Matahari Dengan Praktis

Aktivitas di luar ruangan akan berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu dampaknya yaitu kulit terbakar sehingga kulit akan berubah warna menjadi hitam, kering dan kusam. Tentu hal ini menjadi masalah besar untuk para wanita, karena akan mengurangi rasa percaya diri.

Kulit terbakar akibat sinar matahari sebenarnya bisa anda atasi dengan mudah. Tidak perlu perawatan atau menggunakan produk mahal, karena anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan cara alami dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, untuk anda yang mengalami permasalahan kulit terbakar akibat sinar matahari, untuk kembali memutihkan kulit anda bisa simak cara memutihkan kembali kulit yang terbakar sinar matahari di bawah ini.

1. Mandi Teratur

Mandi dapat menjaga kebersihan tubuh dan menjadi salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami akibat paparan sinar matahari. Kulit hitam akibat sinar matahari sudah menjadi hal yang biasa, terlebih lagi jika anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Meskipun begitu bukan berarti jika kulit anda tidak bisa kembali putih seperti sedia kala.  Disarankan untuk mandi minimal dua  kali sehari dengan menggunakan sabun yang dapat memutihkan kulit.  Sabun yang dikhususkan untuk kulit biasanya mengandung susu yang banyak dibandingkan sabun yang lainnya. Untuk bagian wajah, anda bisa menggunakan  facial foam. Sesekali anda bisa membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang mengandung scrub agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.  Hanya saja, jangan terlalu sering mandi atau mencuci wajah karena akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, disarankan untuk selalu mencuci wajah setelah melakukan aktivitas di luar ruangan setelah kulit didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

2. Aplikasikan Lotion

Perawatan lainnya yang  bisa anda lakukan sebagai  cara memutihkan kembali kulit yang terbakar sinar matahari yaitu dengan mengaplikasikan lotion dengan teratur. Untuk memakai lotion itu sendiri sebaiknya dilakukan setelah mandi atau sebelum anda tidur. Saat ini, ada banyak lotion yang bisa anda pilih dan disesuaikan dengan kulit anda.

3. Jeruk Lemon, Mentimun dan Air Mawar

Jeruk lemon baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat lemon untuk kulit sudah dipercaya efektif. Jeruk lemon bisa dijadikan sebagai ramuan untuk memutihkan kembali kulit yang terbakar sinar matahari. Agar lebih maksimal, anda bisa menambahkan bahan-bahan alami. Simak caranya di bawah ini.

  • Pertamakali, siapkan 1 buah jeruk lemon. Kemudian peras airnya.
  • Selanjutnya  haluskan mentimun dengan menggunakan blender.  Siapkan juga 2 sendok makan air mawar.
  • Campurkan semua bahan-bahan tersebut sampai merata. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Tunggu kurang lebih 15 menit, jika sudah anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal sebaiknya gunakan sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Madu dan Jeruk Lemon

Madu yang dicampurkan dengan perasan air lemon dapat memutihkan kulit yang terbakar karena sinar matahari. Seperti yang kita ketahui manfaat lemon dan manfaat madu untuk kulit sangat baik. Yuk simak caranya di sini.

  • Silahkan siapkan 1 buah jeruk lemon dan 1 sendok makan madu.
  • Kemudian ambil perasan air lemon dan campurkan dengan madu. Aduk-aduk sampai merata.
  • Setelah itu, aplikasikan ramuan ini pada kulit yang terbakar sinar matahari. Tunggu selama kurang lebih 15 menit, jika sudah anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Susu Murni dan Kunyit

Kunyit ampuh digunakan sebagai cara memutihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Simak cara memutihkan kulit akibat sinar matahari dengan kunyit dan susu murni berikut.

  • Siapkan bubuk kunyit secukupnya saja bersama dengan 1/4 cangkir susu murni.
  • Campurkan kedua bahan tersebut, lalu aduk sampai merata hingga membentuk pasta. Jika teksturnya tetap masih encer, anda bisa menambahkan kembali bubuk kunyit.
  • Anda bisa menggunakan ramuan ini sebagai scrub. Oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Tunggu beberapa saat hingga kering, kemudian gosok sampai halus dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, anda bisa membilasnya sampai bersih.

6. Kunyit dan Jeruk Lemon

Agar khasiat kunyit menjadi lebih maksimal, anda bisa mencampurkannya dengan jeruk lemon dan chickpea flour. Simak cara membuatnya di bawah ini.

  • Silahkan siapkan sendok makan kunyit, perasan air lemon yang diambil dari 1 buah jeruk lemon dan 2 sendok makan tepung chickpea.
  • Kemudian campurkan semua bahan-bahan tersebut hingga membentuk pasta.
  • Pada saat anda hendak mandi, baik pagi atau sore, aplikasikan pada bagian kulit gosong yang sebelumnya sudah dibasahi.
  • Jika sudah mengering, silahkan gosok dengan lembut. Tunggu selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air. Bilas sampai bersih hingga tidak ada ramuan yang tersisa pada kulit anda.
  • Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah cara memutihkan kembali kulit yang terbakar sinar matahari secara almi. Agar kulit anda tetap sehat meskipun berada diluar ruangan, anda harus  tahu cara mencegah kulit terbakar sinar matahari.  Semoga bermanfaat.