6 Cara Memutihkan Kulit Dengan Baby Oil Pada Wajah

Baby oil merupakan bahan esensial pada perawatan untuk bayi selama bertahun – tahun yang dapat mengatasi hampir semua masalah mulai dari kulit kering bayi sampai pada masalah cradle cap di kulit kepalanya. Anda pastinya sudah sangat sering melihat baby oil di berbagai konter obat dan produk bayi. Bahan pembuatnya adalah minyak mineral sejumlah 98% dan pewangi buatan sebanyak 2%. Mineral oil tidak bereaksi ketika dikombinasikan dengan substansi lain yang berkontak dengannya.

Mineral oil bahkan tidak akan menyumbat pori – pori, ia hanya akan melapisi kulit di bagian teratas dan menciptakan lapisan pelindung supaya kulit tidak kehilangan kelembaban. Baby oil diklaim sebagai pelembab tubuh paling bagus oleh sebagian orang sehingga dapat digunakan oleh orang dewasa. Orang dewasa dapat menggunakan baby oil jika memiliki ciri – ciri kulit sensitif karena akan membantu melembutkan dan menenangkan kulit sehingga kenyal dan lembut untuk disentuh.

Baby Oil Sebagai Pemutih Kulit

Untuk mendapatkan cara memutihkan kulit dengan baby oil, Anda bisa menggunakan baby oil dengan beberapa cara ketika melakukan perawatan kulit.

1. Baby Oil Sebagai Pembersih Wajah

Untuk menggunakannya sebagai pembersih, Anda perlu mengikuti metode pembersihan minyak yang melibatkan dua langkah. Pertama, aplikasikan minyak pada kulit kering, gosok perlahan dan bilas dengan air hangat. Lalu aplikasikan minyak pada kulit yang basah, meliputi seluruh wajah sampai terlihat konsistensi yang mengkilap. Bilas dengan air hangat dan tepuk sampai kering menggunakan handuk. Karena Anda telah membersihkan wajah dengan bahan pelembab, maka tidak perlu lagi menggunakan pelembab untuk langkah selanjutnya kecuali di area yang sangat kering. Membersihkan wajah juga akan menjadi cara menghilangkan flek hitam dengan baby oil dan  cara membuat wajah glowing dengan baby oil.

2. Baby Oil Sebagai Pelembab

Anda bisa menggunakan baby oil dengan kapas sebagai pelembab wajah. Bersihkan wajah Anda dengan facial wash yang berbahan baby oil. Tuangkan baby oil pada kapas bersih lalu oleskan merata tipis – tipis di kulit wajah sambil dipijat memutar. Usapkan agak banyak di area yang kering. Biarkan baby oil di kulit selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal satu kali dalam seminggu. Jika Anda melakukannya secara rutin, hasilnya akan segera terlihat. Anda juga dapat melakukan cara memutihkan ketiak dengan baby oil dan cara memutihkan selangkangan dengan baby oil.

3. Baby Oil Sebagai Pengganti Krim Malam

Gunakan secara bergantian dengan krim malam untuk cara memutihkan kulit dengan baby oil. Aplikasikan baby oil sama seperti jika Anda mengaplikasikan krim malam. Bersihkan wajah lebih dulu seperti biasa, lalu keringkan dan oleskan baby oil tipis – tipis. Pijat wajah dengan lembut dan perlahan selama lima menit lalu biarkan sampai esok paginya. Bersihkan wajah dengan air mengalir keesokan paginya.

4. Baby Oil Sebagai Bilasan

Membilas wajah sebagai cara memutihkan kulit dengan baby oil  bisa Anda lakukan. Campur baby oil dengan air hangat untuk membilas wajah sesudah dibersihkan dari make up. Teteskan sedikit baby oil ke dalam air hangat sekitar lima tetes lalu bilas wajah dengan air tersebut. Keringkan dengan menggunakan handuk lembut secara perlahan. Ada manfaat lain dari baby oil yaitu sebagai cara menghilangkan ketombe dengan baby oil , cara menebalkan alis dengan baby oil dan cara memutihkan selangkangan dengan baby oil.

5. Baby Oil Untuk Pijat Wajah

Menggunakan cara memutihkan kulit dengan baby oil melalui pijatan wajah akan membuat wajah Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan juga untuk menjaga elastisitasnya. Setelah wajah dibersihkan, lapisi dengan olesan tipis baby oil. Pijat wajah searah dengan jarum jam dan pastikan wajah bersih serta kering sebelum dipijat. Biarkan selama lima belas menit lalu bilas sampai bersih.

6. Baby Oil Untuk Facial

Melakukan facial sederhana pada wajah melalui cara memutihkan kulit dengan baby oil juga bisa Anda coba. Bersihkan dan keringkan wajah seperti biasa, lalu oleskan baby oil tipis – tipis. Bersihkan wajah dengan waslap atau handuk bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat.Usapkan pada wajah sampai tidak tersisa minyaknya, lalu lanjutkan dengan melakukan scrub wajah. Anda bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali.

Efek Samping Baby Oil

Walaupun penggunaan baby oil sudah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan Anda, namun sebaiknya Anda membatasi frekuensi pemakaiannya. Jika ingin mencoba cara memutihkan kulit dengan baby oil, ada beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan sebelumnya, yaitu:

  • Terbakar matahari

Baby oil adalah bahan reflektor, artinya ia akan menarik sinar matahari dan memperkuat paparan sinar UV A dan UV B. Sinar yang menembus lebih dalam ke kulit akan membuat kulit menjadi gelap dan mengalami pigmentasi. Anda mungkin menyukai kulit yang eksotis, namun kejadian ini akan membuat kulit tampak terbakar daripada eksotis. Baby oil akan mempercepat kerusakan kulit karena terbakar matahari. Jangan gunakan baby oil ketika keluar rumah karena tidak akan melindungi kulit Anda.

  • Memicu Jerawat

Menggunakan terlalu banyak baby oil menyebabkan infeksi jerawat. Fungsi utama dari baby oil adalah untuk menjadi penghalang antara kulit sehingga dapat mencegah kehilangan kelembaban. Sangat penting untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum aplikasi untuk mencegah kotoran terperangkap di pori-pori. Tanpa pembersihan teratur, situasi ini akan menyebabkan infeksi dan menjadi awal dari breakout.

Penggunaan baby oil ternyata juga menimbulkan beberapa kontroversi. Banyak orang yang mengatakan bahwa baby oil berbahaya untuk kulit. Walaupun demikian, kekhawatiran tersebut seringnya tidak terbukti. FDA telah menyatakan bahwa baby oil aman untuk digunakan. Walaupun demikian, jika Anda melakukan cara memutihkan kulit dengan baby oil tanpa membersihkan kulit dengan benar, berlebihan, dan dengan cara yang salah maka pemakaiannya tentu saja dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Penggunaan secara benar dan sesuai petunjuk untuk perawatan kulit akan membuat Anda mendapatkan wajah yang putih karena baby oil.