8 Cara Memutihkan Siku Dan Lutut Dengan Jeruk Nipis yang Mudah

Kulit yang tidak mulus terlebih apabila tampak hitam dan kasar akan sangat mengganggu bagi para wanita. Sudah sewajarnya wanita akan selalu ingin memperhatikan keindahan tubuhnya, namun terkadang masalah kulit datang tanpa bisa dicegah. Karena kesibukan yang menyita waktu bisa jadi membuat Anda tidak sempat melakukan perawatan kulit, padahal setiap hari kulit kita terpapar berbagai jenis bahan polutan dan juga sinar matahari sehingga rentan mengalami pigmentasi.

Bagian kulit yang paling jelas terlihat menghitam biasanya selain wajah adalah siku dan lutut. Hal ini tentunya menyusahkan Anda yang sering menggunakan pakaian tangan pendek dan rok yang menampakkan lutut. Untuk kembali mencerahkan kulit di area tersebut, tidak perlu menggunakan produk canggih berbahan kimia. Anda cukup memilih bahan alami seperti jeruk nipis.

Jeruk Nipis Untuk Memutihkan Kulit

Buah – buahan citrus dikenal dengan manfaatnya untuk kulit dan jeruk nipis juga tidak terkecuali. Air jeruk nipis bisa memberi manfaat pada kulit dalam beberapa cara. Kaya akan antioksidan yang kuat seperti vitamin C, asam sitrat dan flavonoid, jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara memutihkan siku dan lutut yang menghitam. Cara memutihkan siku dan lutut dengan jeruk nipis yaitu:

1. Jeruk Nipis Saja

Menggosokkan jeruk nipis saja ke kulit siku dan lutut akan membuat Anda mendapatkan efek ekfoliasi yang menumpuk di kulit siku serta lutut dan membuat kulit menjadi hitam dan kasar. Potong satu buah jeruk nipis menjadi dua lalu usapkan pada siku dan lutut. Biarkan mengering lalu bilas sambil mandi seperti biasa. Menggunakan jeruk nipis saja juga bisa dilakukan sebagai cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis dan cara menghilangkan flek hitam dengan jeruk nipis.

2. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Jeruk nipis juga dapat dikombinasikan dengan putih telur untuk memutihkan kulit siku dan lutut. Lebih baik apabila Anda menggunakan putih telur ayam kampung untuk membuat ramuan ini. Campur satu putih telur dan air perasan jeruk nipis secukupnya lalu oleskan pada kulit siku dan lutut. Biarkan mengering lalu bersihkan. Sebaiknya lakukan sebelum mandi di pagi hari. Ketahuilah mengenai bolehkah memakai masker jeruk nipis semalaman dan efek samping masker jeruk nipis sebelum mencoba jeruk nipis untuk masker wajah juga.

3. Jeruk Nipis dan Madu

Sejak zaman dulu manfaat madu untuk kulit telah diketahui sangat berguna untuk menjaga kecantikan wanita. Cara memutihkan siku dan lutut dengan jeruk nipis dan madu bisa dilakukan dengan mencampurkan kedua bahan ini secukupnya lalu oleskan pada kulit di siku dan lutut. Biarkan beberapa saat sampai kering lalu bilas sampai bersih.

4. Jeruk Nipis dan Tomat

Tomat juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan jeruk nipis yaitu vitamin C dan juga antioksidan sehingga sangat ampuh untuk mencerahkan kulit yang kusam dan hitam. Hancurkan satu buah tomat segar lalu campur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Oleskan pada kulit siku dan lutut lalu biarkan selama beberapa saat. Setelah mengering, cuci bersih dengan air atau sambil mandi.

5. Jeruk Nipis dan Susu

Manfaat susu untuk kulit bisa digabungkan dengan jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang paling baik. Siapkan satu buah jeruk nipis segar dan peras airnya . Tambahkan susu bubuk sebanyak lima sendok makan. Aduk merata sampai tidak menggumpal lalu oleskan ke kulit siku dan lutut. Biarkan sampai mengering lalu bersihkan dengan seksama. Anda juga bisa mencoba cara memutihkan lutut dan siku dengan odol.

6. Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang memiliki banyak nutrisi dan juga rendah lemak sehingga aman digunakan untuk merawat kecantikan. Cara memutihkan siku dan lutut dengan jeruk nipis dan minyak zaitun tidak sulit dilakukan. Peras air dari satu buah jeruk nipis lalu campur dengan beberapa sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada kulit siku dan lutut, diamkan sampai kering lalu bilas hingga bersih.

7. Jeruk Nipis, Madu dan Gula

Campuran ketiga bahan ini akan menjadi scrub yang dapat meluruhkan sel kulit mati di siku dan lutut Anda. Siapkan satu sendok makan gula merah atau gula putih, seperempat sendok teh air yang diperas dari lemon, serta satu sendok teh madu. Oleskan pada kulit siku dan lutut menggunakan gerakan melingkar. Biarkan sampai agak mengering lalu cuci bersih dan keringkan untuk cara memutihkan siku dalam 1 minggu dan cara memutihkan lutut dalam 1 hari.

8. Jeruk Nipis dan Pepaya

Cara memutihkan siku dan lutut dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan campuran pepaya juga. Pepaya mengandung pro vitamin A atau beta karoten dan vitamin C tinggi. Perpaduan kedua bahan ini akan menjadi cara yang bagus untuk memutihkan kulit. Haluskan beberapa potong pepaya di blender lalu campur dengan air perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk sampai merata dan tercampur sempurna tanpa gumpalan. Oleskan pada siku dan lutut dan biarkan sampai agak kering, lalu bilas.

Cara memutihkan siku dan lutut dengan jeruk nipis bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan bebas pigmentasi, namun tidak dapat dilakukan setiap hari. Sifat asam dari jeruk nipis bisa menyebabkan masalah kulit lain seperti iritasi apabila digunakan setiap hari. Gunakan paling banyak 2-3 kali dalam seminggu, dan jangan biarkan kulit yang masih diolesi jeruk nipis terkena sinar matahari sebab akan menyebabkannya terbakar. Gunakan pelembab setelah melakukan perawatan atau setiap kali habis mandi untuk mencegah kulit menjadi kering.