12 Cara mengatasi kebotakan pada wanita secara alami

Source: Google Images

Rambut hitam, berkilau alami, tebal, dan sehat merupakan impian seluruh wanita untuk menjadi mahkota kepalanya. Bagi wanita, tampil menarik dengan rambut sehat juga dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga.

Seiring dengan berjalannya usia ataupun berbagai aktivitas, rambut dapat mengalami kerusakan. Kerusakan-kerusakan ini dapat terjadi karena adanya paparan radikal bebas. Efeknya, rambut dapat menjadi rontok dan berangsur-angsur menyebabkan kebotakan.

Kebotakan rambut dalam bahasa medis disebut dengan Alopecia. Alopecia merupakan sebuah penyakit pada kulit kepala yang terjadi karena adanya kerontokan helai-helai pada lapisan rambut.

Beberapa alternatif solusi untuk mengatasi kebotakan rambut dapat diperoleh dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai. Berikut merupakan beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk mengatasi kebotakan rambut secara alami:

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman endemik dari Indonesia. Jahe memiliki kandungan magnesium, fosfor, gingerol, dan antimikroba. Kandungan-kandungan ini dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Kandungan ini dapat membantu untuk menutrisi akar rambut sehingga rambut tumbuh dengan kuat. Jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang mengembalikan kesehatan rambut apabila terpapar efek radikal bebas setelah beraktivitas.

2. Merang

Merang merupakan tumbuhan endemik Indonesia. Merang telah dimanfaatkan oleh para putri di kerajaan jawa sejak jaman dahulu untuk merawat rambut mereka. Merang dapat membantu untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut kepala dan mencegah munculnya ketombe.

Hal ini akan merawat kesehatan rambut untuk tumbuh tebal dan sehat. Merang digunakan sebagai ramuan dalam shampoo dan kondisioner rambut untuk membantu melebatkan rambut agar lebih berkilau.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut. Rambut yang lembab dan sehat akan tumbuh menjadi rambut yang berkilau mempesona. Minyak zaitun juga merawat kesehatan kulit kepala agar tidak kering dan terkelupas yang menyebabkan rambut menjadi pecah-pecah.

Minyak zaitun dapat digunakan secara rutin dengan dioleskan pada batang rambut sebelum keramas untuk membersihkan rambut. Selain itu, minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk masker rambut.

4. Minyak Kemiri

Kemiri (Aleurites moluccanus) dapat diolah menjadi minyak yang bermanfaat untuk rambut. Minyak kemiri memiliki khasiat yang melimpah bagi kesehatan kulit kepala. Minyak kemiri merupakan minyak nabati yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan sehat untuk rambut.

Kandungan yang terdapat di dalam minyak kemiri mampu membuat rambut lebih berkilau cerah dan mengintensifkan volume rambut. Sejak zaman dahulu, kemiri sudah dipercaya mampu untuk menyuburkan rambut dan mencegah kebotakan. Kemiri yang paling baik adalah kemiri dengan tingkat kemurnian yang paling tinggi.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai hair tonic. Hair tonic ini dapat bermanfaat untuk membantu menyuburkan rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum keramas secara rutin untuk hasil maksimal. Minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan. Hal ini karena minyak kelapa memberikan nutrisi berupa protein pada rambut.

6. Aloe Vera

Aloe vera memiliki kandungan Aloenin yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Tingkat pH yang dimiliki dalam aloe vera sama dengan yang terdapat pada kandungan natural rambut wanita.

Kandungan ini membantu untuk merawat rambut agar tumbuh subur dan mencegah terjadinya kebotakan dini. Aloe vera juga mampu merangsang pertumbuhan agar lebih subur.

7. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG), kandungan ini berperan untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut. Kandungan ini juga mampu mencegah kerusakan pada sel-sel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut agar subur.

Teh hijau banyak ditemukan dalam produk-produk perawatan rambut yang dapat digunakan untuk kesehatan rambutmu.

8. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan folat yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut. Folat menutrisi pertumbuhan sel-sel rambut untuk menghasilkan rambut yang tebal dan lebat. Rambut akan lebih menunjukkan kilaunya apabila rutin diberikan masker dengan kandungan putih telur.

9. Oatmeal

Oatmeal bermanfaat untuk menyerap minyak-minyak berlebih yang terdapat pada rambut. Dengan ini, oatmeal berfungsi sebagai moisturizer alami pada rambut yang menutrisi sekaligus melembabkan. Rambut akan tumbuh sehat dan kuat apabila rajin diberikan masker dari oatmeal.

10. Bawang

Bawang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Bawang yang jamak digunakan dan bermanfaat untuk rambut adalah bawang merah. Bawang merah memiliki berbagai vitamin, yaitu Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang berguna untuk memperkuat keratin rambut.

Hal ini akan mengurangi kerontokan pada rambut dan mempertebal tubuhnya rambut. Walaupun bawang memiliki bau menyengat, dapat dibilas dengan segera setelah digunakan dengan bantuan shampoo dan vitamin rambut.

11. Meditasi

Selain menggunakan bahan-bahan makanan bersifat natural, kesehatan rambut juga dapat dinutrisi dari dalam dan menumbuhkan kebiasaan baik. Salah satu yang dapat dilakukan adalah meditasi.

Meditasi dapat bermanfaat untuk mengelola stress yang berdampak pada kerontokan rambut. Stress dapat menyebabkan gangguan sakit kepala dan menurunkan kesehatan rambut. Kebiasan meditasi dapat membantu untuk memperkuat rambut dan menghindari stress.

12. Yoga

Yoga merupakan salah satu cabang olahraga yang berasal dari India. Gerakan yoga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Gerakan yoga terdiri dari beragam jenis.

Gerakan yoga ini dapat melancarkan sirkulasi darah hingga kulit kepala yang dapat menyuburkan rambut. Yoga juga berfungsi untuk menjaga keselarasan dan keharmonisan tubuh, sehingga dapat bermanfaat untuk meredakan stress.

Rambut masih bisa dikatakan normal apabila kerontokan tidak lebih dari 50-100 helai rambut di tiap harinya. Pada rambut yang mengalami Alopecia, kebotakan terjadi dengan rontoknya lebih dari 100 helai rambut pada tiap hari.

Kondisi ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain faktor genetis, perubahan hormone dihydrostestosterone (DHT), stress, dan kebersihan yang kurang terjaga.

Bagi wanita rambut merupakan mahkota aset yang berharga, Oleh karena itu, Alopecia harus diberikan pencegahan sejak dini. Dengan demikian, kesehatan rambut perlu dirawat dengan baik dan benar.