7 Cara Merawat Muka Berjerawat dan Berparut

Source: Google Images

Wanita adalah makhluk visual yang tidak bisa lepas dari kecantikan dan keindahan. Kecantikan dan keindahan ini akan didapatkan apabila seorang wanita rajin melakukan perawatan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus wanita dalam melakukan perawatan tubuh adalah kulit. Rajin melakukan perawatan tubuh dan kulit akan menghindarkan wanita dari masalah yang banyak dijumpai, yaitu muka berjerawat dan berparut.

Semua wanita tentunya mendambakan dan menginginkan wajah yang bersih dan mulus tanpa jerawat. Jika rajin melakukan perawatan kulit wajah, kemungkinan waanita untuk terserang jerawat tentu kecil.

Namun, kemunculan jerawat juga dapat dipicu oleh faktor lainnya sehingga kulit Anda menjadi berjerawat, seperti faktor genetik, pola makan tidak benar, atau salah menggunakan kosmetik.

Untuk mengatasi kondisi jerawat ini, perlu dilakukan pengobatan terhadap jerawat sebagai upaya solusi. Pengobatan jerawat disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi jerawat yang ditemukan.

Telah banyak metode yang dapat digunakan untuk mengaasi jerawat, diantara dengan pemberian obat oles atau salep jerawat, obat minum, atau terapi hormon. Bisa juga dengan prosedur chemical peels, terapi laser dan ekstraksi komedo.

Berikut merupakan tips-tips yang dapat diterapkan untuk merawat muka yang berjerawat atau berparut agar tidak memperparah keadaan:

1. Cuci Tangan dan Pastikan Tangan Selalu Bersih

Kotoran yang menempel pada wajah merupakan salah satu sumber penyebab jerawat. Kotoran ini dapat berasal dari debu, maupun paparan radikal bebas akibat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kebersihan tangan harus selalu dijaga.

Karena tangan merupakan anggota tubuh yang banyak bersentuhan dengan kulit muka. Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci tangan sebelum melakukan perawatan untuk mempercantik kulit wajah.

Hal ini bertujuan agar kuman dan bakteri yang terdapat di tangan terutama di sela kuku tidak akan berpindah ke kulit wajah Anda.

Bakteri dan kuman yang terdapat pada tangan dapat memperparah kondisi peradangan jerawat. Usahakan untuk jangan pernah menyentuh kulit wajah terutama bagian yang sedang berjerawat jika tangan sedang dalam kondisi kotor.

Oleh karena itu, ingatlah untuk  selalu mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan pastikan kuku Anda juga dibersihkan, terutama sebelum melakukan perawatan wajah.

2. Rutin Mencuci Muka

Cuci muka merupakan solusi utama untuk merawat kondisi wajah, terutama kulit wajah yang berjerawat. Cara merawat muka berjerawat paling penting adalah dengan rutin mencuci muka.

Hal ini karena debu, polusi, sel kulit mati, dan sisa make up dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat menimbulkan jerawat. Apabila dibiarkan lebih lanjut, jerawat dapat menyebar dan memperparah kondisi peradangan pada kulit.

Cuci muka dapat dilakukan dengan krim pembersih make up, lalu ditutup dengan cairan penyegar. Tapi akan menjadi lebih baik lagi jika mencuci muka dengan  ditambahkan menggunakan facial foam.

Sehingga, setelah membersihkan make up menggunakan krim dan penyegar, disarankan untuk melengkapi ritual cuci muka lebih lanjut dengan menggunakan sabun wajah agar kulit wajah Anda benar-benar terbebas dari sisa make up.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat pada kulit wajah.

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Kesehatan dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat. Muka berjerawat adalah indikasi adanya permasalahan di muka. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Dengan rutin mencuci muka dapat menghapus kotoran, debu, dan sisa make up dari kulit wajah, maka menjalankan gaya hidup sehat dapat membuang atau setidaknya meminimalisir kotoran dan minyak pada kulit wajah dari dalam tubuh.

Dengan demikian, wajah yang telah terpapar oleh adanya jerawat dan kondisi berparut akan berangsur-angsur membaik dan terbebas dari jerawat.

Gaya hidup sehat ini dapat diterapkan dengan mulai rajin untu minum air putih dengan volume 1,5 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Lalu makanlah makanan yang sehat seperti sayur-mayur, biji-bijian, buah-buahan, dan ikan.

Konsumsi sehat ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur, seperti dengan senam, berenang, memanah, yoga, dsb.

4. Menggunakan Kosmetik Noncomedogenic

Kosmetik sejatinya tidak termasuk dalam kategori produk yang merawat wajah, namun demikian kosmetik adalah teman sehari-hari yang menjadi pelengkap kecantikan paripurna. Kosmetik menjadi sebuah keharusan bagi wanita, terutama dalam acara-acara penting.

Oleh karena itu, memilih produk kosmetik non-comedogenic merupakan pilihan yang bijaksana. Hal ini bermanfaat agar tidak membuat pori-pori kulit wajah tersumbat—yang dapat semakin memperburuk kondisi jerawat. 

5. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen merupakan formula yang penting untuk selalu digunakan, terlebih ketika melakukan kegiatan yang bersifat outdoor. Kandungan yang terdapat dalam sunscreen mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Untuk itu, penting mengaplikasikan sunscreen pada wajah ketika hendak beraktivitas agar wajah tidak memerah akibat terbakar sinar matahari, karena hal ini berbahaya dan dapat memicu terjadinya jerawat dan kulit wajah berparut. Sunscreen cukup sebanyak dua ruas jari ya.

6. Rutin Melakukan Eksfoliasi pada Wajah

Kulit wajah berjerawat perlu perawatan eksfoliasi atau scrubbing. Namun, melakukannya terlalu sering dapat berisiko menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Untuk mengatasi hal ini, solusinya dapat dilakukan dengan menggunakan produk glycolic atau salycylic acid, yang punya manfaat mencerahan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati.

Rutinitas ini juga sangat membantu untuk mengangkat noda bekas jerawat yang terdapat pada kulit wajah.

7. Menggunakan Produk Sesuai dengan Jenis Kulit

Produk yang sesuai dengan jenis kulit merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kulit wajah agar bebas jerawat. Kenali tingkat produksi minyak pada kulitmu.

Pilih produk pembersih wajah yang bersifat deep cleansing jika jenis kulitmu cukup berminyak, agar kotoran terangkat dengan optimal.

Sebaliknya, jika kulit wajarh termasuk dalam tipe yang cenderung normal, gunakan produk gentle cleanser karena tidak berisiko membuat kulit semakin kering atau bahkan iritasi.