7 Cara Merawat Kulit Setelah Peeling

Source: Google Images

Wanita adalah makhluk visual yang tidak bisa lepas dari kecantikan dan keindahan. Kecantikan dan keindahan ini akan didapatkan apabila seorang wanita rajin melakukan perawatan.

Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus wanita dalam melakukan perawatan tubuh adalah kulit. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, salah satu metode yang terkenal adalah dengan melakukan perawatan peeling.

Peeling adalah proses merawat kulit dengan melakukan pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Peeling ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan bantuan dari produk-produk kimia yang memiliki kandungan manfaat bagi kulit.

Peeling memiliki ragam manfaat, diantaranya untuk mengencangkan kulit kendur pada wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan komedo, bahkan hingga mencerahkan kulit wajah.

Oleh karena itu, jika hendak melakukan peeling harus memilih produk yang tepat digunakan bagi kulit wajah masing-masing yang memiliki karakteristik beragam.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat kulit wajah setelah peeling:

1. Cuci Muka

Cuci muka adalah hal yang wajib dilakukan setelah merawat wajah dengan peeling. Cuci muka dapat membantu membersihkan sisa-sisa scrub yang masih menempel pada wajah.

Cuci muka dengan menggunakan facial wash sangat penting untuk dilakukan setelah melakukan peeling pada wajah. Hal ini akan memberikan kesan wajah yang fresh dan ceria kembali.

Gunakan air yang mengalir dengan kran air ketika cuci muka untuk menjamin kualitas air yang higienis.

2. Menggunakan Moisturizer

Menggunakan moisturizer akan membantu untuk menjaga kelembapan pasca proses peeling sangat penting agar kulit tidak mudah terluka. Kulit dapat menjadi cepat kering setelah melakukan prosedur perawatan peeling pada kulit wajah sehingga harus memakai moisturizer secara rutin.

Terdapat berbagai jenis moisturizer yang beredar di berbagai supermarket atau drugstore. Kalian harus memilih moisturizer yang tepat sesuai dengan jenis kulit, baik itu jenis kulit kering, berminyak, maupun sensitif.

Untuk menjaga keamanan, jangan lupa pastikan untuk selalu melihat komposisi bahan dan keterangan yang tertera pada wadah produk agar tidak salah memilih moisturizer yang tepat untuk wajahmu.

3. Aplikasi Serum pada Wajah

Serum adalah produk kecantikan yang bermanfaat untuk membuat kulit yang kering menjadi lebih cepat pulih dan menjaga elastisitas kulit. Setelah proses peeling, kulit dapat berubah menjadi rentan mengalami perubahan pigmentasi warna atau muncul bercak noda hitam pada kulit wajah.

Untuk mengatasinya, perlu untuk rajin memakai serum, terutama yang mengandung vitamin C atau vitamin E. Dua kandungan vitamin ini telah terbukti secara klinis sangat baik bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

4. Konsumsi Kandungan Kollagen untuk Kulit

Kolagen merupakan senyawa dengan jenis protein berserat dan tak larut yang terdapat di dalam tubuh manusia. Kolagen berperan sebagai salah satu unsur pendukung utama dari kulit, tulang, urat, dan ligamen yang memberikan struktur dan kekuatan.

Jumlah kolagen yang terdapat dalam tubuh manusia mencapai sekitar 30 persen dari keseluruhan jumlah kandungan protein yang ada di dalam tubuh.Tubuh manusia dapat memproduksi sendiri kolagen melalui asam amino, vitamin, dan juga mineral yang masuk ke dalam tubuh dengan proses alami.

Namun, terdapat berbagai faktor yang dapat membuat produksi kolagen dalam tubuh berkurang dan juga berpotensi merusak kolagen alami dalam tubuh, seperti radikal bebas serta paparan sinar UV A dan UV B.  

Terdapat banyak krim yang mengandung kolagen yang dapat dimanfaatkan pada wajah. Krim kolagen ini penting diaplikasikan pada kulit wajah setelah melakukan proses peeling.

Krim kolagen akan membantu untuk menjaga elastisitas kulit wajah, menjaga kelembaban wajah, dan mencerahkan wajah yang merupakan idaman kaum wanita.

5. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen merupakan keharusan, termasuk setelah melakukan proses peeling pada kulit wajah. Kulit yang mengelupas akibat melakukan proses peeling pada wajah umumnya lebih bersifat rentan, kandungan yang terdapat dalam sunscreen mampu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Untuk itu, penting mengaplikasikan sunscreen pada wajah setelah melakukan peeling agar wajah tidak memerah akibat terbakar sinar matahari, karena hal ini berbahaya dan dapat memicu terjadinya kanker kulit. Jangan lupa untuk aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari ya.

6. Rajin Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh, termasuk bagi perawatan kecantikan kulit. Air putih akan membantu untuk menghidrasi kulit dari dalam diri. Hal ini akan menghindarkan kulit dari pecah-pecah dan kering akibat kurangnya hidrasi. Air putih sebaiknya diminum sebanyak 1,5 L tiap hari untuk hasil maksimal.

7. Konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit

Rutin melakukan konsultasi ke klinik kecantikan maupun ke dokter spesialis kulit akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulitmu. Hal ini dapat dilakukan apabila setelah melakukan proses peeling, hasil yang maksimal ternyata belum diperoleh.

Konsultasi ke dokter spesialis kulit akan membantu menemukan produk dan rangkaian perawatan yang paling tepat untuk kulit wajahmu. Dokter spesialis kulit akan memberikan diagnosis yang tepat untuk keperluan kulitmu.

Hal ini akan meminimalisir munculnya resiko akibat adanya alergi atau peradangan karena tidak cocok akan produk kecantikan yang beredar di pasaran pada umumnya.

Keberhasilan proses peeling adalah ketika kulit mampu merasakan hasil maksimal dari manfaat proses peeling. Biasanya ditunjukkan dengan hasil kulit yang lebih kenyal, lembab, bebas jerawat, dan wajah lebih cerah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal ini, perlu adanya perawatan yang tepat pasca peeling untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah