12 Tips Mengatasi Rambut Rontok Wanita Berhijab

Saat ini hijab bukan hanya sekedar sebagai bentuk ketaatan Wanita Muslimah, namun sudah menjadi trend yang diminati banyak wanita. Hal ini karena wanita yang mengenakan hijab terllihat lebih anggun dan menawan.

Namun, penggunaan hijab menimbulkan masalah rambut yang dialami banyak wanita. Meskipun ada manfaatnya, seperti perlindungan ekstra untuk kulit kepala dari sinar UV matahari, ternyata banyak wanita memiliki masalah rambut rontok.

Menurut ahli, hijab bukanlah penyebab utama rambut menjadi rontok tetapi karena perawatan yang kurang yang menjadi penyebabnya. Namun, ada pendapat bahwa traksi alopecia dapat terjadi ketika ada gesekan atau ketegangan kronis pada akar rambut untuk jangka waktu yang lama.

Jika gesekan hijab menarik akar rambut selama bertahun-tahun, hal ini dapat menyebabkan akar rambut mengalami terlalu banyak ketegangan. Rambut yang mengalami gesekan terus menerus secara intens dapat membuat trauma pada rambut, merusak folikel, dan menyebabkannya rontok.

Berikut tips mengatasi rambut rontok pada wanita berhijab.

1. Tidak mengenakan hijab terlalu ketat

Para wanita perlu memperhatikan bagaimana cara memakai hijab di kepalanya, apakah terlalu ketat atau tidak. Hal ini perlu diperhatikan karena hijab yang ketat tidak ideal untuk pertumbuhan kulit kepala atau rambut. Sehingga menyebabkan rambut kekurangan ruang dan udara untuk tumbuh secara maksimal.

2. Gunakan hijab berbahan dasar katun

Sebaiknya pilih bahan hijab yang lembut dan breathable, seperti sifon, katun atau sutra. Bahan-bahan alami ini adalah pilihan terbaik Anda karena baik untuk rambut dan kulit kepala Anda.

Beberapa ahli lebih menyarankan menggunakan hijab dengan bahan kain katun karena mudah menyerap keringat dan kecil kemungkinannya menyebabkan keringat dan kotoran menumpuk di kulit.

Sutra dan sifon memang tipis dan dapat memberi ruang rambut untuk bernapas, namun menurut ahli kain katun adalah yang terbaik. Pada dasarnya kulit kepala memang sudah memiliki lapisan rambut di permukaannya, jadi mengenakan hijab di kepala akan menambah lapisan tipis lainnya.

Apapun jenis kain hijab yang digunakan di atas kulit kepala akan memengaruhi aliran udara di atas kulit Anda. Jadi biarkan rambut Anda bernapas sesering mungkin dengan menggunakan hijab berbahan katun.

3. Jangan mengenakan hijab di saat kondisi rambut masih basah

Hindari mengenakan hijab di saat kondisi rambut masih basah karena akan mencegah pengeringan rambut dan kulit kepala akan mengalami kelembapan kronis pada kulit kepala.

Hal ini dapat menyebabkan jamur dan ketombe berkembang di kulit kepala sehingga kkulit kepala jadi tidak sehat dan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

4. Seringlah mencuci hijab Anda

Penggunaan hijab sebaiknya tidak dipakai berulang-ulang. Terutama jika Anda mengenakan hijab dengan aktivitas yang berat yang dapat menimbulkan munculnya keringat.

Sebaiknya cuci hijab setiap hari dengan deterjen bebas pewangi yang lembut. Hal ini untuk memastikan rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat.

5. Melakukan perawatan kulit kepala

Rutinlah memakai masker rambut atau serum rambut ke kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan penumpukan kotoran, minyak berlebih, serta kulit mati untuk mendapatkan kulit kepala yang bersih dan tampak lebih sehat serta rambut yang segar.

Menggunakan serum kulit secara rutin dapat mendukung sirkulasi, pengelupasan kulit, dan oksigenasi pada kulit kepala agar dapat menjaga area tersebut tetap sehat.

Ada banyak pilihan perawatan rambut dan kulit kepala yang bisa Anda terapkan sendiri, baik dengan cara herbal maupun non-herbal. Perawatan ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan kecantikan rambut Anda.

6. Bersihkan tempat tidur

Rutinlah membersihkan bantal sebelum tidur, mencuci bantal secara rutin, dan tidur dengan rambut tergerai agar dapat bernapas setelah seharian berhijab. Kebiasaan bersih ini dapat menghindari kerontokan rambut.

7. Biarkan rambut bernapas

Setelah seharian menutup rambut Anda, maka saat berada di rumah dan hijab Anda lepas, biarkan dia bernafas sesering mungkin. Hindari mengikatnya dengan kuncir kuda atau dengan cara sanggul.

Jika Anda ingin mengikatnya, maka usahakan agar diikat dengan hati-hati dan selonggar mungkin. Jangan mengikat rambut di saat tidur, baik tidur pada malam hari maupun siang hari. Pastikan agar rambut Anda dapat bernapas selama mungkin saat Anda tidak mengenakan hijab.

8. Hindari perawatan rambut keras

Hindari perawatan rambut yang keras yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Seperti seperti mengeriting, sering menyatok rambut, atau mewarnai rambut. Jika Anda ingin styling rambut Anda agar terlihat lebih indah pastikan menggunakan bahan-bahan yang cocok untuk rambut Anda dan yang tidak menimbulkan kerusakan yang fatal.

9. Ubah kebiasaan menata dan menyisir rambut

Ubahlah kebiasaan menata rambut dari kuncir yang ketat, seperti kepang, sanggul, atau kuncir kuda. Usahakan tidak memutar atau menggulung rambut Anda. Jika perlu ganti sisir Anda dengan sisir bergigi lebar untuk mencegah kerontokan yang terlalu banyak menarik akar rambut.

Menyisir rambut dua kali sehari, tidak hanya menghilangkan kusut dan mencegah rambut kusut, tetapi juga membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

10. Kelola stres

Kelolalah stres dan pikiran berlebih Anda karena hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jika Anda sedang mengalaminya, Anda dapat mengelola stres dengan olahraga, seperti yoga, atau teknik mindfulness, seperti meditasi.

Mengelola stres dengan baik dapat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sirkulasi rambut, menghindari kerontokan, serta mendorong pertumbuhan rambut kembali.

11. Potong ujung rambut Anda secara teratur

Ketika rambut Anda terus-menerus diikat dan ditutup oleh hijab itu dapat mempercepat kerusakan pada ujung rambut. Agar rambut Anda tetap sehat, cobalah memotong ujung rambut Anda setiap beberapa bulan sekali atau sesuai kebutuhan Anda. Cobalah untuk memotong rambut Anda secara teratur untuk menghilangkan ujung rambut yang kering dan bercabang.

12. Menggunakan sampo yang tepat

Pilih sampo yang tepat sesuai dengan kondisi rambut Anda. Jika rambut Anda kering maka gunakanlah sampo anti kering dan conditioner secara rutin. Namun, sangat tidak disarankan untuk mencuci rambut setiap hari.

Mencuci rambut terlalu sering akan menghilangkan minyak alaminya. Jika rambut Anda cepat lepek, maka gunakan sampo untuk rambut lepek. Selain itu, gunakan air dingin untuk membilas rambut Anda. Hal ini dapat mengurangi kerontokan pada rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.