12 Cara Mengatasi Kemerahan pada Kulit Wajah

Ada banyak cara untuk menghilangkan kemerahan di wajah karena penggunaan krim. Kondisi ini bisa terjadi karena disebabkan beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Penggunaan krim wajah yang aman tentu tidak akan menyebabkan kulit kemerahan. Selain itu, jenis kulit wajah juga menjadi penentu munculnya kemerahan di wajah saat mengaplikasikan krim.

Wajah memerah setelah menggunakan krim disebabkan karena kulit wajah mengalami iritasi wajah. Penggunaan krim yang berlebihan juga bisa menjadi faktor iritasi tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah merah karena krim.

1. Hindari wajah dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari seperti yang diketahui memiliki kandungan yang bermanfaat sekaligus merugikan wajah. Jika wajah terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan menimbulkan efek panas, kulit memerah, bahkan terbakar.

2. Gunakan tabir surya (sunscreen)

Agar wajah terhindar dari sengatan sinar matahari, dianjurkan untuk menggunakan krim atau gel tabir surya untuk melindungi wajah, sehingga bisa meminimalisir munculnya efek kemerahan di wajah akibat paparan sinar matahari dan penggunaan krim wajah. Namun, perlu diperhatikan kandungan krim wajah yang digunakan karena terkadang ada krim wajah yang sudah mengandung tabir surya.

3. Mengompres wajah dengan es

Wajah yang kemerahan bisa menimbulkan efek nyeri di wajah selain mengganggu penampilan wajah. Letakkan kompres ws di wajah selama minimal 10 menit dan maksimal 30 menit. Setelah itu, diamkan dan biarkan wajah beristirahat selama 15 menit.

Cara ini sangat praktis untuk dilakukan jika kulit wajah menjadi kemerahan. Dengan mengompres wajah pakai es membantu untuk mengontraksi pembuluh darah yang terletak di bawah kulit, sehingga kemerahan pada wajah akan hilang.

4. Mengoles wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang berfungsi mengurangi iritasi, peradangan, dan kulit kering yang memicu wajah memerah. Selain itu, lidah buaya bisa menyembuhkan luka pada jaringan kulit dan meregenerasinya. Oleskan gel lidah buaya ke wajah yang memerah secara merata.

5. Memakai masker mentimun

Mentimun bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kemerahan di wajah karena mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Hanya dengan mengiris mentimun dan menempelkannya di bagian wajah yang mengalami kemerahan, permasalahan kemerahan pada wajah bisa diatasi.

6. Teh hijau

Teh hijau diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi kemerahan di kulit. Caranya pun cukup mudah, seduh segelas teh hijau lalu dinginkan di lemari es. Kemudian, oleskan teh yang sudah didinginkan ke kulit wajah yang memerah.

7. Gunakan pelembab wajah

Setelah mencuci wajah menggunakan sabun atau facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit, lakukanlah pengaplikasian pelembab pada wajah. Cara ini bisa membantu mengurangi wajah yang kemerahan karena efek menenangkan dari pelembab atau moisturizer. Namun, ketika wajah mengalami kemerahan, gunakanlah pelembab yang tidak mengandung wewangian dan alkohol karena bisa menyebabkan rasa perih di kulit.

8. Gunakan sleeping mask sebelum tidur

Sleeping mask bisa menenangkan kulit wajah yang kemerahan karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit. Pengaplikasian sleeping mask sebelum tidur juga menyebabkan kandungan pada masker akan terserap dengan maksimal oleh wajah selama tidur.

9. Hentikan penggunaan krim yang menyebabkan wajah memerah

Berhentilah menggunakan krim yang pakai. Bisa jadi krim yang digunakan mengandung zat-zat yang tidak cocok atau tidak sesuai dengan kulit wajah. Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter agar mendapatkan saran pengobatan yang maksimal sesuai dengan masalah kemerahan di wajahmu.

10. Gunakan krim wajah sewajarnya

Penyebab kulit wajah mengalami kemerahan lainnya yaitu karena penggunaannya yang berlebihan. Biasanya, seseorang ingin mendapatkan hasil yang cepat ketika menggunakan perawatan krim wajah. Namun, ternyata hal itu malah bisa menyebabkan masalah lain yang merugikanmu. Gunakanlah krim wajah tipis-tipis dan menyeluruh ke seluruh permukaan kulit wajah. Selain itu, gunakan perawatan kulit wajah lainnya seperti serum, pelembab, dan toner agar mendapatkan efek maksimal.

11. Gunakan bahan yang menenangkan

Produk yang mengandung niacinamide, sulfur, allantoin, kafein, akar licorice, chamomile, aloe dan mentimun dapat membantu mengurangi kemerahan. Setelah membiarkan kulit menjadi tenang, maka perkenalkan kembali produk satu per satu selama beberapa hari untuk kulit bisa menyesuaikan kembali.

12. Dapatkan bantuan profesional

Dokter kulit dapat membantu mendiagnosis penyebab pasti kulit memerah dan mengembangkan rencana untuk membantu mengobatinya. Pembersih asam salisilat dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi kemerahan pada mereka yang berurusan dengan dermatitis seboroik.

Kemerahan wajah terkadang bisa menandakan masalah yang lebih besar. Kemerahan bisa menjadi tanda dari masalah mendasar seperti lupus, herpes zoster atau alergi sistemik seperti reaksi obat. Jika Anda telah mencoba pengobatan yang dijual bebas tanpa hasil, temui dokter kulit untuk evaluasi lebih lanjut. Bahkan jika itu bukan salah satu dari kondisi yang lebih serius ini, mungkin masih memerlukan resep obat dari Dokter.

Selain mengatasi masalah wajah kemerahan, identifikasi apa yang memicunya. Namun, satu hal yang dapat dilakukan secara menyeluruh adalah menggunakan produk yang sangat lembut yang bisa menenangkan kulit. Bahkan jika kulit berjerawat, pastikan untuk menyeimbangkan aktivitas dengan sesuatu yang menenangkan.

Ketika kulit kemerahan, kondisi itu bisa terus berlanjut atau tiba-tiba memburuk, itulah pentingnya memerhatikan kandungan perawatan kulit wajah. Jangan sampai krim wajah yang digunakan malah membuat wajah menjadi rusak dan membutuhkan perawatan yang lebih serius dan memakan biaya mahal. Hindari penggunaan krim abal-abal agar terhindar dari risiko wajah kemerahan dan iritasi.