10 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Obat Jerawat

Salah satu obat jerawat yang sering diandalkan adalah benzoyl peroxide. Namun, benzoyl peroxide memiliki efek samping yang menjadikan kulit menjadi kering dan mengelupas. Berikut Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Obat Jerawat.

Salah satu kandungan yang sering ditemukan pada obat jerawat yaitu benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide dianggap mampu mengatasi jerawat meski memiliki efek samping ketika digunakan. Efek yang ditimbulkan adalah wajah menjadi memerah, kulit menjadi kering, dan juga mengelupas.

Tidak hanya itu masalah yang ditimbulkan akibat dari penggunaan benzoyl peroxide yaitu kulit menjadi pecah-pecah, namun bukan berarti tidak cocok dengan produk tersebut. Bukti benzoyl peroxide tersebut adalah membunuh bakteri yang diakibatkan oleh jerawat dan juga kadar minyak yang berlebih.

Namun, efek samping tersebut tidak bertahan lama, apabila menggunakannya dalam jangka waktu yang sebentar. Namun, apabila terlalu sering dalam menggunakan bahan kimia akan mengakibatkan kulit menjadi iritasi dan juga menimbulkan luka bakar.

1. Menggunakan Pelembab

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi kekeringan akibat penggunaan benzoyl peroxide adalah dengan menggunakan pelembab. Menggunakan pelembab setiap hari sebelum mengaplikasikan benzoyl peroxide.

Menggunakan pelembab setiap hari bisa membantu menenangkan kulit kering tanpa menjadikan jerawat semakin parah. Namun bagi yang memiliki kulit pecah-pecah atau terkelupas alangkah baiknya menggunakan pelembab yang mengandung hypoallergenic untuk menghindari iritasi karena bebas pewangi.

2. Menghindari Skincare yang Membuat Kulit Menjadi Kering

Apabila menggunakan pembersih yang dapat menyerap minyak selama aktif menggunakan benzoyl peroxide alangkah baiknya menghentikannya terlebih dulu karena dapat memperburuk kekeringan. Untuk menggantinya dapat menggunakan perawatan jenis lainnya atau produk perawatan yang ditujukan khusus untuk kulit berminyak. Ketika kulit sudah tidak begitu kering, dapat memasukkan kembali produk tersebut secara perlahan ke dalam skin care yang gunakan.

3. Hindari Menggosok Kulit

Salah satu akibat dari benzoyl peroxide yaitu kulit menjadi kering dan mengelupas. Hal itulah yang kadang membuatmu menjadi ingin menggosoknya. Menggosok kulit yang mengelupas secara kasar dan mengakibatkan iritasi pada kulit.

Untuk menggosok kulit yang mengelupas dapat menggunakan handuk yang berbahan lembut yang sudah dibasahi dengan air kemudian menggosoknya dengan lembut. Jangan lupa juga untuk mengoleskan krim setelah membasuhnya.

4. Beralih Ke Produk yang Lebih Gentle

Dalam suatu produk mengandung benzoyl peroxide sekitar 2,5% hingga 10%. Namun jika menggunakan dengan persentase yang tertinggi sehingga mengalami reaksi pada kulit. Maka beralihlah pada produk yang mengandung benzoyl peroxide yang rendah.

Untuk melihat jumlah kandungan benzoyl peroxide dapat melihatnya pada kemasan label produk. Semakin rendah kandungan benzoyl peroxide, maka semakin rendah pula efek samping yang ditimbulkan. Namun, jika terbiasa menggunakan benzoyl peroxide, dapat menambahkan dengan kadar yang lebih tinggi.

5. Kurangi skala Penggunaan

Apabila memberikan efek samping terlalu kering berarti kulit butuh istirahat sejenak dari benzoyl peroxide. Namun, jangan berhenti sekaligus. Untuk mengganti dapat mengurangi penggunaan sehingga satu kali dalam sehari atau beberapa kali dalam satu minggu hingga kulit terasa membaik.

6. Perawatan Dari Dalam

Untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah bagian luar, dapat diatasi dengan perawatan dari dalam, yaitu dapat mengkonsumsi vitamin E sebanyak tiga kali sehari dengan dosis sekitar 400-IU.

7. Hindari Menggunakan Scrub

Scrub dianggap mampu mengangkat kotoran seta minyak di wajah. Namun ternyata penggunaan scrub tidak disarankan bagi yang memiliki wajah kering dan juga mengelupas akibat penggunaan obat jerawat. Dampak dari menggunakan sabun muka scrub pada kulit kering dapat mengakibatkan iritasi serta dapat membuat kulit menjadi tampak lebih kusam. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan handuk lembut yang direndam kedalam air hangat kemudian ditepuk-tepukkan pada wajah.

8. Oleskan Obat Jerawat Sesekali

Untuk mengatasi kulit kering akibat penggunaan obat jerawat, bisa mengatasi kulit kering dengan mudah. Langkah pertama adalah dengan mengoleskan obat jerawat setiap dua hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Jika sudah, lihat dulu reaksi yang terjadi pada wajah, apakah menimbulkan efek yang mengelupas atau tidak. Apabila merasa aman maka bisa melanjutkan penggunaannya dengan cara bertahap.

9. Cuci Muka

Untuk membersihkan wajah dapat menggunakan air dingin dan juga cetaphil yang berupa pembersih wajah yang dapat gunakan untuk mengobati kekeringan akibat penggunaan obat-obat jerawat.

10. Mandi Air Panas

Tidak perlu mandi dengan menggunakan air hangat. pasalnya udara yang terlalu hangat dapat mengakibatkan emolien dan juga minyak alami pada kulit yang mengelupas serta hilang yang berlebihan.

Untuk menghindari efek samping dari penggunaan benzoyl peroxide maka gunakanlah obat tersebut harus dengan cara yang benar. Cara pemakaian yang benar adalah membaca terlebih dahulu aturan pakai yang terdapat pada kemasan.

Kemudian, dapat mencobanya pada kulit yang tidak berjerawat, tujuannya adalah untuk mengecek apakah ada alergi yang ditimbulkan dari obat tersebut atau tidak. Apabila tidak terdapat alergi dapat memulai menggunakan. Namun, sebelum menggunakan cuci tangan terlebih dulu dan juga pada area kulit yang berjerawat.

Oleskan obat dengan cara tipis-tipis dan juga merata. Jangan sampai terkena mata, mulut atau pun hidung. Apabila sudah selesai dalam menggunakan segeralah mencuci tangan hingga bersih.