7 Cara Mengatasi Wajah Sensitif Berjerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan wajah yang membuat penderitanya jengkel. Jerawat bisa tumbuh kapan saja dan di bagian wajah mana saja. Selain terasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri, keberadaan jerawat pada wajah akan menimbulkan bekas jerawat yang cukup sulit dihilangkan.

Jerawat yang tumbuh pada kulit sensitif perlu dilakukan perawatan dengan cara mengatasi kulit sensitif berjerawat yang tepat. Pasalnya, jika anda salah melakukan cara merawat wajah sensitif berjerawat atau salah menggunakan produk maka ditakutkan keadaan wajah akan semakin parah. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi wajah sensitif berjerawat yang tepat, anda bisa simak langsung di bawah ini.

Cara Mengatasi Wajah Sensitif Berjerawat

Beberapa perawatan sebagai cara mengatasi wajah sensitif dan berjerawat. Silahkan simak di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasi wajah sensitif berjerawat.

1. Mencuci Wajah dengan Rutin

Kulit sensitif biasanya cenderung menunjukan beberapa gejala, seperti kulit kering, mudah mengalami kemerahan dan iritasi. Mencuci wajah dengan baik dan benar, khususnya bagi anda pemilik wajah sensitif akan membuat kulit anda tetap lembab. Membersihkan wajah yang direkomendasikan yaitu dua kali sehari. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, maka penting untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat. Nah, berikut ini beberapa tips memilih sabun pembersih wajah untuk anda pemilik wajah sensitif dan berjerawat.

  • Hindari memilih sabun wajah yang mengandung pewangi.
  • Saat mencuci wajah sebaiknya hindari menggosok wajah dengan terlalu keras. Anda dapat mencoba menggunakan sarung tangan yang super halus.
  • Hindari mandi menggunakan sabun kecantikan, terutama sabun yang mengnadung alkohol, antibakteri dan pemutih.

2. Gunakan Pelembab Khusus Untuk Wajah Berjerawat

Selain membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat, kulit wajah anda juga membutuhkan pelembab sebagai cara melembabkan kulit.  Menggunakan pelembab akan dapat melindungi kulit anda yang sensitif dari kekeringan yang akan menjadi penyebab wajah kusam.

Beberapa pelembab biasanya mangandung bahan aktif yang bisa jadi tidak cocok dengan kulit anda. Oleh karena itu, sangat disarankan anda berkonsultasi pada dokter kulit anda agar tidak muncul iritasi. Sebaiknya hindari menggunakan scrub pada wajah karena ditakutkan akan memperburuk keadaan kulit anda.

3. Menjaga Pola Makan

Cara mengatasi wajah sensitif dan berjerawat selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pola makan. Pada beberapa orang, memperhatikan pola makan akan memberikan pengaruh yang baik untuk mengatasi masalah kulit.

Beberapa orang biasanya membatasi konsumsi daging merah, cokelat dan produk susu olahan yang lainnya.  Berdasarkan penelitan menyatakan bahwa mengurangi konsumsi gula akan membawa pengaruh yang besar untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, anda juga dapat mengurangi konsumsi karbohidrat olahan seperti pasta, roti, serta nasi putih. Anda dapat mengonsumsi gandum yang kaya akan serat, buah-buahan dan sayuran. Selain itu, anda juga harus mencukupi kebutuhan asupan mineral anda.

4. Membersihkan Riasan dengan Tepat

Jika anda menggunakan make up yang sembarangan maka akan memperparah kondisi jerawat pada kulit sensitif anda. Oleh karena itu, bagi anda pemilik kulit wajah sensitif dan berjerawat harus memilih produk make up dengan bahan yang ringan.

Disarankan untuk menggunakan bedak tabur saja dengan tujuan meminimalisir terjadinya iritasi, silicon-based foundation. Saat memilih produk kosmetik penting untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Setelah menggunakan make up, anda harus membersihkan wajah dengan benar.

5. Gunakan Obat Jerawat

Untuk mengatasi jerawat membandel pada wajah anda, maka anda dapat menggunakan obat jerawat. Untuk obat jerawat itu sendiri alangkah lebih baik jika sesuai dengan saran dokter. Namun, jika anda tidak berkonsultasi pada dokter anda bisa membeli obat jerawat di apotek. Pastikan anda memilih obat jerawat dengan bijak. Anda dapat bertanya pada apoteker mengenai obat jerawat apa yang cocok untuk kulit sensitif.

6. Hindari Mengunakan Produk Terlalu Banyak

Untuk anda pemilik kulit wajah sensitif dan berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan produk dalam jumlah banyak secara bersamaan. Ini akan menyebabkan iritasi pada kulit anda. Setiap produk dapat bereaksi dan menyebabkan kondisi kulit anda semakin parah.

Untuk menghindari keadaan wajah yang berjerawat, sebaiknya konsultasikan produk yang anda gunakan pada dokter.

7. Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi jerawat pada wajah sensitif memang terbilang cukup susah. Karena salah melakukan perawatan kondisi wajah justru akan semakin parah. Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami untuk cara mengatasi wajah sensitif berjerawat karena minim efek samping. Untuk mengatasi jerawat anda bisa mencoba menggunakan lidah buaya karena manfaat lidah buaya untuk kulit sudah tidak bisa diragukan lagi, menggunakan oatmeal karena manfaat oatmeal untuk wajah sensitif diketahui bagus, serta bahan alami lainnya. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter apakah mengatasi jerawat dengan bahan alami aman atau tidak untuk kulit anda.

Itulah cara mengatasi wajah sensitif berjerawat. Semoga bermanfaat.