5 Cara Menghilangkan Daki Dengan Minyak Kayu Putih

Untuk sebagian masyarakat Indonesia, minyak kayu putih merupakan produk yang harus ada di setiap rumah dan dibawa saat bepergian. Minyak kayu putih umumnya memiliki warna bening agak kehijauan dengan aroma yang sangat kuat. Minyak kayu putih merupakan hasil destilasi uap ranting dan daun segar pohon kayu putih. Agar ekstraknya bisa didapat, maka kayu putih dipetik saat cuaca sedang panas kemudian direndam dalam air dan disuling kemudian di fermentasi selama semalam. Minyak kayu putih yang memberikan rasa hangat ini sangat baik untuk meredakan rasa sakit, baik digunakan untuk memijat, menyembuhkan sakit kepala, demam, sakit gigi dan lain sebagainya. Kegunaan minyak kayu putih yang sangat banyak ini dihasilkan dari beberapa kandungan dalam minyak kayu putih seperti minyak atsiri, eukaliptol, cineol, terpineol, ester, pinen dan juga limonen. Selain beberapa kegunaan yang sudah disebutkan, minyak kayu putih juga merupakan perontok daki paling ampuh alias sel kulit mati yang menempel pada tubuh. Untuk tutorial selengkapnya, berikut ini akan kami berikan beberapa cara menghilangkan daki dengan minyak kayu putih.

  1. Minyak Kayu Putih Tanpa Campuran

Selain memberikan rasa hangat dan menenangkan, minyak kayu putih juga sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan daki yang menempel pada kulit. Daki yang tersimpan dalam lipatan kulit seperti siku, leher atau lutut bisa diatas dengan mudah memakai minyak kayu putih. Cara menghilangkan daki dekil dengan minyak kayu putih adalah:

  • Cara memakainya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih secukupnya pada bagian kulit yang ingin dibersihkan.
  • Secara perlahan, gosok area tersebut dengan jari memakai gerakan memutar hingga daki bisa terkelupas dan terangkat dari kulit seluruhnya.
  • Setelah semua selesai, bersihkan dengan tisu atau handuk yang lembut.
  1. Minyak Kayu Putih dan Teh Hijau

Untuk anda yang sering mengkonsumsi teh hijau untuk alasan kesehatan. Anda bisa menggunakan kembali teh hijau tersebut untuk membersihkan daki yang ada di tubuh bersama dengan minyak kayu putih selain banyak juga manfaat teh hijau untuk wajah. Tekstur daun teh yang agak sedikit kasar sangat baik untuk mengelupas sel kulit mati dan juga kotoran seperti daki sekaligus meningkatkan tingkat elastisitas kulit dan membuat wajah lebih sehat selain membersihkan daki.

  • Siapkan 1 atau 2 kantung bekas seduhan teh celup lalu tuangkan dalam mangkuk kecil dan tambahkan dengan minyak kayu putih secukupnya.
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh tempat daki berkumpul dan gosok secara lembut selama beberapa saat dan bilas sampai bersih.
  • Lakukan cara ini 1 kali seminggu untuk merawat kulit anda.
  1. Minyak Kayu Putih dan Kopi

Selain bisa digunakan untuk membersihkan daki, bubuk kopi juga sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh sekaligus merangsang produksi sel kulit yang baru. Kombinasi dari minyak kayu putih dan ampas kopi juga sangat baik untuk memperbaiki tekstur kulit, mengatasi kerusakan kulit dan juga menjaga kulit selalu cerah. Cara membuat masker kopi dan minyak kayu putih selengkapnya bisa anda simak berikut ini.

  • Campur 3 sendok makan bubuk kopi murni dengan 1 sendok makan minyak kayu putih sampai membentuk adonan pasta.
  • Jika masih terlalu kental bisa ditambahkan dengan sedikit minyak kayu putih sampai tekstur yang pas bisa didapatkan.
  • Pijat secara lembut pasta tersebut pada area leher, siku, lutut dan berbagai bagian tubuh lainnya menggunakan gerakan melingkar.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan tepuk lembut memakai handuk serta lakukan secara teratur 1 kali dalam seminggu.
  1. Minyak Kayu Putih dan Kulit Jeruk

Selain bisa digunakan sebagai cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo, untuk anda yang gemar makan jeruk, jangan buang kulitnya sebab bisa digunakan untuk bahan campuran minyak kayu putih sebagai bahan alami penghilang daki. Sifat bubuk kulit jeruk yang sedikit abrasif tersebut sangat baik untuk menghilangkan kotoran, daki dan juga sel kulit mati pada tubuh. Sedangkan kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kulit jeruk akan memberikan manfaat lebih bagi kulit yakni membuatnya terlihat lebih muda dan lebih kenyal serta putih.

  • Jemur kulit jeruk dibawah terik matahari sampai kering selama beberapa hari.
  • Giling kulit jeruk yang sudah kering tersebut smapai menjadi bubuk.
  • Campurkan bubuk kulit jeruk dengan minyak kayu putih secukupnya sampai membentuk pasta yang halus.
  • Aplikasikan pada area kulit yang diinginkan lalu gosok secara lembut memakai gerakan melingkar dan bilas bersih dengan air hangat lalu keringkan.
  1. Minyak Kayu Putih dan Almond

Selain banyak manfaat almond untuk rambut, kacang almond juga menjadi bahan alami yang baik digunakan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kesehatan kulit. Dalam almond mengandung vitamin A dan vitamin E yang merupakan antioksidan baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, dalam almond juga mengandung lemak sehat yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terlihat sehat sekaligus tampak lebih awet muda.

  • Rendam 10 kacang almond dalam air dan diamkan selama semalam.
  • Untuk hasil terbaik, anda bisa mengganti air rendaman dengan susu murni.
  • Esok paginya, kupas kulit kacang almond dan giling hingga menjadi butiran pasta
  • Campurkan almond tersebut dengan minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang banyak terdapat daki.
  • Gosok dengan lembut memakai gerakan melingkat sekitar 15 sampai 20 meit lalu bilas bersih dengan air hangat.

Cara menghilangkan daki dengan minyak kayu putih menjadi salah satu cara alami yang murah dan mudah untuk merawat kulit sekaligus memberikan kehangatan dan aroma yang menenangkan. Kayu putih juga merupakan bahan yang aman untuk kulit dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.