10 Cara Merawat Kulit dari Dalam Secara Permanen

Merawat kulit memang harus ekstra hati-hati untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun sebaik-baiknya merawat kulit, perawatan yang paling aman dan paling mudah dilakukan adalah perawatan dari dalam. Selain alami tanpa efek samping, hasil perawatan dari dalam juga dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan perawatan dari luar. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit Anda dari dalam:

1. Minum cukup air putih

Kulit yang mengalami dehidrasi menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik. Salah satu cara mengatasi kulit kering dan bersisik adalah dengan mengkonsumsi air putih sesuai anjuran. Minum air putih paling tidak 8 gelas sehari agar kulit tetap terhidrasi, sehingga kulit akan lembab sepanjang hari.

2. Suplemen vitamin

Salah satu cara merawat kulit dari dalam paling mudah adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin. Banyak suplemen vitamin C, E dan lainnya untuk kulit yang tersedia di pasaran yang bisa dicoba. Pastikan minum suplemen sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan karena malah akan menimbulkan masalah kesehatan lain.

3. Cukup tidur

Selain dapat meningkatkan risiko penyakit, tidur malam atau begadang juga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Kulit dapat mudah terkena jerawat, kusam dan berisiko mengalami penuaan dini. Sehingga, kualitas tidur harus dijaga untuk mencegah permasalahan kulit dan menjaga kulit tetap sehat.

4. Mengkonsumsi alpukat

Cara merawat kulit dari dalam adalah dengan menggunakan manfaat alpukat untuk kulit. Alpukat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit seperti air, vitamin A, B, C dan lainnya. Nutrisi ini adalah antioksidan yang mencegah radikal bebas, menjaga kelembaban alami kulit dan mencegah tanda penuaan dini.

5. Konsumsi sayur-sayuran

Selain kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan, sayur mayur juga dapat membuat kulit menjadi lebih putih. Sayur-sayuran seperti wortel atau tomat kaya akan vitamin C, A dan E yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah munculnya masalah kulit.

6. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang enak dan kaya akan vitamin. Vitamin C dalam buah pepaya, kiwi atau stawberry dapat digunakan sebagai cara merawat kulit tubuh agar mulus dan tampak lebih putih.

7. Olahraga teratur

Berolahraga tidak hanya dapat menjaga tubuh tetap bugar, tapi juga membuat kulit menjadi sehat dan segar. Olahraga teratur akan memicu produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen akan mencegah kulit mengalami penuaan dini, sehingga terasa kenyal, kencang dan tampak muda.

8. Minum susu kedelai

Susu kedelai memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan kulit. Manfaat susu kedelai untuk kulit adalah kandungan gluthation dan isoflavon yang dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal, glowing dan tampak lebih muda. Kedelai juga mengandung aktioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

9. Mengkonsumsi ikan

Ikan seperti ikan salmon mengandung gluthation untuk mencegah penuaan dini. Ikan salmon juga mengandung omega 3 untuk mencegah kulit dehidrasi dan menjaga kulit tetap elastis. Mengkonsumsi ikan dapat digunakan sebagai cara merawat kulit dari dalam, sehingga kulit akan tampak kencang dan tetap lembab.

10. Minum teh hijau

Teh hijau sering digunakan untuk detoksifikasi dan digunakan untuk menguruskan badan. Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas, yang bisa menjadi berbagai masalah kulit termasuk penyebab kulit kusam tak bercahaya.

Sekian ulasan mengenai beberapa cara merawat kulit wajah dan tubuh dari dalam. Semoga bermanfaat.