6 Cara Merawat Kulit Jeragat Secara Alami

Cara merawat kulit jeragat sangat perlu diketahui oleh kaum Hawa. Jeragat dalam bahasa medis dikenal dengan komedo atau bercak coklat. Jeragat ini biasanya terlihat seperti bintik-bintik hitam kecil yang memenuhi kulit wajah terutama di bagian pipi, hidung dan area mulut. Keberadaan jeragat ini terlihat lebih hitam dari kulit wajah sehingga membuat warna di wajah jadi tidak merata.

Jika memiliki kulit yang putih maka keberadaan jeragat ini sangatlah terlihat. Bagi yang berkulit hitam maka warna jeragat ini terlihat lebih hitam. Ukuran dari jeragat inipun berbeda-beda, ada yang berukuran besar tapi ada juga yang berukuran kecil.

Olesan berbagai kosmetik untuk menghilangkan jeragat ini merupakan solusi jangka pendek. Jika menggunakan kosmetik maka hanya akan bersifat sementara. Jadi apa yang mesti dilakukan jika di wajah sudah terdapat banyak jeragat? Dalam hal ini memang dianjurkan untuk langsung konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin menggunakan berbagai skin care di wajah.

Untuk memberikan kenyamanan dan terhindar dari efek samping yang membahayakan terutama pada kulit wajah, bahan alami ternyata dapat membantu menghilangkan kulit jeragat. Berikut ini ada beberapa cara merawat kulit jeragat dengan menggunakan bahan alami, diantaranya yaitu :

1. Lemon

Asid alpha hydroxy serta vitamin C yang besar dalam lemon sangat membantu untuk menghilangkan jeragat. Hal ini karena lemon mampu menghilangkan atau menggelupaskan kulit dan mempermudah perkembangan semua sel kulit.

Tidak hanya itu, lemon ini juga sangat membantu menghilangkan minyak berlebih karena sifat astringen yang terdapat di dalamnya. Sifat dari buah lemon memang terkenal sangat asam. Jadi ada kemungkinan bahan ini tidak cocok digunakan pada kulit yang sensitif.

Cara merawat kulit jeragat menggunakan bahan ini yaitu potong lemon dan usapkan ke bagian wajah. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibasuh. Ulangi hal tersebut setiap hari saat sebelum tidur untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

2. Cuka Apel

Sama seperti lemon, cuka apel juga bersifat astrigen yang mampu menghilangkan minyak berlebih di kulit wajah. Tidak hanya itu, sifat antiseptik serta antibakteria yang terdapat di dalamnya juga sangat membantu  dalam mengatasi kulit wajah berjeragat.

Cara merawat kulit jeragat menggunakan bahan ini cukup mudah.  Campurkan satu sendok kecil cuka apel dengan air, setelah itu gunakan untuk mencuci muka. Karena sifatnya yang sangat asam maka dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan bahan ini karena akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Jadi dianjurkan untuk melakukannya sekitar seminggu sekali.

3. Kulit Kayu Manis

Tidak seperti kedua bahan yang disebutkan di atas, maka bahan ini tidak bersifat mengikis. Kulit kayu manis biasanya digunakan sebagai masker wajah. Untuk lebih optimal, maka campurkan setengah sendok kecil serbuk bahan ini dengan setengah sendok kecil madu dan aduk hingga tercampur rata.  

Pemakaian yang sering yaitu sekitar 2 kali seminggu akan memberikan hasil yang maksimal. Pasti akan terlihat sangat memuaskan karena bahan ini bisa menghambat perkembangan jeragat baru yang akan muncul di kulit wajah.

4. Serbuk Oat

Ketika berbicara tentang serbuk Oat maka pasti akan membayangkan tentang makanan. Tentu saja ini benar! Oat selain sebagai makanan ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan jeragat di kulit wajah.

Bahan ini juga dipercaya bisa menghilangkan sel kulit mati dan berbagai kotoran yang terkumpul di wajah. Selain itu bahan ini juga mampu untuk menyerap minyak berlebih dan membuka pori-pori wajah yang tersumbat kotoran .

Cara merawat kulit jeragat dengan menggunakan bahan ini yaitu dengan menggabungkan serbuk oat ini dengan cuka apel, lemon atau madu untuk dijadikan seperti masker. Setelah semua tercampur, usapkan di wajah dan diamkan beberapa saat kurang lebih 20 menit. Lakukannya secara teratur sekali atau 2 kali seminggu.

5. Beras dan Kunyit

Untuk cara merawat kulit jeragat lainnya bisa menggunakan beras dan kunyit. Ambil beras secukupnya, kemudian rendam dengan air selama 1 jam. Selanjutnya tumbuk beras tersebut dengan 1 cm kunyit dan campur dengan jeruk nipis dan putih telur 1 biji. Jika sudah tercampur, usapkan secara merata ke wajah seperti menggunakan masker. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan air bersih.

6. Ampas Kelapa

Ampas kelapa merupakan salah satu bahan alami yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan jeragat. Cara sangat mudah yaitu ambil ampas kelapa secukupnya kemudian oleskan secara merata di seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau lebih, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Dengan rutin merawat kulit wajah karena jeragat menggunakan bahan alami bisa, kulit akan terlihat lebih sehat dan cantik. Meskipun demikian, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap bisa menjaga kulit wajah agar selalu terhindar dari jeragat, yaitu :

  • Mencuci Wajah Dengan Bersih Saat Sebelum Tidur

Janganlah tidur dengan wajah yang tidak bersih, apalagi jika wajah berminyak ataupun masih terdapat sisa kosmetik.

  • Gunakan Produk Kosmetik yang Bebas Bahan Kimia

Meskipun kulit wajah terlihat glowing tapi sebenarnya ini bisa menyebabkan kerusakan pada wajah. Jadi telitilah bahan kosmetik yang akan dipakai.

  • Jauhi Cahaya Matahari

Caranya dengan menggunakan pelindung matahari dan baju yang menutup kulit saat setiap kali berada di luar rumah.

  • Makanan yang Sehat dan Bergizi

Jadi jauhilah memakan makanan yang berlebih minyak. Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur mayur, minum air putih secukupnya untuk menyehatkan kulit dan tubuh.

Apabila rutin dalam melakukannya maka pasti didapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih maka akan menambah rasa percaya diri. Kecantikan akan selalu terpancar dari kulit yang sehat.