11 Cara Merawat Kulit Tipis dan Sensitif

Cara merawat kulit tipis dan sensitif mulai banyak dicari oleh banyak orang untuk menangani permasalahan kulit. Ketika kulit sangat mudah mengalami berbagai reaksi ataupun iritasi yang berlebihan terhadap beberapa faktor maka itulah kondisi kulit tipis dan sensitif. 

Faktor pemicunya antara lain berupa udara atau bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik. Adanya berbagai gangguan akibat dari kulit tipis dan sensitif ini menyebabkan berbagai masalah kulit wajah sehingga bisa menghilangkan kepercayaan diri.

Jika memiliki kulit yang tipis dan sensitif seperti ini maka memerlukan perhatian ekstra dalam hal perawatan. Jadi harus lebih selektif dalam memilih makeup dan produk perawatan kulit. Terjadi kesalahan sedikit pada kulit tipis dan sensitif maka akan mengalami banyak gangguan kulit. Berikut ini ada beberapa cara merawat kulit tipis dan sensitif yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu :

1. Belajar Dari Pengalaman

Jika pernah mengalami gangguan kulit seperti iritasi kulit dan sebagainya, maka ada baiknya untuk mencaritahu berbagai penyebab dari gangguan kulit tersebut. Berbagai reaksi yang terjadi di kulit janganlah terlalu disepelekan. Harus diketahui secara pasti semua pemicunya.

 2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Jangan terlalu sering membersihkan wajah merupakan salah satu dari perawatan wajah yang benar. Bisa dilakukan dua kali sehari, yaitu pada saat pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah yang terlalu sering juga bisa memperparah kondisi dari kulit tipis dan sensitif. Jadi jangan juga untuk terlalu sering melakukan sebuah eksfoliasi.

3. Gunakan Produk Khusus Untuk Kulit Tipis dan Sensitif

Dalam hal perawatan kulit tipis dan sensitif, sebaiknya menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk jenis kulit tersebut. Reaksi yang terjadi pada kulit itu biasanya terjadi karena banyaknya jenis bahan kimia yang terdapat di produk kosmetik.

Jadi untuk penggunaan pembersih wajah, maka sebaiknya gunakan berbagai bahan yang memang berasal dari bahan-bahan alami seperti halnya aloe vera dan vitamin E. Cara merawat kulit tipis dan sensitif maka pilihlah produk permbersih wajah yang lembut yang tidak menimbulkan alergi dan yang lainnya.

Sementara itu untuk pelembap, maka carilah yang tidak mengandung bahan pewangi dan juga tidak menyebabkan masalah alergi. Harus mengetahui dengan pasti berbagai zat dan senyawa kimia berbahaya yang bisa memunculkan reaksi di kulit. Jadi bisa memilih berbagai produk kosmetik atau skincare yang tepat untuk kulit tipis dan sensitif.

4. Teliti Kandungan yang terdapat di Produk Kosmetik

Cara merawat kulit tipis dan sensitif juga harus dilakukan dengan cara lebih teliti dan memperhatikan berbagai kandungan yang terdapat di produk kosmetik. Jangan gunakan berbagai produk yang mempunyai kandungan alkohol, sabun, dan juga wewangian.

 5. Jangan Terlalu Sering Berganti Produk

Perawatan untuk kuliti tipis dan sensitif lainnya yaitu jangan terlalu sering gonta ganti produk. Meskipun di pasaran tersedia banyak produk yang menawarkan produk untuk kulit tipis dan sensitif tapi janganlah mudah tergoda untuk mencobanya.

Seringnya berganti produk malah akan semakin membuat kulit tambah rusak. Gunakan produk kosmetik khusus kulit tipis dan sensitif yang tepat dan tidak perlu menggantinya lagi dengan produk lain juga sudah merasa tepat dan cocok.

6. Hindari Terkena Paparan Cahaya Matahari

Hindari terkena paparan cahaya matahari secara berlebihan yang bisa mengakibatkan kulit jadi ruam dan gatal. Gunakan topi supaya ruam dan juga gatal tersebut tidak bertambah parah. Perlu diketahui, ketika ruam mulai, maka kulit akan menjadi lebih mudah untuk terkena infeksi, bahkan sangat berisiko untuk menimbulkan dampak yang lebih serius.

7. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Omega-3

Cara merawat kulit tipis dan sensitif selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Omega-3 sangat dipercaya bisa memberikan ketahanan dan perlindungan pada kulit. Omega-3 bisa didapatkan di minyak ikan dan minyak biji rami.

8. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Aktivitas terlalu sering menyentuh wajah ini merupakan aktivitas yang berpotensi memindahkan kotoran dari jari ke wajah. Tentu saja  hal ini cukup berbahaya karena akan membuat kulit menjadi kotor dan akan memicu muculnya jerawat.

9. Evaluasi Setiap Produk

Iritasi yang terjadi pada kulit tipis dan sensitif memang bisa dengan mudah terjadi. Disinilah diperlukan sebuah evaluasi pada setiap produk yang dipakai. Jangan menganggap sepele masalah kulit wajah yang terjadi seperti mengabaikan berbagai reaksi yang terjadi di kulit. Harus bisa mengenali berbagai pemicu yang bisa saja terjadi dan berasal dari berbagai produk perawatan ataupun kosmetik tertentu.

10. Mengubah Pola Makan

Kesehatan kulit itu sangat berkaitan erat dengan pola makan yang sehat. Berbagai komponen yang menyehatkan itu bisa didapatkan dari buah, sayur dan makanan bergizi yang lainnya

Selain itu, untuk bisa mencegah terjadinya reaksi kulit tipis dan sensitif serta penuaan kulit bisa juga dilakukan dengan cara mengonsumsi berbagai tambahan suplemen, seperti:

  • Vitamin C
  • Evening primrose oil
  • Kolagen peptida
  • Asam lemak omega-3

11. Menjauhi Bahan Iritatif

Karena diketahui mudah mengalami suatu reaksi, maka kulit tipis dan sensitif sangat perlu menghindari berbagai pemakaian produk yang dianggap mengandung bahan iritatif. Berbagai bahan itu bisa seperti antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, dan sulfur (belerang) dan yang lainnya.

Itulah 11 cara merawat kulit tipis dan sensitif diketahui. Kulit yang tipis dan sensitif itu memang sangat rentan dengan berbagai macam gangguan kulit. Maka dari itu, harus bisa memahami dan mengetahui cara tepat untuk menanganinya.