10 Cara Merawat Kulit Sensitif dan Kering

Cara merawat kulit sensitif dan kering memang membutuhkan perawatan ekstra. Karena biasanya kulit sensitif dan kering sangat rentan mengalami iritasi, sering terkelupas, dan terasa perih apabila terpapar dengan suatu zat tertentu, misalnya bahan kimia pada produk kecantikan dan polusi.

Kulit sensitif dan kering biasanya disebabkan karena kurangnya nutrisi pada kulit. Itulah sebabnya, perawatan wajah perlu dilakukan agar dapat meminimalisir terjadinya kulit sensitif dan kering.

Merawat wajah agar tampak halus dan lembut memang menjadi hal yang sangat penting. Tetapi pada kondisi tertentu, kulit akan kehilangan cairan, sehingga membuatnya terasa kering dan sensitif. Agar masalah tersebut dapat dihindari, berikut ini adalah cara merawat kulit sensitif dan kering dengan baik dan benar :

1. Membersihkan Wajah Secukupnya

Normalnya, melakukan pencucian wajah hanya dilakukan dua kali sehari. Pemilik wajah sensitif dan kering biasanya disarankan mencuci wajah hanya pada pagi dan malam hari. Untuk mencuci wajah dengan tipe kulit sensitif dan kering, jangan pernah menggunakan air panas, karena akan tambah parah. Sebaiknya gunakan air sejuk atau bisa juga air suam-suam kuku. Setelah cuci muka pun jangan menggosok terlalu keras kulit wajah. Sebaiknya, tepuk-tepuk wajah secara perlahan-lahan dengan handuk yang lembut.

2. Memilih Produk Pembersih Wajah yang Tepat

Perlu berhati-hati juga dalam memilih produk pembersih wajah. Karena beberapa jenis produk pembersih wajah dapat menyebabkan kulit kering, sensitif, dan gatal-gatal setelah pemakaiannya. Cara mengatasi kulit sensitif dan kering adalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang memiliki kandungan ringan, bebas dari pewangi, alkohol, dan zat pewarna. Dan, pilihlah pembersih wajah yang memiliki bentuk gel, mengandung pelembab, serta mengandung ceramide yang dapat mengunci kelembaban pada kulit.

3. Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab setelah mencuci muka menjadi salah satu hal terpenting bagi si pemilik kulit sensitif dan kering. Pelembab memiliki fungsi meningkatkan retensi air pada kulit sehingga dapat mengunci dan menjaga kelembaban wajah setelah mencuci muka.

Penggunaan pelembab dapat dilakukan tiga kali sehari. Disarankan juga menggunakan pelembab pada wilayah yang memiliki suhu rendah, sebab pada suhu tersebut kelembaban udara akan turun dan menyebabkan kulit terasa kering. Tips bagi yang memiliki kulit sensitif dan kering, pilihlah pelembab yang mengandung ceramide, gliserin, hyaluronic acid, dan minyak mineral.

 4. Menggunakan Sunscreen

Baik bagi tipe kulit berminyak ataupun kering, penggunaan sunscreen memang sangat penting bagi wajah. Terkena sinar matahari berlebihan juga dapat menyebabkan kulit kering dan menjadi merah-merah. Itulah sebabnya penggunaan sunscreen sangat baik untuk wajah sensitif dan kering.

Disarankan memilih sunscreen dengan tingkat SPF minimal 15. Dioleskan pada wajah 20 menit sebelum bepergian keluar rumah. Mengoleskan sunscreen juga perlu walaupun cuaca sedang tidak panas ataupun tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Karena sinar ultraviolet pada matahari dapat merusak kulit walaupun cuaca sedang tidak panas.

5. Melakukan Eksfoliasi Seminggu Sekali

Melakukan eksfoliasi memang sangat penting agar sel-sel kulit mati yang ada di wajah bisa terangkat. Tetapi, bagi pemilik kulit sensitif dan kering sangat tidak disarankan menggunakan eksfoliasi jenis scrub. Lakukan eksfoliasi sebanyak satu kali dalam seminggu, jangan lakukan lebih dari satu kali agar kulit tidak semakin sensitif dan kering.

6. Menghindari Produk Skincare yang Dapat Menyebabkan Kulit Kering

Hindari penggunaan produk skincare yang mengandung alkohol, retinoid, dan pewangi karena dapat menyebabkan kulit semakin kering dan sensitif apabila digunakan penderita kulit kering. Jika suhu cuaca sedang rendah, alangkah baiknya mengurangi pemakaian toner, karena toner mengandung alkohol yang dapat menyebabkan kulit kering. Dan juga, pilihlah jenis pembersih wajah dengan bahan dasar krim.

7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mengatasi kulit kering juga dapat bisa dilakukan secara alami yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti wortel, alpukat, tomat, blueberry, dan kacang-kacangan. Jenis makanan tersebut dapat dicampur dengan menu sehari-hari ataupun dimasak secara khusus untuk kulit. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu kulit memproduksi sel-sel sehat. Karena kulit kering memiliki elemen yang dapat merusak sel kulit.

8. Meminum Air Putih

Cara merawat kulit sensitif dan kering yang paling mudah adalah dengan meminum banyak air putih agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Disarankan meminum 8 gelas air putih per tiap hari agar kulit dapat menjaga tingkat kelembaban secara alami. Dengan meminum air putih, masalah kulit wajah akan teratasi dan kulit akan menjadi lebih fresh.

9. Menggunakan Masker Alpukat

Walaupun sudah ada banyak merek masker siap pakai yang mengandung alpukat. Masker alpukat alami buatan sendiri tetap menjadi alternatif yang dipilih oleh bagi sebagian orang. Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya menggunakan alpukat dan madu. Alpukat dihancurkan, lalu campurkan madu dan siap dipakai untuk merawat kulit sensitif dan kering. Asam lemak pada alpukat memiliki sifat antibakteri alami. Dan pada madu, dapat menghidrasi kulit kering.

10. Memakai Pelembab Udara

Memakai pelembab udara di dalam ruangan juga bisa dijadikan alternatif pilihan dalam menangani kulit kering. Pelembab udara bekerja dengan cara menyemprot uap air ke udara. Pelembab udara dapat berfungsi menjaga kelembaban pada ruangan. Jadi kulit tidak akan terasa kering.

Itu tadi adalah beberapa cara merawat kulit sensitif dan kering. Bagi sebagian orang, memiliki kulit sensitif memang sangat merepotkan dan mudah sekali terkena iritasi. Oleh sebab itu, perlu ditangani secara khusus agar tidak semakin parah.