9 Cara Merawat Kulit Kering Agar Tetap Lembab

Kulit kering seringkali membuat permukaan kulit kasar, mengelupas, terasa perih, bahkan gatal. Jenis kulit kering tidak hanya disebabkan keturunan tapi bisa juga karena hormon, lingkungan, suhu tempat tinggal yang cenderung dingin atau panas sekali tapi bisa juga karena skincare yang tidak cocok. Berikut cara merawat kulit kering agar tetap lembab.

1. Hentikan Kebiasaan Mandi dengan Air Terlalu Panas

Bagi Anda yang senang mandi air panas, pastikan agar air yang digunakan tidak terlalu panas. Karena air yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi kering. Karena air yang terlalu panas akan membuat minyak alami di wajah menghilang.

Selain itu, jangan mandi terlalu lama karena bisa menghilangkan kelembaban kulit. Usahakan mandi air hangat hanya 5-10 menit saja.

2. Gunakanlah Handuk yang Lembut

Siapa sangka jika penggunaan handuk yang salah juga bisa membuat kulit menjadi kering. Buat Anda yang berjenis kulit kering, pastikan untuk memakai handuk yang lembut agar tidak merusak permukaan kulit serta menimbulkan iritasi.

Jangan pernah memakai handuk yang kasar saat mengeringkan kulit. Hindari menggosok kulit terlalu kencang saat mengeringkan kulit, cukup tepuk-tepuk secara pelan saja.

3. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Air putih jug memegang peranan penting untuk merawat kulit kering agar tetap lembab. Mengingat bahwa tubuh manusia terdiri dari 80% air, wajar jika saat kekurangan cairan, kelembaban kulit pun berkurang. Untuk itu pastikan minum 8 gelas air putih setiap hari.

Selain bagus untuk kesehatan, kelembaban kulit juga akan terjaga. Begitu juga saat berada di dalam ruangan berAC seharian, pastikan untuk memenuhi kebutuhan air harian Anda.

4. Gunakan Sunscreen

Rutinlah untuk menggunakam sunscreen, qpalagi jika sering terkena paparan sinar matahari langsung. Mengingat sinar matahari mengeluarkan radiasi UV dan berdampak buruk untuk kondisi kulit kering.

Kulit kering yang terkena radiasi UV akan semakin terlihat kusam, muncul flek hitam, kerutan halus, dan timbul tanda penuaan dini. Untuk menghindari hal itu, rutinlah memakai sunscreen setiap 2-3 jam agar kulit tidak semakin kering dan kusam.

5. Mengonsumsi Makanan Kaya Omega-3 dan Antioksidan

Salah satu cara merawat kulit kering adalah dengan rutin mengonsumsi makanan kaya omega-3 dan antioksidan. Hal ini dikarenakan antioksidan membantu tubuh menetralkan radikal bebas.

Antioksidan juga membantu memulihkan kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung serta polusi. Tidak hanya dari luar tapi melindungi dari dalam dan lebih efektif dari skincare mana pun.

Sama seperti antioksidan, Omega-3 juga memberikan banyak manfaat untuk kulit seperti menjaga kelembaban dan membuat kulit menjadi mulus. Selain itu, Omega-3 juga membantu menghilangkan garis-garis halus pada wajah dan iritasi akibat peradangan.

6. Minyak Almond

Salah satu cara merawat kulit kering agar tetap lembab adalah dengan menggunakan Minyak Almond. Minyak dari kacang almond ini terbukti ampuh mengatasi kulit kering bahkan pecah-pecah.

Caranya penggunaannya pun sangatlah mudah, cukup dengan mengoleskan minyak almond secukupnya pada wajah serta kulit lainnya yang terasa kering. Untuk hasil yang maksimal, pakailah secara rutin sebelum mandi.

7. Masker Buah

Menggunakan masker buah bisa membantu menjaga kelembaban kulit kering. Buah-buahan yang bisa digunakan seperti pisang, alpukat, serta pepaya. Buah-buahan ini bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menjaga kelembababn agar kulit tidak semakin kering.

Untuk membuat masker ini sangatlah mudah, cukup lumatkan buah pisang, alpukat, serta pepaya dan aduk hingga satu. Setelah mendapatkan tekstur yang diinginkan, bisa tambahkan bahan lain seperti madu.

Kemudian oleskan masker ke wajah dan kulit kering lainnya yang telah diberaihkan terlebih dahulu. Lalu diamkan selama 15 menit hingga mengering.

Kemudian gosoklah perlahan dan bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan secara rutin 2 kali seminggu.

8. Tidur malam

Tidur malam memegang peranan penting dalam menjaga kelembaban kulit. Bahkan kandungan air dapat menurun sampai 17% setelah 3 hari kekurangan jam tidur.

Tentu ini akan membuat kulit menjadi semakin kering. Untuk itu pastikan tidur cukup dan berkualitas agar kelembaban kulit dapat terjaga.

Selain itu, saat Anda tertidur di malam hari, sel-sel kulit juga beregenerasi serta menggantikan sel kulit yang lama. Tidak hanya itu, pola tidur juga sangat berpengaruh terhadap hormon pertumbuhan.

Sehingga saat jam tidur terganggu, secara otomatis hormon pertumbuhan untuk regenerasi kulit akan ikut terganggu. Jika begini kulit kering tidak akan bisa kembali karena sel kulit tidak dapat diperbaiki.

9. Selalu gunakan pelembap

Agar kulit sehat maka kondisi sebum dan kelembaban kulit haruslah seimbang. Tentu saja untuk mendapatkan kondisi kulit ini perlu rutin menggunakan skincare. Seperti toner dan lotion dengan fungsi melembapkan, hal ini dapat membantu menjaga kelembaban dan melindungi kulit.

Pastikan memilih produk skincare yang berfungsi untuk melembabkan jenis kulit kering. Karena kondisi kulit kering akan membutuhkan lebih banyak bahan ekstra agar kulit tetap lembab dan tidak mengalami pecah-pecah.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit agar tetap lembab, tidak hanya merubah kebiasaan sehari, bahan-bahan alami disekitar juga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban kulit.