Kenapa di Daerah Dingin Kulit Jadi Hitam, Yuk Simak Penjelasannya!

Matahari yang terik dan polusi tebal adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit menghitam, apalagi jika tanpa perlindungan juga kurang perawatan. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa berada di lingkungan yang panas menjadi penyebab utama menghitamnya kulit. Sedangkan orang yang berada di daerah dingin biasanya kulit bisa memutih secara alami. Padahal tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa kulit malah menghitam dan semakin kusam di daerah dingin. Nah pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab kulit hitam jika berada di daerah dingin.

Apa saja penyebabnya?

Terkadang di daerah yang dingin dan sejuk bisa saja minim sinar matahari, namun kulit tetap bisa berubah hitam dan kusam. Nah beberapa hal berikut ini bisa menjadi penyebab kenapa di daerah dingin kulit jadi hitam, antara lain:

1. Jarang mandi

Berada di daerah dingin kerap kali membuat hasrat untuk membersihkan diri hilang karena tidak tahan dengan cuaca dingin. Padahal debu, kotoran atau makeup di kulit tidak bisa bersih dengan sendirinya. Kulit akan semakin kering, sel kulit mati semakin menumpuk dan membuat kulit terlihat menggelap sekaligus kusam. Sehingga salah satu cara mengatasi kulit kusam dan hitam secara tidak langsung adalah dengan mandi secara rutin.

2. Jarang memakai tabir surya

Walaupun di daerah dingin, tabir surya tetap diperlukan dan harus digunakan setiap kali keluar rumah. Jangan kira jika di daerah dingin kulit tidak membutuhkan perlindungan dari tabir surya, karena UV A dan UV B tetap bisa merusak kulit di daerah dingin.

3. Menggunakan skincare yang salah

Penggunaan skincare juga bisa menjadi penentu kenapa di daerah dingin kulit jadi hitam. Di daerah dingin sebaiknya dihindari pemakaian skincare yang mengandung alkohol di dalamnya. Hal ini disebabkan karena daerah dingin memiliki udara kering, jika ditambah penggunaan skincare mengandung alkohol akan membuat kulit semakin rusak karena kehilangan nutrisi. Jika nutrisi di dalam kulit hilang maka bisa menjadi penyebab kulit kering dan kusam serta hitam.

4. Kurangnya hidrasi kulit

Tidak hanya membuat kulit kering dan bersisik, kulit yang kurang terhidrasi juga bisa membuat kulit hitam karena secara tidak langsung bisa merusak sel kulit. Kurang hidrasi maksudnya bisa kurang mengkonsumsi air atau makanan yang mengandung vitamin atau mineral, maupun kurang teratur dalam menggunakan pelembab kulit.

5. Mandi menggunakan air panas

Terlalu sering mandi dengan air panas adalah salah satu kebiasaan yang membuat kulit hitam karena dapat menghilangkan nutrisi alami di dalam kulit apalagi jika mandi berendam. Jika ingin mandi air hangat, sebaiknya menggunakan air hangat suam-suam kuku saja dan usahakan menggunakan sabun lembut yang tidak mengandung banyak busa.

Selain menghindari beberapa penyebab kulit hitam walaupun berada di daerah dingin di atas, untuk mencegah kulit hitam dan rusak ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Selalu gunakan sunscreen atau tabir surya tiap keluar rumah.
  • Jangan terlalu sering mandi air panas, alih-alih gunakan air hangat suam-suam kuku.
  • Gunakan produk pemutih badan dan wajah yang berstektur cream atau minyak, hindari produk mengandung alkohol.
  • Membersihkan kulit wajah dan mandi secara rutin.

Demikian informasi mengenai penyebab kenapa di daerah dingin kulit jadi hitam beserta penanganan yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.