19 Kebiasaan Yang Membuat Kulit Hitam Terburuk dan Wajib Dihindari

Kulit yang terlihat hitam bisa terjadi karena berbagai sebab selain karena faktor keturunan dan salah satunya adalah karena kebiasaan yang membuat kulit hitam. Banyak dari kita yang tidak menyadari tentang beberapa perilaku ternyata juga bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan hitam meskipun sudah melakukan perawatan kulit disalon ataupun di rumah. Berikut ini, kami akan berikan beberapa kebiasaan tidak bagus yang harus anda hindari penyebab kulit hitam dan terlihat kusam.

  1. Kurang Mengkonsumsi Air Putih

Manfaat minum air putih sebelum tidur dan selama beraktivitas memiliki banyak kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit seperti membuang racun dari dalam tubuh, menghidrasi tubuh dengan baik, mengencangkan kulit, melembabkan dan mencerahkan kulit dari dalam. Apabila anda tidak mengkonsumsi air putih yang cukup, maka bersiaplah menghadapi berbagai masalah kulit seperti timbul garis halus, keriput, kulit kering, mengelupas dan tentunya menghitam.

  1. Merokok

Jika anda termasuk pria atau wanita yang senang merokok, maka ini juga menjadi kebiasaan buruk yang harus sangat dihindari atau dihentikan sebab membuat kulit terlihat lebih hitam serta penyebab wajah terlihat tua. Dalam rokok mengandung zat karsinogenik yang akan merusak struktur kulit anda. Menghisap rokok juga akan menghilangkan kolagen dalam tubuh sehingga timbul banyak tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam dan berbagai masalah kulit lainnya.

  1. Tidak Memakai Pelembab

Lupa memakai pelembab untuk kulit kering dan kusam juga menjadi kebiasaan buruk yang akan membuat timbul keretakan pada permukaan kulit anda. Semakin hari, lapisan lemak alami pada kulit akan berkurang dan jika anda tidak menambahkan pelembab pada kulit, maka tampilan kulit dengan cepat akan berubah menjadi sangat kusam sekaligus menghitam.

  1. Konsumsi Asupan Manis Berlebihan

Sudah menjadi rahasia umum jika gula akan memberikan tampilan buruk untuk kulit dan juga tubuh. Tidak hanya merusak gigi dan menimbulkan banyak penyakit, namun makanan dan minuman manis menjadi penyebab kerusakan kolagen dan tingkat elastisitas kulit sehingga julit terlihat kusam, hitam dan muncul keriput.

  1. Mengkonsumsi Alkohol dan Kafein

Meskipun banyak manfaat alkohol untuk kulit, namun jika alkohol dan kafein dikonsumsi terlalu berlebihan maka akan memberikan efek buruk untuk kulit sehingga harus dihindari. Kedua jenis minuman ini akan menyebabkan dehidrasi kulit, sementara alkohol juga akan menyebabkan radang pada organ hati sehingga racun semakin menumpuk dalam organ hati dan hasilnya kulit terlihat kusam, iritasi, lebih tua dari umur sebenarnya dan lebih hitam.

  1. Terpapar Sinar Matahari Berlebihan

Musuh utama dari kulit yang sehat adalah sinar matahari terlalu berlebihan. Sinar ultraviolet dari matahari berpotensi untuk merusak kulit dan apabila terjadi dalam jangka waktu lama, maka akan membuat tampilan kulit menjadi kusam dan tentunya hitam. Cara mencegah kulit terbakar paling baik adalah dengan menggunakan sunblock saat keluar rumah khususnya di siang hari.

  1. Tidur Larut Malam

Tidur menjadi sangat penting untuk tubuh beristirahat dan memperbaiki tekstur kulit. Tidur pada malam hari sangat baik dalam meremajakan kulit dan membangun sel tubuh yang rusak. Apabila tubuh tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari, maka energi akan terkuras habis sehingga akhirnya tampilan kulit anda menjadi lebih hitam serta kusam.

  1. Diet Tinggi Karbohidrat Namun Rendah Serat

Makanan tinggi akan karbohidrat olahan yang sering terdapat dalam makanan siap saji memang praktis untuk dinikmati kapan saja dan dimana saja. Akan tetapi, kandungan rendah serat dalam makanan ini akan mengurangi kesehatan kulit. Gula yang di proses dalam tubuh akan langsung mengalir dalam kulit dan menyebabkan tampilan kulit tidak merata serta kusam secara menyeluruh.

  1. Tidak Mencuci Alat Makeup

Tidak dipungkiri jika para wanita terkadang lupa untuk membersihkan berbagai alat makeup sepertu brush atau sikat yang digunakan untuk bedak atau blush on. Berbagai kuman dan bakteri yang menumpukan pada alat make up tersebut secara terus menerus akan diaplikasikan kembali ke permukaan kulit dan akhirnya menimbulkan banyak masalah sebab pori pori wajah tertutup tidak hanya dengan make up, namun juga bakteri yang terkumpul didalamnya sehingga kulit terlihat tebal dan menghitam.

  1. Mengkonsumsi Junk Food

Selain menjadi penyebab kulit tangan keriput, pola makan yang buruk juga menjadi penyebab utama kulit terlihat kusam dan menghitam. Menghilangkan unsur sayur dan buah dalam makanan olahan tersebut ditambah dengan karbohidrat, lemak dan berbagai zat buruk lainnya tentunya menjadi penyebab dari tampilan kulit hitam tersebut.

  1. Mandi Air Panas

Meskipun sangat menyenangkan, manfaat air hangat untuk wajah dan mandi air panas yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat lapisan kulit paling atas menjadi kering dan kusam sehingga menjadi kebiasaan buruk yang harus dihindari.

  1. Tidur Dengan Makeup

Saat pulang beraktivitas di malam hari dan tubuh terasa letih, para wanita seringkali malas dan tidak sempat untuk membersihkan sisa makeup yang ada di wajah dan langsung pergi tidur. Tidur dengan riasan yang masih menempel pada wajah ini akan menyumbat pori pori wajah dan jika dilakukan secara terus menerus, maka akan membuat tampilan kulit kusam dan hitam.

  1. Memakai Scrub Kasar

Mengelupas sel kulit mati tidak harus terasa menyakitkan sebab menggosok atau mengelupas kulit dengan memakai scrub yang kasar akan mengakibatkan kulit memerah, radang dan timbul bercak sekaligus menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit anda. Scrub kasar yang berpasir ini menyebabkan tekstur kulit jadi kasar, membengkak dan menyumbat pori pori kulit sehingga bercak bercak pada kulit semakin lama akan bertambah dan kulit terlihat lebih hitam.

  1. Mengkonsumsi Garam Berlebih

Walau banyak manfaat garam bagi wajah dan manfaat garam untuk kulit, namun jika mengkonsumsi makanan tinggi garam membuat beberapa jaringan tubuh mengalami pembengkakan. Selain itu, kandungan yodium tinggi dalam garam akan membuat warna kulit semakin gelap dan menghilangkan minyak alami pada kulit. Hindari kebiasaan buruk menambahkan garam pada makanan atau masakan karena akan memperburuk keadaan kulit anda.

  1. Memakai Perawatan Kulit Beralkohol

Alkohol yang ada dalam berbagai produk perawatan dan pembersih wajah berfungsi agar kosmetik tersebut lebih awet dan mengecilkan pori pori kulit. Produk kecantikan yang mengandung alkohol ini juga berdampak buruk bagi kulit yakni mengeringkan kulit, mengiritasi kulit dan merusak kulit secara menyeluruh sehingga harus dihindari.

  1. Mengkonsumsi Produk Susu

Manfaat susu untuk rambut bisa didapatkan dengan cara mengaplikasikan susu secara topikal. Minum satu gelas susu memang sangat baik untuk pertumbuhan. Akan tetapi dalam susu juga mengandung hormon bersifat androgenik yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit seperti berjerawat dan kusam sekaligus penuaan dini. Susu dan berbagai produk olahan susu menjadi asupan protein yang harus dibatasi untuk menjaga kesehatan kulit anda.

  1. Memakai Banyak Kortison

Kortison adalah produk yang sering ditemukan pada kotak P3K untuk mengatasi ruam dan juga gigitan serangga. Kortison merupakan sejenis steroid dimana dalam penggunaan jangka panjang akan menyebabkan takipilaksis sehingga kulit semakin rusak dan menimbulkan rasa gatal berlebihan serta perubahan warna kulit yang semakin gelap. Kebiasaan memakai krim kortison ini akan menyebabkan kolagen rusak sehingga kulit semakin tipis dan akhirnya tampilan kulit anda akan semakin hitam.

  1. Mengkonsumsi Obat Obatan

Meskipun sudah ada alasan yang sangat jelas untuk menghindari konsumsi obat obatan terlarang, namun masih banyak orang yang tidak menghiraukan bahaya dalam beberapa jenis obat terlarang tersebut.  Kebiasaan buruk yang terus dilakukan ini juga akan menimbulkan masalah lain yakni kesehatan kulit buruk yang harus siap anda hadapi. Kulit akan menjadi sangat kering berwarna gelap dan kusam yang terjadi karena tubuh sudah terinfeksi.

  1. Tidak Memakai Sunblock

Saat siang hari dan anda sering beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai sunblock, merupakan salah satu penyebab dari rusaknya kesehatan kulit anda sehingga timbul berbagai masalah penuaan dini dan juga warna kulit yang semakin gelap dan kusam. SPF 15 sangat disarankan untuk digunakan sehari hari saat beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari efek buruk dari sinar matahari.

Demikian ulasan dari kami tentang kebiasaan yang membuat kulit hitam dan terkadang kita selalu lakukan tanpa disadari ada efek buruk untuk kulit yang harus anda hadapi. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan buruk diatas agar tampilan kulit tetap terlihat putih bersih sekaligus terawat.