6 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya

Banyak wanita memiliki kulit lebih hitam di bagian lehernya. Keadaan leher hitam tentu sangat mengganggu penampilan, karena warnanya tidak merata dengan warna kulit wajah dan sekitarnya. Masalah kulit ini bisa muncul karena disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor dari dalam ataupun faktor dari luar. Nah, berikut ini penyebab leher hitam yang penting untuk diketahui.

Penyebab Leher Hitam

Ada beberapa penyebab leher hitam, seperti berikut ini:

1. Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab leher hitam. Acanthosis nigricans adalah keadaan dimana leher hitam sejak  lahir. Dimana keadaan ini akan bertambah parah seiring dengan bertambahnya berat  badan dan usia. Selain itu, adanya kelainan pada kelenjar endokrin juga dapat menjadi penyebab mengapa kulit leher menjadi hitam. Kelainan endokrin dapat meningkatkan nafsu makan yang berlebih sehingga pada akhirnya akan menyebabkan obesitas dan menghitamnya kulit pada leher.

2. Penyakit Diabetes

Kulit leher yang menghitam lebih sering dialami oleh orang gemuk. Penderita diabetes juga biasanya sering mengalami kulit leher hitam. Noda hitam pada leher ini biasanya berwarna cokelat mirip dengan kain beludru, atau bahkan berwarna hitam seperti daki. Penyakit gula ini dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin, sehingga akan menyebabkan poliferasi, serta warna kulit luar leher menjadi hitam.

3. Penyakit Addison

Gejala yang muncul pada penyakit addison salah satunya yaitu perubahan warna kulit menjadi gelap, termasuk pada bagian leher. Penyakit addison itu sendiri merupakan gangguan yang menimpa kelenjar adrenal yang tidak bisa menghasilkan hormon dalam jumlah yang dibutuhkan. Penyakit addison biasanya sering dialami oleh orang dengan  rentang usia 30  sampai 50 tahun. Tidak hanya perubahan warna kulit saja, penyakit ini juga ditandai dengan gejala lainnya seperti menurunnya nafsu makan, mudah lelah, keadaan gula darah rendah, hilang kesadaran, dehidrasi dan pinggang terasa sakit.

4. Penyakit Hypothyroidism

Penyakit hypothyroidism ini merupakan jenis penyakit yang menyerang kelenjar tiroid.  Gejala yang ditunjukan akibat penyakit ini yaitu menghitamnya bagian kulit, bahkan kulit pun menjadi kering. Selain itu, gejala lainnya dari penyakit ini yaitu sembelit, mudah lelah, sakit otot, rambut rontok dan menstruasi tidak teratur.

5. Gaya Hidup

Leher hitam juga bisa disebabkan oleh faktor dari luar tubuh. Gaya hidup dapat menjadi salah satu penyebab dari luar mengapa leher hitam. Gaya hidup yang tidak sehat seperti jorok mandi dan malas membersihkan kulit leher dapat menjadikan kulit leher hitam karena terdapat kotoran  yang menempel.

6. Matahari

Sinar matahari juga bisa menjadi  penyebab kulit leher hitam. Bagian leher yang tidak tertutupi saat berakitivitas di bawah sinar matahari dapat membuat kulit leher hitam dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya.

Cara Mengatasi Kulit Leher Hitam

Penyebab kulit leher hitam karena faktor dari dalam seperti penyakit diabetes, penyakit hypothyroidism, dan penyakit addison untuk mengatasinya tentu harus dikonsultasikan atau melakukan pengobatan oleh dokter. Sedangkan jika penyebabnya karena faktor dari luar, seperti gaya hidup dan sinar matahari, untuk mengatasinya anda bisa melakukan beberapa cara alami seperti di bawah ini.

1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit sudah terkenal efektif. Lidah buaya bisa menjadi  langkah alternatif untuk mengatasi kulit leher hitam. Dengan memanfaatkan lidah buaya, maka kulit leher anda akan kembali cerah seperti sebelumnya. Lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membentuk sel kulit baru dan mencegah terjadinya infeksi. Simak cara menghilangkan leher hitam dengan cepat menggunakan lidah buaya di bawah ini.

  • Siapkan lidah buaya secukupnya saja. Kemudian manfaatkan gel atau getah lidah buaya.
  • Oleskan getah lidah buaya tersebut pada  leher anda yang hitam.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu bersihkan dengan menggunakan air. Agar hasilnya maksimal anda bisa melakukannya dengan rutin.

2. Mentimun dan Lemon

Manfaat mentimun untuk wajah cukup banyak. Mentimun dan lemon bisa anda manfaatkan untuk mengatasi kulit leher hitam. Yuk  simak cara memutihkan leher di bawah ini.

  • Siapkan mentimun dan buah lemon secukupnya saja.
  • Kemudian parut mentimun dan campurkan dengan air perasan lemon. Aduk kedua bahan tersebut sampai merata.
  • Setelah itu, oleskan pada leher yang hitam dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Apabila  sudah mengering, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air dingin.

3. Kulit Jeruk

Jangan buang kulit jeruk, karena kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit leher hitam. Penasaran seperti apa caranya? Yuk simak di bawah ini.

  • Siapkan kulit jeruk secukupnya saja. Lalu jemur sampai mengering.
  • Jika sudah, haluskan kulit jeruk yang sudah kering tersebut dengan menggunakan blender.
  • Setelah itu, campurkan kulit jeruk yang  sudah bubuk dengan sedikit susu. Kemudian aduk hingga membentuk  masker.
  • Selanjutnya, oleskan pada bagian leher belakang yang hitam dan diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jika sudah, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin.

Itulah cara mengatasi leher hitam karena penyebab leher hitam faktor dari luar. Semoga bermanfaat.