6 Perbedaan Freckles dan Flek Hitam di Wajah

Freckles merupakan bintik berwarna merah hingga menghitam, namun biasanya berwarna kecoklatan pada sebagian besar orang. Jika dulu freckles dinilai sebagai kekurangan di kulit wajah yang harus ditutupi, saat ini banyak orang yang bahkan membuat freckles palsu dengan make up untuk mendapatkan penampilan natural dan menarik.

Terkadang freckles ini disamakan dengan bintik atau flek hitam, yang mana juga sering muncul di wajah berwarna kehitaman. Padahal kedua hal tersebut merupakan dua hal berbeda, yang penyebab freckles dan penyebab bintik hitam pada wajah juga berbeda. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan freckles dan flek hitam. Simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Pengertian

  • Freckles merupakan bintik kecoklatan di wajah yang biasanya muncul di kulit wajah di sekitar pipi dan hidung namun juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti lengan, bahu bagian atas dan lainnya.
  • Flek hitam merupakan bintik atau noda berwarna hitam gelap yang pada umumnya muncul di area pipi di bawah mata.

2. Penyebab

  • Freckles diproduksi oleh sel melanosit yang akan meningkatkan pembentukan melanin, sehingga terbentuk freckles. Biasanya freckles dialami dari anak-anak hingga dewasa, yang biasanya dialami oleh orang ‘western’ ataupun keturunannya. Freckles biasanya akan semakin kentara di bawah sinar matahari atau cuaca panas, akan memudar pada musim atau cuaca dingin dengan sendirinya.
  • Flek hitam disebabkan karena terjadinya hiperpigmentasi kulit akibat paparan berlebih sinar matahari dan cenderung merupakan gejala penuaan dini kulit (age spot). Flek hitam bisa menjadi penyebab wajah terlihat tua di usia muda, karena dapat dialami oleh usia 20-50 tahun.

3. Warna

  • Freckles pada umumnya berwarna kecoklatan namun bisa juga berwarna kuning, kemerahan, coklat muda, coklat dan hitam.
  • Flek hitam umumnya berwarna hitam gelap saja, yang merupakan perbedaan freckles dan flek hitam paling utama.

4. Ukuran

  • Freckles biasanya berbentuk bintik-bintik berukuran kecil yang keberadaannya tersebar, tidak bergerombol di satu tempat saja, namun tidak menjadi penyebab wajah kusam tak bercahaya.
  • Flek hitam pada umumya memiliki ukuran yang lebih besar dan bentuknya lebih bulat (lebih teratur) dibandingkan dengan freckles, yang keberadaannya bisa bergerombol atau menyebar.

5. Bahaya

  • Freckles merupakan bintik coklat yang tidak menimbulkan bahaya untuk kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena bisa hilang dengan sendirinya dan bisa memudar seiring bertambahnya usia seseorang.
  • Flek hitam yang disebabkan karena hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari secara berlebihan bisa membahayakan jika tidak dilakukan cara menghilangkan flek hitam di wajah. Penyakit paling parah yang bisa disebabkan karena paparan terus menerus sinar matahari bisa mengakibatkan kanker kulit.

6. Cara penanganan

  • Freckles bisa memudar begitu saja ketika seseorang bertambah dewasa, sehingga tidak perlu dilakukan penanganan khusus untuk menghilangkan freckles ini di wajah.
  • Flek hitam dapat ditangani dengan melakukan perawatan wajah secara rutin atau perawatan di klinik kecantikan. Beberapa cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah dengan menggunakan scrub wajah, masker wajah, serum atau skincare lainnya yang berguna untuk mengatasi kehitaman di kulit.

Jadi pada dasarnya freckles merupakan kondisi kulit alami seseorang semenjak kecil dan tidak berbahaya, sedangkan flek hitam kondisi yang biasanya dialami orang ketika dewasa dan berbahaya jika dibiarkan. Demikian pembahasan mengenai perbedaan freckles dan flek hitam di wajah. Semoga bermanfaat.