9 Perbedaan Lipstik Revlon Asli Dan Palsu Harus Dicermati

Revlon adalah salah satu merk lipstik ternama buatan luar negeri yang telah lama dikenal dan menjadi produk sangat laris di Indonesia. Beberapa jenis kosmetik Revlon bahkan telah diproduksi di dalam negeri, sehingga harga jualnya bisa lebih murah daripada produk impornya. Sebagian besar wanita dewasa yang senang berdandan dan memperhatikan penampilan pasti mengenal merk Revlon. Selain kualitasnya yang tidak diragukan lagi, produk Revlon juga berharga jual tidak terlalu tinggi sehingga lumayan terjangkau. Revlon juga memiliki merk lipstik tahan lama yang diamankan oleh petugas.

Semua faktor itu membuat Revlon sangat disenangi oleh para pengguna kosmetik bahkan yang masih dalam tahap pemula. Sayangnya, cakupan pasar yang sangat besar dan laris membuat para produsen nakal juga tergiur untuk meraup keuntungan, namun dengan cara memasarkan produk palsu. Produk Revlon palsu ini telah beredar luas tidak kalah dengan produk aslinya, dengan memanfaatkan ketidak tahuan konsumen yang masih awam mengenai kosmetik asli. Banyak toko – toko yang tidak waspada telah menjadi tempat beredarnya kosmetik Revlon palsu ini, dan dibeli oleh para wanita yang tertarik pada harganya yang murah.

Membedakan Lipstik Revlon Palsu dan Asli

Ketidak tahuan akan adanya produk Revlon palsu merupakan suatu hal yang tidak dapat dibiarkan karena efek samping produk palsu tersebut bisa jadi sangat berbahaya. Apabila Anda tidak dapat mengenali ciri – ciri produk Revlon palsu, Anda bisa jadi akan mengalami masalah dengan kesehatan kelak. Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu yang dapat Anda simak adalah seperti berikut ini:

1. Kemasan

Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu pertama – tama bisa dilihat dari kemasannya. Tulisan REVLON pada kemasan yang asli atau original lebih kecil daripada kemasan palsu, begitu juga dengan latar belakang emasnya yang berukuran lebih kecil. Merk lipstik yang aman tentunya juga dapat dilihat dari ciri – ciri pada kemasannya. Anda juga dapat mencoba cara membuat lipstik matte sendiri di rumah agar dapat mengontrol sendiri bahan – bahan yang digunakan.

2.Barcode

Lipstik Revlon asli memiliki barcode yang tertempel di plastik kemasan segel lipstik sebelum dibuka, sedangkan Revlon palsu tidak memiliki barcode, nomor BPOM, atau tanda halal dari MUI. Pada kemasan lipstik palsu biasanya hanya tertera cetakan kandungan bahan lipstik namun dengan huruf yang kurang jelas dan posisi yang kurang simetris.

3. Kode Lipstik

Nomor lipstik yang tertera di kemasan Revlon palsu adalah 01-12 hanya ditambahkan angka 1 di depannya agar mirip dengan produk asli sehingga terkesan sembarangan. Nomor atau kode lipstik tersebut sangat berbeda dengan kemasan asli Revlon yang nomornya terdiri dari tiga digit angka asli, yang bisa Anda cek di website resmi Revlon. Selain itu di bagian bawah setelah tulisan angka kode warna lipstik asli, hanya terdapat tulisan berat lipstik saja. Sedangkan pada produk palsu, seringkali ada tambahan tulisan lain – lain lagi.

4. Ejaan yang Salah

Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu juga bisa terlihat dari ejaan yang salah. Perhatikan jenis huruf dan penampilan tulisan pada kemasan, apakah ada kejanggalan pada ejaannya. Tulisan pada lipstik palsu tertera ‘SuperLustrious Lipstick’ sedangkan yang benar seharusnya ‘SuperLustrous Lipstick’.

5. Hasil Warna

Hasil warna Revlon asli lebih pigmented daripada produk yang palsu. Pada lipstik Revlon asli, warnanya langsung tampak dengan sekali usap. Sedangkan Revlon palsu harus dioleskan beberapa kali jika ingin warnanya tampak jelas dan keluar di bibir. Dengan kata lain, warna lipstik Revlon palsu lebih tipis daripada yang asli.

6. Hasil Polesan
Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu lainnya, hasil polesan lipstik palsu Revlon jauh lebih glossy daripada yang asli. Hal ini berarti hasil polesan lipstik palsu akan tampak jauh lebih mengkilap jika digunakan pada bibir. Hal ini tentunya akan mengesankan bibir yang terlalu mengkilat atau tampak berminyak. Cobalah beberapa merk lipstik glossy yang bagus untuk mendapatkan efek glossy yang tepat.

7. Ketahanan Lipstik
Lipstik Revlon palsu lebih mudah menempel daripada lipstik yang asli. Hal ini dapat dibuktikan melalui pemakaiannya. Ketika dipakai lipstik akan lebih mudah berpindah pada permukaan gelas, menempel di kulit, tisu, dan permukaan lain yang bersentuhan dengan bibir sehingga sangat mudah hilang. Untuk itu cara membuat lipstik tahan lama diperlukan. Revlon asli adalah salah satu merk lipstik yang tidak hilang saat makan.

8. Kualitas Polesan
Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu ketika digunakan pada bibir, lipstik asli tidak menggumpal sementara lipstik palsu sangat terlihat menggumpal. Gumpalan tersebut akan sangat terlihat terlebih ketika pemakainya sedang tersenyum sehingga membuat bibir tampak seperti bentol – bentol tidak rata. Lakukan cara memilih lipstik sesuai warna bibir agar wajah semakin tampak sempurna.

9. Harga Jual
Perbedaan lipstik Revlon asli dan palsu juga dapat dilihat dari harga jualnya. Harga jual tentu sudah diperhitungkan dengan biaya produksi dan lain sebagainya, jadi sangat tidak masuk akali bila adalipstik yang dijual dengan harga sangat murah. Lipstik Revlon palsu memiliki standar harga sendiri yang telah ditetapkan dari produsen, jadi jika Anda menemukan lipstik Revlon yang dijual murah sekali bahkan dijual lusinan, maka kemungkinan produk tersebut palsu.

Apabila Anda ingin membeli produk Revlon di toko yang kurang terpercaya, maka perlu diketahui perbedaan lipstik Revlon asli dengan palsu. Untuk itu Anda dapat mencari ciri – ciri yang telah disebutkan di atas, dan mencermati fisik kemasan lipstik Revlon tersebut. Pastikan ada nomor BPOM, tanggal kadaluarsa, kandungan bahan yang tertera, juga jangan lupa untuk melakukan pengujian lipstik dengan emas untuk memastikan ada tidaknya kandungan merkuri. Lakukan tes alergi lebih dulu untuk memastikan lipstik memang aman. Ingatlah agar tidak tergiur promosi yang tidak masuk akal atau harga murah. Lipstik Revlon palsu memang harganya lebih terjangkau, tetapi bahayanya akan membuat Anda mengalami berbagai masalah kesehatan.