8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Aspirin Secara Cepat

Memiliki rambut sehat dan cantik merupakan dambaan setiap orang. Hanya saja, tidak sedikit orang memiliki masalah pada rambutnya. Salah satu masalah pada rambut yang sering terjadi yaitu ketombe. Serpihan ketombe dapat jatuh pada baju anda dan akan terlihat orang lain. Jika hal tersebut terjadi, tentunya akan sangat memalukan. Tidak hanya itu, ketombe juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada kepala anda. Kulit akan terasa sangat gatal dan mengganggu.

Tentu banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ketombe. Selain menggunakan shampo khusus ketombe atau menggunakan cara alami menghilangkan ketombe atau cara menghilangkan ketombe secara alami , anda juga bisa mengatasi ketombe yang membandel dengan menggunakan aspirin.  Lantas apa itu aspirin?

Aspirin itu sendiri merupakan nama sebuah tablet yag di dalamnya terdapat kandungan zat aktif asam asetil salisila yang biasanya digunakan untuk mengatasi pilek dan sakit kepala ataupun demam. Namun disamping manfaatnya tersebut aspirin dapat membantu mengatasi ketombe.  Ingin tahu seperti apa cara menghilangkan ketombe dengan aspirin? Yuk  simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Aspirin

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan sebagai cara menghilangkan ketombe dengan aspirin.

  1. Langkah pertamakali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti aspirin sebanyak kurang lebih 3 sampai 4 tablet. Lalu shampo biasa yang anda gunakan.
  2. Setelah itu, hancurkan aspirin yang sudah anda siapkan tadi hingga menjadi serbuk. Sisihkan.
  3. Langkah selanjutnya yaitu dengan mencampurkan aspirin yang sudah anda hancurkan dengan shampo yang biasa anda gunakan sehari-hari. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur rata.
  4. Kemudian, aplikasikan campuran aspirin dan shampo pada rambut anda dengan merata.
  5. Saat anda mengaplikasikan bahan ini, anda bisa sambil memijat kulit kepala anda dengan lembut dan perlahan selama beberapa menit. Diamkan sebentar saja.
  6. Selanjutnya, bilas atau bersihkan rambut anda dari mulai ujung hingga ke akar.
  7. Bilas sekali lagi rambut anda hingga benar-benar bersih.
  8. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin atau sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Manfaat Aspirin Untuk Mengatasi Ketombe

Aspirin diketahui memiliki manfaat antiseptik  yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Sehingga dengan begitu, aspirin dipercaya mampu mengurangi atau sebagai cara mengatasi ketombe membandel.

Selain dapat mengatasi ketombe, aspirin juga mampu membantu mengatasi sebum atau minyak pada kulit kepala sehingga dengan begitu dapat membantu meminimalisir munculnya ketombe yang disebabkan oleh rambut berminyak.

Penyebab Ketombe

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab rambut ketombe.

1.  Kulit Iritasi atau Berminyak

Keadaan ini merupakan salah satu penyebab kulit berminyak yang sering sekali terjadi. Dimana keadaan ini biasanya ditandai dengan kulit yang kemerahan, juga berminyak yang tertutup oleh sisik putih dan kuning.

2. Tidak Memperhatikan Kebersihan Rambut

Menjaga kebersihan rambut adalah penting untuk dilakukan guna menghindari berbagai macam masalah rambut, termasuk ketombe. Jika anda mengabaikan kebersiha rambut anda, maka minyak serta sel-sel kulit yaang terdapat pada kulit kepala anda akan menyebabkan terjadinya ketombe.

3. Kulit Kering

Penyebab kulit kering pada kepala juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe. Hanya saja, serpihan kulit kering biasanya lebih kecil dan tidak berminyak dibandingkan dengan penyebab ketombe yang lainnya.

4. Sensitif

Sensitivitas terhadap produk atau bahan tertentu yang terkandung dalam produk perawatan rambut ataupun pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala gatal, merah dan bersisik.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan ketombe dengan aspirin, manfaat aspirin untuk mengatasi ketombe dan penyebab ketombe.