20 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Memiliki rambut yang indah bersih dan sehat pasti menjadi impian setiap wanita yang ada di dunia ini. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan rambut setiap hari ya ladies. Jika kamu tidak menjaga kebersihan, maka yang akan terjadi adalah masalah pada kulit kepala mu, masalah yang sering muncul ada ketombe pada kulit kepala. Masalah ini kerap kali muncul pada pria maupun wanita, dan untuk meminimalisir serta mengatasinya, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Keramas

Keramaslah paling tidak 2 hari sekali ya ladies, dan pastikan jika rambut selalu bersih. Jarang keramas atau malas keramas bisa menyebabkan rambut mu tampak lebih kusam, kering dan bahkan berketombe. Dan jika rambut sudah berketombe, maka akan sulit sekali untuk diatasi, karena kamu harus menyesuaikan pengoabatan ketombe dengan jenis kulit kepala serta rambut mu.

  1. Tidur cukup

Tidurlah yang cukup agar kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat, baik kulit kepala maupun anggota tubuh lainnya. Kamu harus bisa beristirahat dalam sehari sekitar 6-7 jam, dan pastikan jika tidur mu berkualitas ya ladies. Jangan begadang jika tidak ada perlu dan manfaatnya, karena dengan begadang kamu akan membuat kecantikan mu berkurang. Begadang bisa membuat kulit lebih mudah mengalami penuaan dini, kusam, kering dan bahkan keriput.

  1. Kurangi makanan berminyak

Kurangilah makanan yang mengandung lemak ya ladies, mengapa begitu? Karena bisa jadi ketombe yang muncul pada kulit kepala mu dikarenakan banyaknya konsumsi minyak dari diri mu, dan untuk itu sebaiknya kamu mengurangi makan makanan yang mengandung minyak. Jauh lebih baik mengonsumsi makanan yang di kukus, di rebus dan bahkan di oven saja ladies.

  1. Minum air putih

Minumlah air putih 8 gelas perhari untuk mengindari munculnya ketombe pada kulit kepala mu. Konsumsi air minum yang sehat dan bersih, cara menentukan bagaimana air putih yang sehat adalah dengan mencium apakah ada bau, jika ada berarti tidak layak untuk diminum. Air putih yang sehat adalah air putih yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berawarna. Berusahalah mengonsumsi asupan yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh ya ladies.

  1. Rajin menyisir rambut

Sisirlah rambut mu setiap pagi, sore dan malam hari. Menyisir rambut secara rutin akan membuat rambut tetap sehat, terhindar dari kerontokan dan bahkan meminimalisir munculnya ketombe pada kulit kepala. Ketika kamu usai keramas juga sebaiknya menyisir rambut setelah rambut sudah kering, dan sebelum keramas juga sebaiknya disisir juga ya ladies.

  1. Gunakan hair tonic

Hair tonic adalah salah satu produk kosmetik untuk rambut dan menyegarkan kulit kepala serta dapat digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut pitak. Tahukah kamu jika hair tonic juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati ketombe serta sebagai satu cara membuat rambut bervolume. Kamu bisa menggunakan hair tonic dengan kandungan gingseng atau bahkan bisa juga dengan menggunakan hair tonic yang mengandung lidah buaya. Kamu bisa menggunakan hair tonic seusai keramas di pagi ataupun sore hari. Dan ingatlah untuk tetap mengecak izin BPOM pada produk dan juga tanggal kadaluwarsanya ya ladies.

  1. Kurangi aktivitas diluar ruangan

Kurangilah aktivitas di luar ruangan untuk meminimalisir munculnya ketombe pada rambut. Kamu bisa lebih sering beraktivitas di luar ruangan saja ya ladies, dan pastikan jika rambut serta kepala terlindungi. Aktivitas di luar ruangan bisa menyebabkan rambut dan kepala mudah terkena polusi dan paparan sinar matahari, sehingga hal ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan kulit kepala yakni ketombe.

  1. Hindari berhijab saat rambut basah

Hindarilah menggunakan hijab ketika rambut masih basah atau setengah bash. Mengapa demikian? Karena kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab rambut ketombeatau  munculnya ketombe pada kulit kepala, kamu bisa mengeringkan kepala atau rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab. Pastikan jika seluruh rambut sudah kering ya ladies. Akan lebih baik jika dikeringkan dengan cara manual saja tanpa hair dryer, karena bagaimanapun akan lebih aman.

  1. Keringkan rambut sebelum beraktivitas

Mengeringkan rambut tidak hanya harus kamu lakukan sebelum  berhijab saja, tapi setiap usai keramas juga. Jika kamu tidak berhijab, maka keringkanlah rambut sebelum beraktivitas, terutama sebelum beraktivitas di luar ruangan ya ladies. Pastikan juga jika kamu menggunakan handuk yang bersih ketika mengeringkan rambut.

  1. Gunakan shampo anti ketombe

Gunakanlah shampo anti ketombe ya ladies, agar rambut tampak lebih sehat dan terhindar dari ketombe. Kamu bisa menggunakan shampo anti ketombe untuk langkah awal mengurangi ketombe pada kulit kepala, dan perhatikan jenis shampo yang kamu gunakan. Pastikan jika shampo memiliki izin BPOM.

  1. Bilas rambut hingga tidak berbusa

Bilaslah rambut hingga bersih seusai keramas ya ladies. Kamu harus selalu membilas kepala dengan bersih setelah keramas, agar nantinya tidak ada busah yang tersisah dan menjadi ketombe pada kulit kepala. Pastikan jika rambut mu sudah bersih, tidak ada yang licin bekas shampo ataupun busa ya ladies. Kamu harus bisa mengecek seluruh bagian rambut agar terhindar dari ketombe.

  1. Hindari kontak langsung dengan matahari

Hindarilah kontak langsung dengan matahari ya ladies, agar nantinya rambut dan kulit kepala tetap sehat. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan topi, kerudung atau payung. Matahari memang menyehatkan, tapi juga bisa merugikan loh ladies. Kamu harus pandai meminimalisir terjadinya gangguan pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe ya ladies.

  1. Jangan gonta-ganti shampo

Kebiasaan sering gonta-ganti shampo bisa menjadi penyebab atau akibat rambut rontok hingga terjadinya kerusakan pada kulit kepala dan rambut. Kulit kepala dan rambut juga bisa kaget loh dengan seringnya ganti shampo. Kamu harus bisa konsekuen dengan shampo yang kamu gunakan. Dan pastikan jika shampo mu memiliki izin BPOM dan aman digunakan untuk jenis rambut mu. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek tanggal expired sebelum membeli.

  1. Lakukan hair mask

Dengan melakukan hair mask ternyata bisa mengurangi terjadinya gangguan kulit kepala dan rambut rusak. Kamu bisa melakukan hair mask di salon paling tidak satu minggu sekali untuk menghindari terjadinya kerontokan dan ketombe pada kulit kepala. Pastikan jika kamu memilih jenis hair mask yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu ya ladies. Hair mask sendiri termasuk sebagai salah satu cara mengatasi rambut berminyak.

  1. Guunakan obat alami

Gunakanlah obat alami penghilang ketombe, dan obat alami ini bisa kamu buat sendiri ri rumah loh ladies. Cara alami ini bisa digunakan untuk kamu yang merasa alergi dengan produk kosmetik dengan bahan kimia. Dan cara membuat serta menggunakannya juga sangat mudah sekali, yuk simak cara membuat dan menggunakan obat alami untuk ketombe yang berikut ini.

  1. Cuka apel dan lidah buaya

Menghilangkan ketombe dengan cuka apel dan lidah buaya adalah cara yang tepat aman dan alami untuk kamu. Manfaat cuka apel untuk rambut  sangat banyak sekali, dan dengan menggunakan cuka apel secara teratur, maka ketombe akan hilang dengan bertahap dan pastikan jika cuka apel yang kamu gunakan asli ya ladies. Kamu bisa menambahkan lidah buaya pada cuka apel, dan cara mencamprukan hingga menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Yang pertama siapkan tempat yang bersih / mangkung bersih.
  • Yang kedua siapkanlah cuka apel setengah cangkir teh ya ladies.
  • Yang ketiga tuangkan cuka apel pada tempat yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Yang keempat siapkan daun lidah buaya yang segar 1 buah.
  • Selanjutnya cucilah daun lidah buaya dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.
  • Kemudian ambilah gel lidah buaya menggunakan sendok yang bersih.
  • Lalu campur cuka apel dan lidah buaya
  • Tuangkanlah cuka apel dan lidah buaya pada tempat yang bersih.
  • Obat alami penghilang ketombe yang parah siap digunakan.

Cara menggunakan obat alami untuk ketombe ini juga sangat mudah sekali loh ladies. Yuk simak caranya yang berikut ini.

  1. Pertama keramaslah dengan shampo anti ketombe.
  2. Bilaslah rambut hingga tidak ada busa yang tersisah.
  3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk.
  4. Sisirlah rambut ketika sudah agak mengering.
  5. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian ya ladies.
  6. Kemudian oleskan obat alami yang sudah kamu buat tadi menggunakan brush atau sikat anak-anak secara merata.
  7. Oleskan secara merata agar ketombe hilang dengan sempurna.

Jika obat sudah agak mengering pada kulit kepala, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Keringkan rambut seperti biasa dengan cara ditepuk-tepuk saja ya ladies. Dan perawatan rambut berketombe ini bisa kamu lakukan paling tidak 2 kali dalam seminggu hingga ketombe berkurang.

  1. Minyak kelapa dan teh basi

Memanfaatkan teh yang sudah basi sebagai obat penghilang ketombe adalah ide yang bagus dan cara ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan campuran penghilang ketombe. Dengan menggunakan minyak kelapa, akan membuat kepala mu jauh lebih sehat dan lembab. Kamu bisa membuat obat penghilang ketombe ini dirumah loh ladies, dan kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Pertama biang teh basi sebanyak 2 ½ sendok makan.
  • Seduh teh basi menggunakan air panas di dalam mangkuk.
  • Diamkan hingga semalaman.
  • Selanjutnya siapkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan.
  • Saring biang teh yang sudah diseduh semalaman.
  • Campur teh basi dengan minyak kelapa tersebut.
  • Aduk hingga air teh basi dan minyak kelapa tercampur hingga merata.
  • Obat ketombe dari teh basi dan minyak kelapa siap digunakan.

Menggunakan minyak kelapa sebagai campuran teh basi untuk obat ketombe adalah cara aman dan alami. Kamu bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif, terutama jika kulit kepala mu sensitif terhadap produk kosmetik untuk rambut. Dan cara menggunakanya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  1. Pertama keramaslah dengan shampo anti ketombe.
  2. Bilaslah rambut hingga tidak ada busa yang tersisah.
  3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk.
  4. Sisirlah rambut ketika sudah agak mengering.
  5. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian ya ladies.
  6. Kemudian oleskan obat alami yang sudah kamu buat tadi menggunakan brush atau sikat anak-anak secara merata.
  7. Oleskan secara merata agar ketombe hilang dengan sempurna.

Jika obat sudah agak mengering pada kulit kepala, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Keringkan rambut seperti biasa dengan cara ditepuk-tepuk saja ya ladies. Dan perawatan rambut berketombe ini bisa kamu lakukan paling tidak 2 kali dalam seminggu hingga ketombe berkurang.

  1. Cuka apel dan biji pepaya

Tahukah kamu jika biji pepaya tidak hanya bisa digunakan untuk menghitamkan rambut dan melebatkan rambut saja. Biji buah pepaya yang matang dan segar ternyata bisa dimanfaatkan untuk obat anti ketombe. Kamu bisa mencampurkannya dengan menggunakan cuka apel yang masih segar. Cara membuat obat ketombe ini juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Cara pertama siapkan mangkuk yang bersih.
  • Selanjutnya siapkan cuka apel setengah cangkir teh.
  • Tuangkan cuka apel pada tempat yang sudah kamu siapkan.
  • Siapkanlah biji buah pepaya matang yan segar (setengah cangkir ).
  • Remas biji buah pepaya hingga berair.
  • Mpurkan cuka apel dan daging biji pepaya dengan menggunakan tangan saja.
  • Lalu tuangkan pada tempat yang disiapkan
  • Obat alami penghilang ketombe siap digunakan.

Menggunakan obat ketombe dari cuka apel dan biji pepaya adalah ide yang bagus dan aman untuk semua ladies, dan cara menggunakannya juga mudah sekali.

  1. Pertama keramaslah dengan shampo anti ketombe.
  2. Bilaslah rambut hingga tidak ada busa yang tersisah.
  3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk.
  4. Sisirlah rambut ketika sudah agak mengering.
  5. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian ya ladies.
  6. Kemudian oleskan obat alami yang sudah kamu buat tadi menggunakan brush atau sikat anak-anak secara merata.
  7. Oleskan secara merata agar ketombe hilang dengan sempurna.

Jika obat sudah agak mengering pada kulit kepala, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Keringkan rambut seperti biasa dengan cara ditepuk-tepuk saja ya ladies. Dan perawatan rambut berketombe ini bisa kamu lakukan paling tidak 2 kali dalam seminggu hingga ketombe berkurang.

  1. Bawang merah dan santan

Bawang merah yang biasanya digunakan untuk masak, untuk membuat nasi goreng dan lain sebagainya, ternyata bisa kita menggunakan manfaat bawang merah untuk alis dan untuk mengobati ketombe membandel. Kamu bisa menggunakan bawang merah yang dicampur dengan santan, cara menebalkan rambut dengan santan dan menggunakan santan sebagai bahan penghilang ketombe sama saja. Namun disini santan berfungsi untuk melembabkan rambut dan membuat ketombe hilang seketika. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Cara pertama siapkan air santan sebanyak satu gelas (kamu bisa menggunakan santan instan, dan lebih baik menggunakan santan dari kepala asli ).
  • Cara kedua siapkan bawang merah sebanyak 3-4 siung.
  • Kemudian campurkan bawang merah dan santan dengan blender.
  • Terakhir santan dan bawang merah siap digunakan sebagai obat alami penghilang ketombe.

Cara memanjangkan rambut dengan bawang merah dan menggunakan obat alami penghilang ketombe ini juga sangat mudah sekali loh ladies, kamu bisa mengikuti langkah yang berikut ini.

  1. Pertama keramaslah dengan shampo anti ketombe.
  2. Bilaslah rambut hingga tidak ada busa yang tersisah.
  3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk.
  4. Sisirlah rambut ketika sudah agak mengering.
  5. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian ya ladies.
  6. Kemudian oleskan obat alami yang sudah kamu buat tadi menggunakan brush atau sikat anak-anak secara merata.
  7. Oleskan secara merata agar ketombe hilang dengan sempurna.

    20. Teh basi dan jeruk lemon

Umumnya teh yang sudah basi pasti dibuang oleh ladies semua, namun siapa sangka jika teh yang sudah basi ternyata bisa digunakan untuk obat penghilang ketombe. Kamu bisa memanfaatkannya bersama dengan lemon yang segar. Ladies, lemon yang kamu pilih juga harus segar dan berkualitas ya. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

  • Pertama biang teh basi sebanyak 1 ½ sendok makan.
  • Seduh teh basi menggunakan air panas di dalam mangkuk.
  • Diamkan hingga semalaman.
  • Selanjutnya siapkan jeruk lemon sebanyak 1 buah.
  • Peras jeruk lemon dengan tangan agar air dari jeruk lemon keluar semua.
  • Saring biang teh yang sudah diseduh semalaman.
  • Campur teh basi dengan air perasan lemon tersebut.
  • Aduk hingga air teh basi dan air perasan jeruk lemon tercampur hingga merata.
  • Obat ketombe dari teh basi dan jeruk lemon siap digunakan.

Cara menggunakan obat alami untuk ketombe ini juga sangat mudah sekali loh ladies. Yuk simak caranya yang berikut ini.

  1. Pertama keramaslah dengan shampo anti ketombe.
  2. Bilaslah rambut hingga tidak ada busa yang tersisah.
  3. Keringkan rambut dengan cara ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk.
  4. Sisirlah rambut ketika sudah agak mengering.
  5. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian ya ladies.
  6. Kemudian oleskan obat alami yang sudah kamu buat tadi menggunakan brush atau sikat anak-anak secara merata.
  7. Oleskan secara merata agar ketombe hilang dengan sempurna.

Menggunakan obat ketombe alami adalah cara aman untuk menjauhkan rambut dari bahan kimia berbahaya. Dan jika obat sudah agak mengering pada kulit kepala, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air yang bersih. Keringkan rambut seperti biasa dengan cara ditepuk-tepuk saja ya ladies. Dan perawatan rambut berketombe ini bisa kamu lakukan paling tidak 2 kali dalam seminggu hingga ketombe berkurang.

Nah ladies, kamu sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami dan aman untuk rambut serta kulit kepala. Kamu bisa menggunakan cara alami ini ketika kamu mengalami masalah ketombe, dan pastikan bahan dan alat yang kamu gunakan bersih ya ladies.