9 Cara Menghitamkan Rambut dengan Kulit Kentang Tercepat dan Ampuh

Kentang merupakan sumber karbohidrat. Kentang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari keripik, perkedel, maupun french fries. Namun, ada fakta mengejutkan di balik kentang itu sendiri. Ternyata, kulit kentang memiliki banyak manfaat, salah satunya menghitamkan rambut.

Memiliki uban di rambut bisa sangat menyebalkan. Apalagi jika hal itu terjadi ketika kita masih berusia muda. Jika Anda salah satu orang yang mengalami problem ini, Anda bisa mengikuti cara menghitamkan rambut dengan kulit kentang. Selain dengan kulit kentang, Anda juga bisa melakukannya melalui cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya dan cara menghitamkan rambut dengan teh basi.

Cara menghitamkan rambut dengan kulit kentang sangat mudah untuk dilakukan. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan juga mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, antara lain: kentang, air, botol bekas sampo (wadah sejenisnya atau botol spray).

Cara melakukannya:

1. Pilih kentang yang segar

Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah memilih kentang yang masih segar, kira-kira sebanyak 5 atau 6 buah kentang. Kentang bisa Anda dapatkan di pasar. Cara memilihnya:

  • Jangan pilih kentang yang memiliki bagian yang busuk.
  • Pilih kentang dengan ukuran yang cukup besar. Jangan terlalu kecil.
  • Pilih kentang yang teksturnya masih bagus dan tidak lembek. Tekstur yang jelek dan lembek justru mengurangi khasiat kulit kentang dalam menghitamkan rambut.

Jika masih bingung, Anda bisa minta bantuan penjual untuk dipilihkan yang bagus.

2. Cuci dan kupas kulit kentang

Kupas kulit kentang. Mengapa harus dicuci? Karena kentang di pasar biasanya masih ada kotorannya seperti tanah yang menempel. Gunakan air bersih untuk mencucinya. Setelah itu, Anda harus mengupas kulit kentang, kira-kira dengan ketebalan 0,5 cm. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan alat pengupas yang higenis. Ambil kulitnya, karena yang kita butuhkan hanya kulitnya, tidak usah menggunakan dagingnya. Jika, sudah letakkan pada sebuah wadah atau panci.

3. Masukkan air dan kulit kentang ke dalam panci

Setelah air dan kulit kentang dimasukkan ke dalam panci, rebus hingga mendidih. Air yang digunakan sebanyak 700 mililiiter. Proses perebusan ini dilakukan sampai setengah jam. Jika sudah lewat setengah jam, matikan kompor dan diamkan kulit kentang hingga mendingin.

4. Menyaring air rebusan dari kulit kentang

Saring air rebusan kulit kentang tadi, tujuannya untuk memisahkan air dengan kulit kentangnya. Jika sudah disaring, Anda bisa memasukkan air rebusan kulit kentang itu ke wadah atau botol spray.

5. Cuci rambut menggunakan sampo dan conditioner

Sebelum menggunakan air rebsuan kentang, Anda bisa membersihkan rambut dengan keramas. Usahakan untuk tidak menggaruk kepala, namun memijat kepala. Menggaruk bisa menyebabkan kulit kepala Anda terkelupas bahkan terluka sehingga menyebabkan rasa gatal dan perih. Kalau rambut Anda pernah direbonding, Anda bisa menggunakan merk sampo untuk rambut rebonding. Supaya rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur, Anda bisa menggunakan conditioner, gunakan conditioner yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Ada berbagai varian yang bisa Anda pilih. Setelah itu, bilas sampo dan conditioner sampai bersih dari rambut Anda.

6. Keringkan rambut dan sisirlah rambut Anda

Keringkan rambut Anda dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk dan kipas angin. Jangan menggoso-gosok rambut dengan keras menggunakan handuk. Jangan gunakan hair dryer ataupun catok karena bisa merusak rambut. Jika sudah kering, Anda bisa menyisir rambut secara perlahan.

7. Bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian

Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian, Anda bisa membaginya secara vertikal atau horizontal (boleh membaginya ke kanan dan ke kiri, atau ke atas dan ke bawah). Tujuannya, untuk mempermudah Anda menjangkau rambut-rambut yang mulai memutih atau beruban.

8. Semprotkan atau oleskan air rebusan kulit kentang ke rambut Anda

Jika Anda meletakkan air rebusan kulit kentang ke dalam sebuah wadah, Anda tinggal mengoleskannya pada rambut yang beruban atau yang ingin Anda hitamkan. Jika menggunakan botol spray, Anda tinggal menyemprotkannya saja. Passtikan air ini mengenai semua bagian rambut Anda yang beruban.

9. Pijat perlahan kepala Anda dan bilas rambut dengan air bersih

Setelah mengaplikasikan air rebusan kulit kentang ke seluruh rambut yang beruban, Anda bisa memijat-mijatnya secara perlahan, sama seperti Anda menggunakan hair tonic. Jika sudah, diamkan sampai mengering. Jika sudah mengering, bilas dengan air sampai bersih. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghitamkan rambut dengan air rebusan kulit kentang. Sampai sekarang belum ditemukan penelitian yang menyatakan bahwa air rebusan kentang ampuh untuk menghilangkan uban. Namun, jika dilakukan secara rutin, uban di rambut bisa berkurang dan rambut semakin lembut.

Selain digunakan untuk menghitamkan rambut, sebenarnya kentang juga bisa digunakan untuk masker. Anda bisa menggunkannya dengan mengikuti cara membuat masker kentang dan wortel. Namun, Anda perlu hati-hati karena ada efek samping masker kentang untuk wajah. Intinya, efek samping sebuah masker itu disesuaikan dengan tipe kulit Anda. Ada yang cocok, ada juga yang tidak cocok. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping yang sama.