5 Cara Membuat Masker Kentang dan Wortel Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kentang dan wortel merupakan kombinasi yang sempurna. Selain bisa dijadikan sebagai olahan sop dan tumisan, kedua sayuran ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kedua bahan ini bisa dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.

Perawatan wajah dengan masker kentang dan wortel termasuk perawatan yang alami dan mudah, serta tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Nah, berikut ini kami hadirkan beberapa cara membuat masker alami dari kentang dan wortel. Namun sebelumnya penting untuk mengetahui manfaat kentang dan wortel untuk kecantikan wajah seperti di bawah ini.

Manfaat Kentang Untuk Wajah

Selain untuk kesehatan, kentang juga memiliki manfaat untuk wajah. Berikut ini beberapa manfaat kentang untuk kulit wajah.

1. Mencegah Penuaan Dini

Kentang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mencegah penuaan dini.  Memanfaatkan kentang untuk perawatan kulit wajah akan membuat wajah lebih kencang dan kerutan pada wajah akan hilang. Tidak  hanya itu, kulit wajah anda juga akan menjadi lebih cerah dan lembut.

2. Mengatasi Jerawat

Kentang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Kentang mengandung mineral yang dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang. Tidak hanya itu, vitamin C yang  terkandung pada kentang dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel sehingga kulit karena infeksi jerawat bisa disembuhkan.

3. Mencerahkan Wajah

Kandungan vitamin C selain bermanfaat sebagai antioksidan juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Perawatan wajah dengan kentang bisa anda lakukan dengan  rutin agar hasilnya maksimal.

4. Menyamarkan Bintik Hitam Pada Wajah

Bintik hitam pada wajah bisa tersamarkan dengan menggunakan kentang. Dengan kentang bintik  hitam pada wajah bisa teratasi.

5. Mengatasi Kantung Mata

Kantung mata akan mengganggu penampilan. Lingkar hitam pada mata bisa disebabkan karena kurang tidur atau kelelahan. Nah, kantung mata tersebut bisa diatasi dengan menggunakan kentang.

Manfaat Wortel Untuk Wajah

Wortel juga memiliki banyak manfaat untuk wajah. Wortel mampu mengatasi aneka permasalahan pada wajah. Simak beberapa manfaat wortel untuk kulit wajah di bawah ini.

1. Relaksasi

Wortel baik untuk wajah dan dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan kulit wajah. Polusi atau  paparan buruk dari lingkungan dapat membuat wajah menjadi lebih kotor dan lelah sehingga akan membuat kulit stres. Nah, keadaan tersebut bisa diatasi dengan wortel.

2. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam pada wajah salah satunya bisa disebabkan karena bekas jerawat. Wortel mampu membantu mengatasi noda atau flek hitam pada wajah.

3. Melembabkan Kulit

Wortel juga bisa melembabkan kulit wajah. Untuk anda yang memiliki kulit kering, anda bisa melembabkan dengan memanfaatkan wortel.

4. Melenturkan Kulit Wajah

Wajah yang lentur akan membuat kulit lebih elastis dan kenyal. Anda bisa mendapatkan kulit wajah tersebut dengan memanfaatkan wortel.

Cara Membuat  Masker Kentang dan Wortel

Berikut  ini ada beberapa cara membuat masker alami dari kentang dan wortel untuk kecantikan wajah. Anda bisa membuat masker ini sesuai dengan keperluan.

1. Masker Kentang dan Wortel Untuk Mencerahkan Wajah

Seperti yang kita ketahui, wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran berwarna orange ini mengandung betakaroten yang cukup tinggi, shingga wortel bisa membantu mencerahkan wajah dan mengecangkan kulit wajah. Tidak hanya itu, wortel juga dapat meremajakan kulit, sel-sel kulit mati pada wajah akan terangkat. Manfaat wortel akan semakin optimal dengan campuran kentang. Kombinasi antara wortel dan kentang dapat membuat wajah anda cerah alami. Berikut ini cara membuat masker kentang dan wortel.

  • Pertama,  silahkan siapkan kentang dan wortel secukupnya saja. Kemudian bersihkan kedua bahan-bahan ini.
  • Setelah itu, anda  bisa langsung merebus keduanya sampai empuk.
  • Jika sudah,  silahkan tumbuk sampai halus dan merata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, pastikan wajah anda bersih.
  • Lalu aplikasikan masker pada wajah hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Terakhir anda bisa membasuh wajah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

2. Masker Kentang, Wortel dan Kunyit Untuk Mencerahkan Wajah

Selain campuran antara kentang dan wortel, anda juga bisa menggunakan tambahan kunyit agar proses mencerahkan wajah semakin optimal. Yuk buat masker dari ketiga bahan ini! Berikut cara memutihkan wajah dengan kentang dan wortel.

  • Pertama-tama silahkan siapkan terlebih dahulu kentang, wortel, bubuk kunyit dan setengah sendok teh minyak zaitun. Bahan-bahan ini memiliki manfaat yang efektif untuk memutihkan wajah. Komposisinya pun perlu anda perhatikan agar mendapatkan tekstur masker seperti  yang diinginkan.
  • Setelah itu, rebus kentang dan wortel secara bersamaan. Lalu kupas semuanya dan potong kecil-kecil.
  • Kemudian tambahkan sejumput bubuk kunyit dan setengah sendok teh minyak zaitun.
  • Campurkan kentang dan wortel yang sudah dihaluskan bersama dengan bubuk kunyit dan minyak zaitun. Aduk semua bahan-bahan hingga tercampur merata.
  • Bersihkan terlebih dahulu wajah anda, kemudian aplikasikan masker secara merata pada wajah.
  • Diamkan masker tersebut pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Terakhir anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

3. Masker Kentang dan Wortel Untuk Melembabkan Wajah

Kandungan  wortel baik untuk kesehatan dan keremajaan kulit.  Keduanya bisa dikombinasikan menjadi  masker untuk melembabkan wajah anda. Berikut cara membuat masker kentang dan wortel untuk melembabkan wajah.

  • Siapkan kentang segar sebanyak 1 potong dan wortel sebanyak 1 batang.
  • Bersihkan wortel dan kentang, lalu kupas kulitnya.
  • Agar  lebih mudah saat dihaluskan, anda bisa memotong-motong terlebih dahulu keduanya. Baru setelah itu haluskan dengan menggunakan blender.
  • Gunakan jus wortel dan kentang ini sebagai masker pada wajah anda. Aplikasikan secara merata pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Jika sudah, anda bisa langsung membersihkan masker pada wajah dengan menggunakan air dingin.

4. Masker Kentang dan Wortel Untuk Melembutkan Kulit

Campuran kentang dan wortel dapat membuat kulit lebih lembut dan cantik. Anda  bisa mendapatkan kulit wajah yang cantik dengan perawatan menggunakan masker alami ini. Berikut  cara membuat masker alami dari kentang dan wortel untuk melembutkan kulit.

  • Siapkan 1 buah kentang dan 1 wortel. Setelah dikupas dan dibersihkan, silahkan lembutkan.
  • Anda bisa menambahkan sejumput kunyit dan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu aduk keduanya sapai merata.
  • Aplikasikan pada wajah anda secara merata dan diamkan hingga mengering atau selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air dingin.

5. Masker Kentang dan Wortel Untuk Menyegarkan Kulit

Kulit yang segar akan memberikan kenyamanan dan terlihat lebih bercahaya. Anda bisa menyegarkan kulit dengan menggunakan masker kentang dan wortel. Cara membuat masker kentang dan wortel untuk meyegarkan kulit bisa disimak di bawah ini.

  • Siapkan 2 sendok  tepung kentang, 2 buah  wortel dan kuning telur.
  • Lalu kupas wortel yang sudah anda siapkan tersebut dan bersihkan. Jika sudah, cuci sampai bersih.
  • Setelah itu, silahkan haluskan wortel dengan  menggunakan blender.
  • Campurkan wortel  yang sudah  diblender dengan tepung kentang dan kuning telur. Aduk  semua bahan sampai merata dan hingga membentuk masker.
  • Aplikasikan masker tersebut pada wajah anda dengan merata. Diamkan selama beberapa menit menggunakan air bersih.

Demikian cara  membuat masker alami dari kentang dan wortel untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.