10 Cara Memutihkan Wajah Dengan Kentang Dan Bahan Alami Lainnya

Wajah merupakan salah satu aset yang melambangkan kecantikan setiap wanita. Impian memiliki kulit wajah yang putih bersih tanpa noda sedikitpun cukup sukar untuk diperoleh pada jaman sekarang karena ada beberapa faktor penyebab dari luar yang dapat membahayakan  kulit wajah kita, seperti polusi udara, diet yang keliru, paparan sinar matahari dan faktor lain sebagainya yang dapat mengakibatkan warna kulit menjadi kusam dan bahkan menghitam. Banyak dari kita yang menggunakan produk-produk komersial yang dijual di pasaran sebagai sebuah solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang menimpa kulit. Namun, tahukah Anda jika produk-produk tersebut justru bisa membahayakan kesehatan kulit jika dipakai terus menerus. Untuk mencegah hal ini terjadi, untungnya masih ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan, yaitu melakukan perawatan wajah menggunakan berbagai bahan alami yang mudah dicari.

Bahan Alami Pemutih Wajah

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan pada wajah Anda contohnya mulai dari susu, beras, yoghurt, buah-buahan, bumbu dapur, sayuran, dan lain-lain. Menggunakan bahan alami tentu saja aman digunakan untuk kesehatan kulit wajah Anda karena mengandung berbagai manfaat yang tidak berefek buruk kedepannyaNah, di artikel kali ini akan membahas cara memutihkan wajah dengan bahan alami lainnya, yaitu dengan kentang. Ada berbagai kandungan pada kentang yaitu vitamin C, potassium, sulfur, alkali dan fosfor yang mampu menyamarkan noda hitam, menutrisi kulit, dan mencegah terjadinya penuaan dini serta juga penggantian sel kulit mati. Tak disangka ternyata ada banyak manfaat yang kentang miliki.sebagai perawatan wajah. Dan sebenarnya masih ada satu manfaat yang bisa didapatkan dari kentang, yaitu cara memutihkan wajah dengan kentang.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Kentang

Di artikel kali ini, akan dibahas tips pembuatan masker kentang yang gampang Anda buat sendiri di rumah. Bahan dasarnya adalah kentang yang sudah ditumbuk sampai benar-benar halus dan kemudian dikombinasikan dengan bahan dapur lain. Beberapa bahan yang dapat dikombinasikan dengan kentang yang telah dihaluskan juga tergolong bahan yang mudah diperoleh di dapur Anda. Yuk, simak tips di bawah ini untuk membuat masker kentang sendiri di rumah dengan kombinasi bahan lain!

  1. Kentang dan Air Perasan Lemon

Masker kentang dan lemon memiliki manfaat sebagai pencerah ekstra karena kandungan dua bahan dasar ini sangat pas untuk kulit wajah yang memiliki masalah seperti flek hitam, belang dan bahkan pigmentasi yang jika dibiarkan akan memperburuk keadaan wajah Anda. Bagaimana cara membuat masker ketang dan lemon? Cara memutihkan wajah dengan kentang dan air lemon mudah sekali, yaitu parut satu 1 buah kentang segar, kemudian hasil parutan kentang tersebut dicampur dengan air perasan lemon sampai rata. Lalu, aplikasikan masker ini pada wajah Anda dan diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.  Jangan lupa lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang menjanjikan.

  1. Kentang dan Madu

Kombinasi kentang dan madu sangatlah efektif untuk memutihkan, melembabkan, sekaligus menutrisi kulit wajah Anda. Masker ini cocok untuk digunakan pada orang dengan tipe kulit kering karena ada kandungan madu yang berguna untuk melembabkan kulit. Untuk membuat masker kentang dan madu, yang perlu Anda lakukan adalah menghaluskan 1 buah kentang dengan garpu atau Anda juga bisa menggunakan blender. Lalu, kentang yang sudah Anda haluskan dapat Anda campurkan dengan 2 sendok makan madu, aduk hingga merata. Setelah itu, gunakanlah masker ini pada seluruh bagian wajah Anda dan diamkan selama 15 menit sampai benar-benar mengering. Terakhir, bilaslah wajah Anda dengan air dingin. Pakailah masker kentang dan madu ini sebagai rutinitas sehari-hari Anda, karena masker ini sangat aman untuk digunakan sesering mungkin. Ladies, cara melembabkan bibir dengan madu juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bibir yang indah dan merah merona.

  1. Kentang dan Oatmeal

Dengan mencampurkan oatmeal dengan kentang sebagai masker bermanfaat untuk mengurangi mengurangi kadar minyak berlebih dan juga mencerahkan kulit wajah Anda. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ini adalah 2 sendok makan oatmeal dan setengah dari kentang yang sudah diparut serta tambahkan sedikit susu cair untuk membentuk pasta yang cukup kental. Setelah telah menjadi pasta kental, gunakanlah masker ini pada seluruh bagian wajah Anda dan pijat lembut selama 15 menit. Kemudian, bilaslah dengan air dingin. Perawatan wajah dengan masker kentang dan oatmeal ini bisa Anda lakukan maksimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu yang singkat.

  1. Kentang dan Air Bunga Mawar

Air bunga mawar mempunyai khasiat yang luar biasa untuk perawatan kecantikan harian Anda karena kandungan yang terdapat di dalamnya yang berguna untuk melembutkan, dan sebagai cara mengencangkan kulit wajah sekaligus menyegarkan kulit wajah, serta juga mencegah penuaan dini. Ternyata air bunga mawar juga baik dikombinasikan dengan kentang, lho. Caranya adalah campurkan 1 buah kentang , 1 sendok makan air bunga mawar, atau juga Anda bisa menambahkan madu agar masker menjadi pasta yang kental. Setelah semua bahan tercampur dengan rata, maka siap untuk dioleskan pada wajah Anda. Jangan lupa untuk diamkan masker tersebut selama 20 hingga 30 menit sampai mengering, lalu bilaslah dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker kentang dan air bunga mawar ini minimal 2 kali dalam seminggu.

  1. Kentang, Olive Oil dan Susu

Kombinasi kentang, olive oil dan susu merupakan jalan keluar yang tepat untuk memutihkan wajah sekaligus menutrisinya dalam waktu yang cepat. Untuk membuat masker ini, yang perlu Anda lakukan adalah merebus kentang terlebih dahulu dan menghaluskannya dengan garpu sampai benar-benar halus lalu mencampurkannya dengan 1 sendok makan olive oil dan tambahkan 1 sendok makan susu, aduk hingga merata. Setelah masker teraduk merata, Anda dapat mengaplikasikannya pada seluruh bagian wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga mengering dan setelah itu, tinggal dibilas dengan air bersih. Masker ini setidaknya dapat digunakan 2 kali dalam seminggu dan aman digunakan untuk orang dengan tipe kulit kering. Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan masker ini adalah mengurangi datangnya keriput di wajah Anda sejak dini, selain itu manfaat minyak zaitun untuk bibir juga sangat banyak. Jangan lupa untuk menggunakan masker ini secara rutin, ya!

  1. Kentang dan Stroberi

Perpaduan dua bahan ini berfungsi untuk meningkatkan warna kulit sehingga kulit semakin cerah karena kandungan vitamin C yang tergolong tinggi. Selain itu, Anda bisa mencegah datangnya keriput serta tanda-tanda penuaan lainnya pada wajah sejak dini apabila menggunakan masker ini secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang menjanjikan, masker ini juga bisa di jadikan sebagai salah satu cara menghilangkan kulit mati di wajah pastinya. Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat masker ini adalah beberapa potong kentang dan 2 buah stroberi yang akan bersama-sama dihaluskan menggunakan blender. Setelah halus, maka Anda bisa menambahkan setengah sendok teh madu untuk mencampurkan dua bahan ini hingga merata dan membuat pasta kental. Masker yang sudah siap ini dapat Anda gunakan pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan hingga mengering selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Kentang dan Wortel

Sayuran yang bernama wortel satu ini ternyata bisa juga untuk dijadikan bahan yang ampuh sebagai perawatan wajah jika dipadukan dengan kentang. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan beta-carotene yang tinggi pada wortel berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan membuatnya sebagai salah satu pemutih yang efektif untuk kulit wajah. Langkah pertama untuk membuat masker ini adalah merebus beberapa kentang dan wortel lalu dihaluskan dengan garpu kemudian dicampur dengan setengah sendok teh madu atau olive oil untuk membentuk pasta yang kental. Masker yang telah dihaluskan ini dapat Anda gunakan merata pada seluruh bagian wajah dan perlu didiamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengering. Masker kentang dan wortel ini dianjurkan untuk digunakan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Kentang dan Kol

Mungkin Anda tidak mengira bahwa sayuran kol satu ini yang biasanya dikonsumsi bersama lalapan bisa dijadikan sebagai bahan dari masker alami yang berkhasiat untuk wajah Anda. Masker kentang dan kol ini berguna untuk mencerahkan warna kulit sekaligus merawat kecantikan kulit wajah Anda. Mudah saja dalam pembuatan masker ini. Pertama-tama, rebuslah beberapa potong kentang beserta kol. Setelah itu, haluskan keduanya dan campurkan 1 sendok makan susu cair sampai menjadi pasta kental supaya teksturnya mudah pada saat diaplikasikan pada kulit wajah. Kemudian, oleskan masker ini pada wajah Anda sampai merata dan diamkan sekitar 15 menit sampai terasa mengeras dan mengering. Lalu bilas hingga bersih. Masker kentang dan kol ini baik untuk Anda gunakan maksimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang kulit wajah yang putih cerah tanpa noda.

  1. Kentang dengan Timun dan Kunyit

Mentimun dan kunyit sudah tidak asing lagi bagi Anda sebagai bahan perawatan kesehatan kulit, terutama wajah. Karena memiliki khasiat yang efisien utuk mencerahkan sekaligus meminimalisir kadar minyak berlebih pada kulit wajah Anda. Masker ini sangat cocok untuk kulit Anda yang berminyak, berjerawat dan bahkan sebagai salah satu cara memutihkan ketiak dan leher . Langkah-langkah untuk membuat masker dari kedua bahan dapur ini adalah dengan menghaluskan 1 buah mentimun dan 1 buah kentang secara bersamaan dengan blender. Kemudian, jika kedua bahan ini sudah tercampur rata dengan baik dan juga halus, maka Anda bisa menambahkan 1 sendok makan perasan air lemon dan juga jangan lupa tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit, aduk hingga merata. Setelah itu, aplikasikan masker ini pada seluruh bagian wajah Anda secara merata untuk hasil yang maksimal. Lalu, biarkan hingga mengering maksimal 30 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat. Masker ini sangat aman untuk diaplikasikan pada wajah Anda sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dalam waktu yang singkat.

  1. Kentang dan Tomat

Tomat memiliki kegunaan yang baik selain sebagai bahan campuran masakan yang bermanfaat pada tubuh bagian dalam, melainkan juga efektif untuk mempercantik kulit wajah Anda dan sebagai salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata . Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dan juga antioksidan yang bernama Lycopene  yang mampu mencegah penuaan dini, kulit kusam tak bercahaya sekaligus mempercerah warna kulit wajah Anda. Dengan memadukan kentang dengan tomat, akan dihasilkan masker yang sangat ampuh untuk menghilangkan flek dan noda hitam pada kulit Anda, asalkan Anda rajin menggunakannya secara teratur 2 sampai 3 kali selama seminggu. Untuk membuat masker ini, Anda hanya membutuhkan 1 buah kentang dan 1 buah tomat yang dihaluskan menggunakan blender hingga membentuk pasta yang kental. Setelah tercampur merata, aplikasikan saja masker ini pada seluruh permukaan wajah Anda dan biarkan sampai mengering kurang lebih selama 20 atau 30 menit. Kemudian, bilaslah dengan air bersih.