13 Cara Menghilangkan Belang Di Tangan Dengan Cepat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik sekaligus cerah dan bersih? Pastinya, setiap orang baik wanita dan lelaki pasti mendambakannya. Memang sudah menjadi rahasia umum di Indonesia, kulit yang putih bersih adalah salah satu indikator dalam mengkategorisasikan kecantikan di kalangan masyarakat Indonesia, terutama wanitanya. Karena memang pada dasarnya kulit  yang dimiliki oleh wanita Indonesia biasanya cenderung kulit lebih gelap dibandingkan wanita ras Kaukasia.  Wanita Indonesia terkadang suka menilai seseorang yang memiliki kulit putih itu pasti cantik karena mereka anggap dengan memiliki kulit yang putih bersih otomatis bisa membuat mereka tampak lebih cantik dan sedap dipandang, meskipun sebenarnya tidak semua wanita cantik dipandang dari warna kulit.

Kapan Sinar Matahari Berbahaya Untuk Kulit ?

Indonesia sendiri merupakan negara beriklim tropis yang bisa dikatakan  hampir setiap hari disinari oleh cahaya matahari. Memang paparan cahaya sinar matahari di pagi hari sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang karena kandungan vitamin D, namun jika sudah menunjukkan pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore, paparan sinar matahari bisa membahayakan bagi kulit manusia. Kenapa? Karena pada jam-jam ini, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga. Ditambah lagi, pastinya kita tidak bisa menunda-nunda aktivitas yang kita lakukan di siang hari seperti berkendara motor atau berjalan kaki di luar ruangan yang terpapar sinar matahari secara langung. Nah, sinar matahari yang mengandung UV ini bisa mengakibatkan warna kulit Anda, terutama di bagian tangan menjadi menggelap secara berangsur-angsur yang Anda sendiri tidak sadar secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan warna kulit pada tangan Anda menjadi berbeda dengan bagian tubuh lainnya yang tertutup pakaian, alias belang.

Cara Mengatasi Kulit Belang

Siapa sih yang tidak terganggu jika memiliki kulit tangan yang belang? Tentunya tidak ada. Tetapi, Anda jangan berkecil hati dulu, karena sebenarnya ada beberapa cara memutihkan tangan Anda yang belang dengan cara alami, murah dan mudah yang pastinya terjamin keamanannya tanpa perlu menggunakan produk kecantikan dari salon yang tentunya harganya jauh lebih mahal daripada bahan-bahan alami yang akan kita bahas di artikel ini. Penasaran bagaimana cara memutihkan kulit tangan yang belang karena sinar matahari selain mengonsumsi vitamin untuk kulit kering? Yuk, mari simak tipsnya berikut ini:

  1. Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya sangat bermanfaat bagi kita karena dapat membantu melembabkan kulit dari dalam, sehingga kulit menjadi terpancar bercahaya dan terasa lembut. Sebaliknya, jika Anda malas untuk mengosumsi air putih sesuai dengan kebutuhan harian Anda yang seharusnya, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda. Kulit Anda akan terlihat kusam, kasar dan berkerut dan bahkan hal ini bisa menjadi penyebab cepat tua . Oleh sebab itu, konsumsi lah air putih setiap hari secukupnya yaitu sebanyak 2 liter setiap harinya agar tubuh dan kulit Anda selalu sehat.

  1. Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Di negera tropis, Indonesia, yang selalu disinari matahari, kulit tentunya membutuhkan perlindungan khusus setiap menjalankan aktifitas di luar ruangan. Kulit belang memang dasarnya disebabkan oleh sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV), oleh karenanya Anda perlu menyediakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV tersebut. Dengan memakai sunscreen setiap berkegiatan di luar ruangan, otomatis hal ini dapat mencegah kulit belang Anda bertambah parah. Sunscreen yang beredar di pasaran mengandung nilai SPF yang berbeda-beda. Semakin besar nilai SPF yang terkandung di dalam sunscreen Anda, maka semakin lama kulit Anda terlindungi dari paparan sinar ultraviolet dari matahari. Oleh sebab itu, gunakan sunscreen setiap hari  secara berkala setiap 2 jam sekali, jika Anda berada di luar ruangan untuk menjaga kesehatan kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet.

  1. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung banyak antioksidan dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menjaga regenerasi kulit. Lemon juga dikenal sebagai pemutih alami yang sangat efektif untuk menghilangkan belang di kulit Dengan menggunakan air perasan lemon pada kulit tangan Anda yang belang akan membuat kulit tangan Anda menjadi sehat dan warnanya tidak tampak belang lagi, karena kulit yang tadinya berwarna lebih gelap dari bagian tubuh yang lain akan berubah warna menjadi normal dan kembali seperti semula.

Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan lemon pada area kulit tangan Anda yang belang. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas sampai bersih. Karena kandungan air lemon dapat membuat kulit jadi kering, segera oleskan krim pelembab pada kulit tangan Anda. Dengan pengaplikasian air perasan lemon ini, kulit tangan Anda bahkan bisa menjadi lebih bersih dan putih, asalkan Anda melakukan perawatan ini secara rutin dan konsisten.

  1. Susu dan Yoghurt

Susu merupahan bahan yang telah dikenal lama, baik manfaat susu untuk kulit  maupun untuk kesehatan kulit, yaitu untuk memutihkan, melembutkan dan meremajakan kulit. Sedangkan yoghurt sendiri mengandung vitamin untuk kulit kering  yang terbuat dari bahan dasar susu, mengandung kandungan seng dan asam laktat yang juga bermanfaat untuk melembabkan kulit kering sekaligus membantu proses produksi kolagen yang akan memudahkan kulit menjadi lebih putih. Yoghurt mempunyai kandungan serat dan nutrisi yang lebih tinggi dari susu, sehingga perpaduan mereka berdua akan berdampak luar biasa pada kulit Anda yang belang. Caranya adalah campurkan susu dan yoghurt secukupnya, oleskan ke kulit tangan secara merata. Pijat sebentar, lalu biarkan selama setengah jam, kemudian bersihkan tangan Anda yang telah dioleskan susu dan yoghurt dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Tomat

Pasti Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan tomat, kan? Tidak salahnya mencoba menggunakan tomat untuk menjadi masker harian Anda. Masker tomat sangat bagus digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami, menyeimbangkan pH pada kulit, juga dapat mengecilkan pori-pori di wajah. Namun tidak hanya itu, masker tomat tentunya juga bisa menghilangkan dan menyamarkan warna kulit Anda yang belang. Hal ini dikarenakan tomat sangat kaya akan antioksidan berupa vitamin E untuk kulit, A, C dan likopen yang bisa memerangi pembentukan radikal bebas pada kulit Anda sekaligus menjadikan kulit cerah alami. Caranya mudah yaitu dengan menghaluskan 1 buah tomat, kemudian balurkan pada permukaan kulit tangan Anda yang belang. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas. Gunakan masker ini secara rutin pada tangan Anda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu juga bisa mencari tahu apa saja efek samping tomat untuk wajah ya ladies.

  1. Kentang

Selain sebagai bahan makanan yang enak untuk dikonsumsi, ternyata kentang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit belang. Kentang mentah mengandung vitamin C, yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan belang pada kulit. Caranya gampang, yaitu pertama-tama potong kentang dan langsung gosok pada permukaan tangan. Sebelumnya, Anda bisa menaruh kentang di lemari pendingin agar pada saat pengaplikasian pada kulit Anda akan terasa lebih segar karena sensasi dinginnya. Perawatan ini tidak bisa memberikan hasil yang instan, tetapi Anda dapat melihat perubahan nyata setelah melakukannya secara rutin setiap hari.

  1. Madu

Madu, selain enak dan sehat untuk dikonsumsi setiap hari, tak disangka memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat dan pastinya dibutuhkan untuk kesehatan kulit Anda dan salah satunya sebagai salah satu cara menghaluskan telapak tangan. Mengapa bisa demikian?  Karena madu dapat melembabkan kulit secara alami, mengatasi jerawat karena mengandung kandungan antibakteri yang menghambat penyebaran bakteri penyebab jerawat dan juga menjaga kulit agar selalu sehat. Bahkan madu dapat membantu mengembalikan kulit yang belang menjadi kembali normal lagi seperti warna asalnya. Caranya, cukup oleskan madu pada bagian kulit tangan Anda yang belang dan biarkan sampai kering. Lalu dibilas dengan air dingin. Anda harus melakukan cara ini secara teratur untuk melihat hasil yang Anda inginkan.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti maag, cacar, dan juga menghilangkan rasa nyeri haid. Kandungan vitamin C yang tinggi pada kunyit juga dapat mencerahkan kulit tangan yang belang. Anda bisa menggunakan kunyit yang diparut atau bubuk kunyit. Kunyit lalu dicampur dengan perasan air lemon. Setelah menjadi pasta, balurkan pada bagian kulit tangan Anda yang belang. Dengan begitu, kulit tangan Anda yang belang perlahan-lahan akan kembali rata sempurna dengan catatan, Anda harus menggunakannya secara rutin.

  1. Pepaya

Salah satu cara untuk melakukan gaya hidup yang sehat adalah dengan menjadikan pepaya salah satu buah-buahan yang wajib Anda makan karena sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama bagian pencernaan, paling tidak seminggu sekali. Pepaya merupakan buah yang sangat mudah didapatkan di Indonesia. Oleh sebab itu, pepaya pun telah banyak manfaat pepaya untuk kulit, misalnya saja sebagai produk kecantikan seperti halnya masker pepaya, sabun pepaya, lotion pepaya dan ekstrak pepaya lainnya.

Anda bisa membuat masker papaya sendiri di rumah untuk memutihkan belang di kulit tangan Anda, yaitu dengan menghaluskan pepaya dengan cara manual atau dengan diblender, lalu langsung aplikasikan pada kulit tangan Anda. Kemudian, diamkan beberapa saat hingga masker agak mengering lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya, lakukan hal ini secara rutin.

10.  Baking Soda

Siapa sangka, baking soda selain menjadi salah satu bahan dalam pembuatan kue ternyata memiliki kegunaan lain yang baik untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Anda bisa menggunakan baking soda untuk diaplikasikan pada kulit tangan yang berwarna lebih gelap dengan larutan pasta baking soda.

Cara untuk membuatnya, Anda memerlukan satu sendok teh baking soda dan beberapa tetes air taruh di mangkok kemudian aduk hingga membentuk pasta tebal. Oleskan pasta tersebut ke kulit belang selama 2-3 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Pasta baking soda nantinya akan secara halus mengelupas sel-sel kulit mati yang hinggap pada kulit Anda sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan pastinya menjadi lebih cerah.

11. Cuka

Belang memang umum terjadi, biasanya  dikarenakan sengatan matahari. Namun Anda bisa santai dan jangan khawatir, karena ada cuka yang ada di dapur Anda  mengandung antibakteri sehingga dapat menghilangkan semua bakteri yang menempel pada kulit tangan Anda yang belang. Cara penggunaan cuka sangat mudah, hanya dengan meneteskan cuka ke dalam 1 ember atau baskom air hangat, kemudian tambahkan garam dan air perasan lemon secukupnya. Rendamlah tangan Anda sambil gosok perlahan-lahan kulit tangan Anda secara rutin, maka warna belang yang tadinya hinggap di kulit tangan Anda akan hilang perlahan-lahan hilang dan tergantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

12.  Air kelapa

Tak hanya manfaat buah kelapa bagi kecantikan, air kelapa juga berguna untuk menyegarkan tenggorokan di siang bolong saja, sangat tidak disangka-sangka ternyata air kelapa memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit Anda secara alami, itu sebabnya air kelapa sangat direkomendasikan untuk dijadikan obat sebagai salah satu cara mengatasi kulit belang. Caranya, dengan minum air kelapa secara rutin, akan membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan kulit tangan Anda yang belang. Mudahkan

13.  Ampas Kopi Hitam

Jika Anda adalah penikmat sekaligus pencinta kopi, jangan buang ampas kopi Anda setelah habis meminumnya. Karena ternyata dibalik ampas kopi yang Anda duga tidak ada gunanya lagi, terdapat satu manfaat yang baik untuk kulit. Caranya tidak sulit, yaitu ambil ampas kopi dari cangkir Anda, kemudian berikan sedikit madu sebagai campuran. Lalu, aduk rata dan balurkan ampas kopi dan campuran madu pada tangan Anda yang belang, diamkan 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini secara teratur setiap hari agar tangan Anda yang belang kembali menjadi warna yang sedia kala.